, ,

3+ Rekomendasi Peluang Usaha Sampingan Karyawan

by -9 views
Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha
Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha

Sebagai karyawan pernahkah Anda berpikir untuk membuka usaha sampingan? Jika iya maka Anda perlu membaca pembahasan ini hingga selesai. Di dalam artikel ini kita akan membahas peluang usaha sampingan karyawan yang bisa dijalankan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Ada banyak keuntungan jika Anda mampu menjalankan usaha sampingan, karena usaha semacam ini bisa dikerjakan di sela-sela waktu pekerjaan utama. Lalu apa saja rekomendasi usaha sampingan yang menguntungkan? Berikut pembahasannya untuk Anda:

Membuka Kursus Melalui Platform Digital

Situs Freelance
Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Sebagai karyawan tentunya memiliki keahlian dibidang tertentu khususnya bidang yang sekarang menjadi pekerjaan Anda. Akan tetapi pernahkah Anda berpikir menjadikan keahlian tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan?

Misalnya Anda bekerja menjadi karyawan di perusahaan informatika. Nah ilmu tersebut bisa dibagikan ke banyak orang tentunya secara tidak gratis, karena Anda dapat membuka kursus pelatihan ilmu informatika kepada mahasiswa atau lain sebagainya.

Begitu pun jika Anda mempunyai keahlian lain diluar pekerjaan sekarang, hal itu juga dapat dijadikan sebagai materi pelatihan atau kursus Manfaatkan lah media internet untuk membuka kursus semacam ini. Hal itu akan memudahkan Anda untuk mengatur waktu sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama di kantor.

Anda dapat membuat video, audio atau ebook seputar kursus yang dijalankan. Buatlah konten-konten tersebut berseri agar memudahkan peserta kursus memahami materi.

Menjadi Penulis Artikel

Peluang Usaha Sampingan Karyawan
Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Sebagai karyawan mungkin Anda sangat terlatih untuk menulis secara cepat di komputer. Nah keahlian ini tentu bisa disalurkan lebih jauh yaitu dengan menjadi penulis artikel.

Ada ribuan situs di internet yang membutuhkan konten artikel setiap harinya. Mereka biasanya mencari jasa penulis untuk membuat artikel yang akan di posting di website mereka. Karena itulah hingga sekarang menjadi penulis artikel sangat menguntungkan.

Untuk harga artikel sendiri tergantung dengan jumlah kata yang ditulis, namun pada umumnya untuk artikel 500 kata dihargai 15 ribu rupiah. Tidak terlalu mahal memang. Akan tetapi jika setiap hari Anda mampu menulis dengan cepat dan berkualitas, misalnya 10 artikel, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.

Anda dapat mencari pekerjaan di bidang ini melalui situs projects,co,id untuk skala Indonesia. Akan tetapi jika mempunyai keahlian bahasa Inggris Anda dapat mencoba mencari pekerjaan situs online job internasional sribulancer.com, upwork.com atau juga textbroker.com.

Selain itu Anda juga dapat membuka lapak sendiri dengan membuat website atau memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan klien.

Menjadi Penerbit E-book

Peluang Usaha Sampingan Karyawan
Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Electronic book atau yang disingkat menjadi e-book merupakan buku yang diterbitkan secara digital. Di dalam ebook Anda dapat menulis berbagai hal yang bermanfaat agar bisa dijual ke banyak orang.

Anda bisa membuat ebook dengan konten fiksi, non-fiksi, ilmiah atau lainnya. Salah satu platform untuk menjual buku adalah dengan Google Play Book. Di sana siapa pun dapat menjual buku dan menghasilkan pundi-pundi rupiah tanpa perlu menerbitkan buku secara konvensional yang tentunya membutuhkan biaya besar.

Di Google Play Book tidak perlu membayar biaya untuk menjual buku, hanya saja keuntungan yang didapatkan akan dipotong. Potongan komisi tersebut bisa diartikan sebagai biaya sewa lapak untuk buku Anda tersebut.

Nah untuk harga buku nya dapat ditentukan sendiri. Sesuaikanlah harga buku yang dijual dengan konten yang ada di dalamnya.

Asisten Virtual

Peluang Usaha Sampingan Karyawan
Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Pernahkah Anda mendengar pekerjaan asisten virtual? Pekerjaan ini belum terlalu familiar di tengah masyarakat Indonesia, akan tepati pekerjaan ini memang benar ada. Anda dapat menjadi asisten virtual dengan memanfaatkan teknologi digital.

Pekerjaan ini mencakup berbagai keahlian, bisa berupa asisten untuk penulisan, riset, copywriting, translasi, input data hingga manajemen media sosial. Sesuaikan saja dengan keahlian yang dimiliki. Anda dapat mencari pekerjaan seperti ini di website atau situs online job yang telah disebutkan diatas.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang rekomendasi peluang usaha sampingan karyawan yang bisa menambah penghasilan. Ketika ingin memulai usaha sampingan pastikan jika Anda mampu mengatur waktu dengan baik. Jangan sampai pekerjaan utama malah terbengkalai dan malah merugikan Anda sendiri.

Terima kasih telah membaca pembahasan ini dan semoga bermanfaat untuk Anda semua. Baca jua artikel lain terkait 5 Tahapan untuk Menentukan Ide dan Peluang Usaha