, ,

Peluang Usaha Tempe Mendoan, Modal Kecil Tapi Untungnya Sangat Gurih

by -41 views
Peluang Usaha - Tempe Mendoan
Peluang Usaha - Tempe Mendoan

Indonesia sangat kaya akan kuliner khasnya, salah satu olahan yang populer adalah tempe mendoan. Tidak sedikit orang yang bisa meraup keuntungan dari hasil menjual tempe mendoan. Karena itu peluang usaha bisa menjadi ide untuk anda yang bingung ingin membuka bisnis apa.

Tempe mendoan termasuk makanan ringan yang disukai banyak orang, baik dari anak kecil, orang dewasa hingga orang tua. Jadi walaupun banyak pesaing, menjual tempe mendoan masih memiliki prospek penjualan yang menjanjikan. Jika anda tertarik membuka bisnis ini, simak informasi berikut hingga selesai.

Mempersiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Peluang Usaha - Tempe Mendoan
Peluang Usaha – Tempe Mendoan

Sebelum memulai bisnis ini, tentu anda perlu menyiapkan beberapa hal untuk mendukung penjualan, antara lain adalah:

  • Gerobak dorong : Rp 2.000.000+
  • Wajan untuk penggorengan : Rp 150.000
  • Kompor gas awar Rp 120.000
  • Tungku kompor Rp 60.000
  • Tabung gas Rp 150.000
  • Saringan, pisau, pengaduk dan alat pendukung lain Rp 200.000

Nah itulah perkiraan harga peralatan yang perlu disiapkan jika anda ingin memulai usaha tempe mendoan. Harga tersebut bisa lebih mahal atau murah tergantung dengan peralatan yang anda pilih.

Menentukan Tempat Jualan

Peluang Usaha - Tempe Mendoan
Peluang Usaha – Tempe Mendoan

Jika anda telah mantap memilih peluang usaha ini dan telah memilih peralatan untuk berjualan tempe mendoan, saatnya anda menentukan tempat untuk jualan. Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah untuk meriset tempat apakah sudah ada yang jualan tempe medan atau belum. Hindarilah tepat yang memiliki banyak pesaing.

Anda bisa menjual tempe mendoan di dekat minimarket yang biasanya telah disediakan tempat jaula. Hubungi saja pihak pengelola minimarket dan silahkan sewa satu tempat yang menurut anda strategis. Berjual di dekat minimarket terbilang cukup efektif karena setiap harinya banyak orang datang dan belanja di sana. Tentu jika stand jualan anda menarik bisa jadi akan ada banyak orang yang membeli tempe modan yang anda jual.

Atau juga anda dapat berjualan di pasar-pasar yang ramai orang lalu-lalang. Menjual mendoan juga bisa dengan menyewa tempat khusus di pasar modern yang pastinya akan ada banyak orang disana yang datang.

Strategi Promosi Peluang Usaha Tempe Mendoan

Tempe Mendoan
Tempe Mendoan

Setelah anda mulai menjual tempe mendoan, sekarang saatnya anda melakukan trik promosi untuk mendatangkan banyak orang. Cara yang paling simpel adalah dengan memasang banner atau atau spanduk di depan usaha mendoan anda. Buatlah spanduk yang elegan dan profesional, jangan terlalu kecil dan juga jangan terlalu besar.

Strategi promosi lain adalah dengan pemberian kupon untuk setiap pembeli. Kupon bisa dikumpulkan dan diakumulasikan, pada pembelian yang ke-10 pembeli bisa mendapatkan mendoan secara gratis. Atau saat penjualan minggu pertama anda dapat memberikan harga spesial, setiap pembelian dua tempe mendoan pembeli bisa mendapat satu mendoan secara gratis.

Kendala Peluang Usaha Tempe Mendoan

Peluang Usaha - Tempe Mendoan
Peluang Usaha – Tempe Mendoan

Setiap bisnis tentunya memiliki kendala tersendiri, begitupun dengan peluang usaha menjual tempa mendoan. Kendala terbesarnya adalah karena banyak pesaing, sehingga anda harus memutar otak bagaimana agar tempe mendoan anda dilirik oleh orang banyak. Persaingan ini sebenarnya masih bisa diantisipasi dengan berbagai cara.

Salah satu cara untuk memenangkan persaingan adalah dengan menjadi yang terbaik. Cobalah anda memberikan sentuhan modern terhadap usaha mendoan. Sentuhan modern bisa terkait kemasan atau cara penyajiannya. Dengan membuat kemasan yang lebih higienis dan modern hal itu akan membuat orang lebih melirik mendoan yang anda buat.

Penutup

Menjual tempe mendoan membutuhkan kesabaran dan kerja keras untuk bisa berkembang, dan jangan lupa untuk selalu diiringi dengan doa agar usaha anda dimudahkan. Setiap orang ketika membeli tempe mendoan tentunya menginginkan rasa yang lezat, karena itu jika memungkinkan buatlah rasa yang sedikit berbeda dengan kompetitor.

Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan anda sedikit ide untuk memulai usaha yang menguntungkan. Anda juga dapat berkreasi lebih jauh dalam memanfaatkan tempe untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Zaman sekarang itu yang terpenting adalah inovasi, walaupun makanan tersebut terbilang “kuno” jika anda mampu membuat kreasi dengan sentuhan modern, maka tidak menutup kemungkinan akan laku.

Baca artikel lain tentang peluang usaha Manfaatkan Setiap Momen Pernikahan dengan Bisnis Souvenir, Untung Besar Lho!