, ,

Bisnis Kreatif, Membuat Kerajinan dari Rotan Bisa Untung Jutaan

by -7 views
Peluang Bisnis - Keranjian Rotan
Peluang Usaha - Keranjian Rotan

Pastinya hampir semua orang pernah menggunakan perabotan yang terbuat dari rotan. Rotan memang salah satu bahan dasar yang banyak dicari orang untuk keperluan pembuatan berbagai macam peralatan. Jika pandai memanfaatkan rotan, ini bisa menjadi peluang usaha yang menggiurkan dan mempunyai prospek tinggi.

Sejak zaman dahulu rotan memang sudah terkenal memiliki kualitas bagus untuk dibuat kerajinan. Nah jika anda mempunyai keterampilan membuat furniture atau perabotan rumah tangga, tidak ada salahnya menjadikan rotan sebagai bahan dasar.

Kerajinan yang Bisa Dibuat dari Rotan

Peluang Bisnis - Keranjian Rotan
Peluang Usaha – Keranjian Rotan

Di tangan mereka yang memiliki keterampilan membuat furniture, rotan bisa saja disulap menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Rotan bisa dibuat menjadi aneka peralatan, antara lain adalah:

  • Kursi dan meja
  • Wadah nasi
  • Tas belanja yang ramah lingkungan
  • Ayunan
  • Hiasan dinding
  • Keranjang bunga
  • Tempat cermin
  • Tikar Tempat tisu, dan lain sebagainya

Berapa Rata-Rata Harga Perabot yang Dibuat dari Rotan?

Peluang Usaha - Keranjian Rotan
Peluang Usaha – Keranjian Rotan

Di pasaran, harga perabotan yang dibuat dari rotan terbilang cukup mahal. Ada banyak jenis kerajinan yang bisa dibeli. Untuk harga sangat tergantung dengan varian serta ukuran yang dipilih serta seberapa rumit proses pembuatan nya.

Akan tetapi rata-rata perabotan rotan dijual dengan harga 2 juta hingga 3 juta rupiah. Cukup mahal bukan. Nah karena itu jika anda mampu mengolah rotan menjadi barang yang berkualitas, maka siap-siap untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Mengapa Rotan Lebih Dipilih Daripada Kayu?

Peluang Bisnis - Keranjian Rotan
Peluang Usaha – Keranjian Rotan

Rotan adalah bahan dasar peralatan yang mudah untuk diolah dan dibentuk jika dibandingkan kayu. Karena itu banyak orang menjadikan rotan sebagai kerajinan tangan dan terbilang mudah pembuatan nya. Terlebih jika rotan sudah dibentuk sedemikian rupa, maka bentuknya terlihat lebih unik dan menarik dibandingkan kayu atau bambu.

Selain itu, ternyata rotan adalah bahan yang tahan dari kutu kayu yang biasa merusak perabotan serta kuat dan tahan lama. Dengan demikian rotan bisa digunakan dalam waktu yang relatif lama dibandingkan peralatan yang dibuat dari bahan kayu.

Siapa Calon Konsumen Kerajinan Peluang Usaha Rotan?

Peluang Usaha - Keranjian Rotan
Peluang Usaha – Keranjian Rotan

Rotan adalah bahan perabotan yang banyak disukai orang, antara lain kera memiliki bentuk yang unik dan kuat sebagaimana yang telah disebutkan diatas. Dengan alasan itu orang-orang lebih memilih menggunakan perabotan rotan, baik itu masyarakat dengan strata sosial menengah hingga ke atas. Artinya bahwa produk rotan bisa diterima oleh semua kalangan.

Biasanya keluarga muda yang baru memiliki rumah mereka lebih memilih perabotan rotan. Jika dibandingkan dengan perabotan kayu atau perabotan modern lain, tentu harga perabotan rotan lebih ekonomis dan terjangkau.

Berapa Biaya Membuka Peluang Usaha Kerajinan Rotan?

Peluang Usaha - Keranjian Rotan
Peluang Usaha – Keranjian Rotan

Nah terkait modal awal, peluang usaha rotan ini sangat fleksibel. Anda dapat memulai usaha dengan modal yang besar hingga modal yang sangat minim sekalipun. Bahkan biaya yang paling dibutuhkan hanya lah untuk membeli rotan itu sendiri. Sedangkan cara membuatnya kembali kepada keterampilan anda.

Harga rotan mentah sekitar Rp 1.500 per kilo gram nya. Tentu hal itu cukup murah bukan? Silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan yang anda perlukan.

Penutup

Demikianlah informasi tentang peluang usaha kerajinan rotan yang menguntungkan dan memiliki prospek penjualan yang cukup tinggi. Usaha rotan adalah bisnis yang sangat memerlukan keterampilan dan kreativitas anda dalam pengelolaannya, sehingga anda dituntut untuk terus belajar.

Terima kasih telah membaca pembahasan ini dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel lain terkait Peluang Usaha Toko Kelontong, Modal Awal dan Tips Suksesnya.