, ,

Mau Artikel Anda Dibeli Orang? Pelajari Cara Menulisnya Berikut!

by -14 views
Peluang Usaha - Menulis Artikel
Peluang Usaha - Menulis Artikel

Menulis artikel yang berkualitas bukanlah hal gampang dan bisa dipelajari secara instan, terlebih jika anda menginginkan artikel yang dibuat bisa untuk dijual dan menjadi peluang usaha. Ada banyak yang harus dipelajari ketika ingin menulis artikel yang menarik dan berkualitas. Secara umum artikel yang baik terdiri dari dua komponen; konten bagus dan teknik penulisan yang tepat.

Lalu sebenarnya bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas dan mempunyai nilai jual? Untuk anda yang penasaran silahkan simak pembahasan berikut ini:

Lupakan Sementara Teknik SEO

Peluang Usaha - Menulis Artikel
Peluang Usaha – Menulis Artikel

Artikel SEO adalah tulisan yang sengaja dibuat agar mudah ditemukan oleh mesin pencarian seperti Google, Bing dan lainnya. Akan tetapi banyak pakar SEO belakang ini mengatakan jika teknik SEO yang selama ini digunakan sudah tidak relevan lagi dengan algoritma Google terbaru. Artinya bahwa mesin Google akan mengutamakan dan memunculkan hasil pencarian berdasarkan kualitas artikel serta bobot konten di dalamnya.

Namun teknik SEO ini tidak sepenuhnya harus ditinggalkan, seperti peletak kan kata kunci di judul, badan artikel, deskripsi, slug, nampaknya masih harus diperhatikan. Dengan algoritma Google terbaru ini akan memberi kemudahan untuk anda membuat artikel yang berkualitas dan “human friendly”.

Ketahui Siapa Calon Pembaca

Peluang Usaha - Menulis Artikel
Peluang Usaha – Menulis Artikel

Tahap kedua sebelum menulis artikel adalah mengetahui siapa target pembaca. Ini sangat penting, karena setiap target pembaca memiliki karakter tersendiri yang harus anda ketahui. Artikel untuk anak kecil tentu akan sangat berbeda dengan artikel yang ditujukan untuk orang dewasa.

Menulislah artikel sesuai dengan tingkat audiens karena standar pemahaman setiap orang akan selalu berbeda beda. Malnya untuk pembaca anak-anak buatlah artikel yang sederhana dengan bahasa yang ringan serta mudah dipahami. Untuk orang dewasa gunakanlah bahasa yang sopan dan memberikan elemen-elemen tambahan yang jelas dan berdasarkan sumber terpercaya.

Bukan hanya anak kecil dan orang dewasa, target pembaca ini sangat luas. Bahkan untuk orang dewasa anda bisa membagi-baginya lagi, barangkali ada yang businessman, karyawan, mahasiswa, laki laki, perempuan dan lain sebagainya. Sesuaikan artikel anda, baik itu terkait kata sapaan, struktur artikel atau pun kontennya.

Membuat Struktur Artikel yang Benar

Peluang Usaha - Menulis Artikel
Peluang Usaha – Menulis Artikel

Biasanya untuk penulis pemula akan sangat kebingungan menentukan struktur tulisan yang tepat. Hal itu memang wajar, nanti sering waktu anda akan menemukan sendiri teknik struktur artikel yang enak dibaca. Adapun secara umum struktur artikel adalah sebagai berikut:

Topik artikel

Menentukan tema adalah hal sangat vital, dan ini menjadi yang pertama untuk anda perhatikan. Artikel yang tidak jelas tema dan maksudnya tentu akan kesulitan untuk mendapatkan pembaca dan orang cenderung meninggalkan bacaan seperti itu. Angkatlah topik yang orisinil dan hindari tema yang membosankan atau terlalu sederhana.

Tujuan artikel

Pembaca harus bisa menemukan goals dari artikel anda. Tulisan harus memberikan identifikasi kemana arah, tujuan, dan alasan apa yang membuat anda menulis artikel ini. Misalnya artikel yang sedang anda baca ini, terkait peluang usaha serta teknik penulisan, tentu saya akan membuat goals atau tujuan agar pembaca bisa mengerti bagaimana menulis sebuah artikel berkualitas yang bisa dijual dan mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Ide pokok

Ide pokok gagasan adalah penjelas dari tema umum yang sudah anda tentukan pada poin di atas. Anda dapat menjelaskan ide pokok tersebut dalam satu atau dua paragraf di awal penulisan. Walaupun sebenarnya ide pokok tersebut bisa anda letakkan di bagian manapun, akan tetapi saran dari kami letakkan saja di awal penulisan agar pembaca mudah mengerti maksud dari artikel anda.

Mengembangkan tema

Kembangkan tema dan ide pokok agar artikel lebih berbobot dan memiliki kemanfaatan yang luas. Perhatikan kembali apakah artikel anda sudah mencakup semua point utama dari ide pembahasan. Dengan mengembangkan tema maka anda akan dengan sangat mudah menyampaikan point utama dan memperkaya artikel dengan informasi tambahan.

Tulis Kesimpulan

Pembaca barangkali bisa membuat kesimpulan sendiri dari tulisan yang anda buat, akan tetapi akan lebih baik jika anda mengarahkan kesimpulan tersebut dengan menulis satu atau dua paragraf di akhir artikel.

Penutup

Demikianlah informasi tentang teknik penulisan artikel yang baik agar bisa dijual dan menjadi peluang usaha. Intinya bahwa dengan menulis artikel yang berkualitas, maka orang tidak akan segan membayar tulisan anda. kuncinya terletak di dalam diri anda sendiri, membuat artikel yang kaya akan manfaat atau menulis artikel kosong yang bahkan orang segan membaca paragraf pertamanya.

Terima kasih telah membaca pembahasan ini, baca juga artikel lain terkait Peluang Usaha Menjadi Penulis Artikel, Cara Asyik Hasilkan Uang