,

Peluang Usaha Membuka Kursus Komputer dan Cara Memulainya

by -8 views
Peluang Usaha Kursus Komputer
Peluang Usaha Kursus Komputer

Komputer sekarang ini sudah menjadi kebutuhan hidup bagi banyak orang. Kegunaan komputer sudah sangat luas, salah satu kegunaan terbesar nya adalah untuk menunjang pekerjaan. Misalnya pekerjaan di bidang grafis, percetakan, editing dan lain sebagainya. Namun tidak semua orang dapat mengoperasikan nya dengan baik, karena itu ini bisa menjadi peluang usaha untuk anda membuka kursus komputer.

Tidak perlu ahli di bidang komputer untuk mendirikan bisnis ini, karena anda bisa menggunakan tenaga pendidik profesional. Anda hanya perlu menyiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang pendidikan kursus. Keuntungan yang dijanjikan pun cukup besar. Nah jika anda tertarik mendirikan usaha kursus komputer, silahkan simak informasi berikut ini:

Apa itu Kursus Komputer?

Peluang Usaha Kursus Komputer
Peluang Usaha Kursus Komputer

Kita dapat menyimpulkan secara sederhana, khusus komputer adalah jasa yang menawarkan bimbingan pengajaran tentang komputer, baik itu terkait materi maupun praktek nya. Tidak semua orang paham terkait cara penggunaan komputer, karena itu bimbingan ini bersifat pengajaran secara umum.

Anda tidak perlu mengajarkan materi pemrograman komputer atau cara perbaikannya secara mendetail. Materi yang disampaikan adalah tingkat dasar dan menengah. Seperti pengajaran komputer terkait pengopersiannya, MS Office, Aplikasi Multimedia, dan aplikasi umum lainnya.

Langkah-Langkah Pendirian Peluang Usaha Kursus Komputer

Peluang Usaha Kursus Komputer
Peluang Usaha Kursus Komputer

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mendirikan kursus komputer, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan peralatan

Hal pertama yang harus disiapkan tentunya peralatan pendukung, seperti seperangkat alat komputer, meja, kursi dan peralatan pendukung lainnya. usahakanlah untuk menyiapkan peralatan teknis secara lengkap agar proses bimbingan kursus berjalan dengan lancar dan tidak mengecewakan peserta didik.

2. Mengurus perizinan peluang usaha kursus komputer

Kursus komputer pun memerlukan izin dari lembaga terkait agar bisnis anda memiliki dasar hukum yang jelas. Anda bisa mendaftarkan bisnis kursus di kantor Suku Dinas Dikmenti Kotamadya di tempat anda mendirikannya. Untuk detail cara daftarnya tidak bisa kami jelaskan di dalam artikel ini, anda dapat mencari informasi ini melalui forum internet.

3. Mencari tenaga pengajar yang kompeten

Dalam membangun usaha kursus komputer bisa menggunakan tenaga pengajar tambahan, jadi tidak perlu anda sendiri yang menanganinya. Akan tetapi jika anda memang memiliki keahlian di bidang ini tidak masalah tanpa menggunakan tenaga ahli lain, bahkan itu bisa menghemat biaya pengeluaran usaha.

Namun jika anda tidak terlalu paham seluk beluk komputer maka carilah tenaga pengajar yang kompeten agar bisnis anda bisa berkembang pesat dan terpercaya. Karena peserta didik juga perlu diajarkan cara penggunaan komputer secara jelas terkait penggunaan aplikasi multimedia seperti Coreldraw, Photoshop dan lain sebagainya.

4. Menyiapkan buku kurikulum untuk peluang usaha kursus komputer

Agar proses pengajaran kursus komputer berjalan secara maksimal, maka anda perlu menyiapkan buku dan kurikulum yang jelas. Buatlah ketentuan materi yang akan disampaikan dalam satu semester hingga selesai. Hal itu juga akan membantu tenaga pengajar untuk menyampaikan materi bimbingan dengan baik.

Jika anda memiliki kurikulum yang jelas ini akan menambah kredibilitas dan kepercayaan peserta didik dengan bisnis yang anda kelola. Anda juga dapat menentukan kurikulum sesuai dengan tingkatan khusus peserta didik. Kurikulum bisa dibuat menjadi tiga tingkatan, yaitu basic, sedang yang expert.

Penutup

Demikianlah informasi tentang peluang usaha kursus komputer yang bisa anda jadikan lahan bisnis. Selain yang telah disampaikan di atas, masih banyak poin lain yang perlu anda pelajari, seperti penyesuaian materi, lokasi kursus, cara melakukan promosi, dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan ide peluang usaha untuk anda. Baca juga artikel lain terkait Modal 10 Juta, Begini Langkah-Langkah Memulai Peluang Bisnis Laundry Kiloan.