, ,

Peluang Usaha Toko Kelontong, Modal Awal dan Tips Suksesnya

by -6 views
Peluang Usaha - Toko Kelontong
Peluang Usaha - Toko Kelontong

Salah satu peluang usaha yang menjanjikan untuk wirausaha adalah dengan membuka toko kelontong. Bisnis ini sangat menjanjikan dan bisa mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit. Hal itu karena setiap harinya orang membutuhkan berbagai keperluan dan harus membelinya di toko kelontong.

Untuk membuka usaha ini tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, baik itu terkait modal usaha, pertimbangan lokasi, servis pelayanan dan lain sebagainya. Jika anda berminat membuka usaha ini, silahkan simak informasi di bawah hingga selesai:

Berapa Modal Awal untuk Membuka Peluang Usaha Toko Kelontong?

Peluang Usaha - Toko Kelontong
Peluang Usaha – Toko Kelontong

Modal adalah hal pertama yang harus diperhitungkan untuk membuka usaha apapun, tidak terkecuali membuka toko kelontong. Ada banyak hal yang perlu disiapkan sebelum membuka usaha ini, nah berikut estimasi modal awal membuka usaha kelontong:

  • Etalase Rp 2.500.000
  • Lemari pendingin Rp 3.500.000
  • Kalkulator penghitung Rp 50.000
  • Timbanggan Rp 300.000
  • Elpiji 3 KG 10 buah Rp 2.000.000
  • Galon air minum 10 buah Rp 350.000
  • Produk jualan lainnya Rp 5.000.000

Sehingga estimasi biaya yang diperlukan untuk membuka usaha toko kelontong adalah sekitar Rp 13.700.000. Angka tersebut bagi sebagian orang mungkin masih cukup besar, akan tetapi modal awal tergantung dengan pilihan barang yang anda beli. Anda dapat membuka toko kelontong bahkan dengan modal dibawah itu, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan anggarannya.

Tips Sukses Membuka Peluang Usaha Toko Kelontong

Peluang Usaha - Toko Kelontong
Peluang Usaha – Toko Kelontong

Setelah anda menyiapkan alat-alat yang diperlukan untuk keperluan, sekarang saatnya anda mempelajari tips sukses dalam berbisnis toko kelontong. Simak tips suksesnya berikut ini:

1. Survey kebutuhan masyarakat dan menghadapi pesaing

Tahap awal anda perlu melakukan survey untuk mengetahui produk apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar tempat anda berjualan. Setiap daerah biasanya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, karena sesuaikanlah kebutuhan tersebut. Dengan mengetahui apa saja yang dibutuhkan, anda dapat menghindari pembelian produk yang merugikan karena tidak ada yang mau membelinya.

Selain itu, dengan melakukan survey anda dapat memprediksi estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membuka toko kelontong. Perhatikan juga pesaing yang ada di dekat lokasi tempat anda jualan, baik itu terkait harga yang mereka tawarkan, jumlah stok produk, jenis-jenis produk dan lain sebagainya.

2. Mempertimbangkan lokasi

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah terkait lokasi toko. Tentunya toko kelontong anda akan menjual terkait bahan pokok makanan untuk masyarakat. Itu artinya bahwa produk yang anda jual adalh kebutuhan masyarakat secara luas. Anda dapat membuka usaha ini di perumahan yang cukup padat.

Tidak perlu menyewa toko, anda dapat memanfaatkan halaman rumah anda untuk dijadikan toko. Dengan begitu anda dapat menghemat biaya operasional dan sewa bangun yang cukup mahal.

3. Mencari tempat grosir produk kebutuhan yang murah

Nah ini kunci sukses peluang usaha toko kelontong yang tidak boleh anda lupakan. Persaingan harga di tengah bisnis toko kelontong adalah hal yang sering menjadi pertimbangan banyak orang untuk membeli di toko tertentu. Semakin murah harga produk yang anda tawarkan maka akan semakin dilirik oleh orang.

Karena itu kuncinya adalah mencari pemasok yang menawarkan harga murah supaya anda dapat mark harga jual kembali juga murah. Carilah pemasok produk yang sudah besar, biasanya mereka akan memberikan harga yang lebih miring daripada pemasok lainnya.

Penutup

Nah demikian informasi tentang peluang usaha toko kelontong terkait biaya usaha dan tips suksesnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Modal 10 Juta, Begini Langkah-Langkah Memulai Peluang Bisnis Laundry Kiloan.