, ,

Peluang Usaha Toko Kelontong Terancam, Pelajari 5 Hal Ini Agar Untung

by -8 views
Peluang Usaha - Kelontong
Peluang Usaha - Kelontong

Toko kelontong merupakan peluang usaha yang sekarang hampir ‘punah’ karena terancam eksistensinya dengan kehadiran minimarket modern. Bahkan di Indonesia sekarang ini sudah sangat mudah menemukan minimarket yang menjual berbagai macam kebutuhan. Karena itu, jika anda adalah penjual toko kelontong, atau yang berniat ingin membuka usaha ini perlu memperhatikan beberapa hal agar tetap bisa berkembang.

Dalam pembahasan ini kita akan mengulas cara bagaimana bisa mempertahankan toko kelontong dan tetap bisa mendatangkan keuntungan. Simak informasi lengkapnya berikut ini:

Menjual Produk Kebutuhan

Peluang Usaha - Kelontong
Peluang Usaha – Kelontong

Pada umumnya toko kelontong menjual berbagai macam produk, baik produk primer atau sekunder. Akan tetapi beragamnya produk tersebut tidak diperhitungkan dengan baik. Akibatnya banyak orang beranggapan jika toko kelontong tidak lengkap dan mereka lebih memilih minimarket modern.

Bahkan banyak barang-barang yang dijual namun tidak begitu dicari oleh masyarakat. Memang hal itu tetap positif, bagaimana pun masih ada orang yang kemudian hari membelinya. Tetapi alangkah baiknya jika produk yang tersedia lebih diutamakan produk primer karena setiap hari orang membutuhkannya.

Mengutamakan Kualitas Peluang Usaha

Peluang Usaha - Kelontong
Peluang Usaha – Kelontong

Bisnis apapun tentunya sangat mengutamakan kualitas produk. Ini bukan tanpa alasan, karena orang akan memilih produk dengan kualitas terbaik. Lakukanlah kualiti kontrol setiap ingin menjual produk kepada konsumen. Hal itu bertujuan agar konsumen puas dan tidak kecewa membeli [produk di tempat anda.

Hal yang perlu dipertahankan adalah terkait tanggal kadaluarsa, kemasan, merk produk dan lain sebagainya. Jika produk yang anda jual terlalu banyak tidak ada salahnya anda mempekerjakan orang untuk membantu sekali-kali saat anda membeli barang di supplier.

Bijaksana dalam Menetapkan Harga

Peluang Usaha - Kelontong
Peluang Usaha – Kelontong

Salah satu alasan mengapa orang lebih memilih toko kelontong tertentu adalh terkait harga yang ditawarkan. Bahkan selisih harga seribu rupiah saja bisa menjadi alasan orang tidak mau belanja di toko anda dan lebih memilih kompetitor. Anda perlu memperhatikan harga yang ditawarkan di toko lain, setidaknya anda bisa menyesuaikan harga atau jika bisa menjual produk dengan harga dibawah kompetitor.

Nah kuncinya adalah terletak ketika anda mencari pemasok atau supplier. Carilah supplier yang sudah lama beroperasi dan telah berkembang besar. biasanya mereka akan menawarkan harga produk yang sangat murah dibanding supplier lain sehingga anda dapat mark harganya lebih murah dari kompetitor.

Konsisten dan Selalu Disiplin Jalankan Peluang Usaha

Usaha toko kelontong
Peluang Usaha – Kelontong

Banyak orang merasa kecewa saat ingin membeli produk di toko kelontong tertentu karena toko tersebut tutup. Padahal tidak jarang orang yang berjalan jauh dari rumahnya untuk sampai ke toko. Hal itu bisa membuat orang kecewa dan senang untuk membeli produk lagi di toko kelontong itu.

Tentunya anda tidak boleh seperti itu. Berikanlah rasa kepercayaan serta pelayanan yang memuaskan konsumen anda dengan cara konsisten berjualan serta selalu disiplin. Tentukanlah jam buka serta jam tutup yang jelas. Jangan sampai jam buka toko selalu molor setiap harinya, lambat laun toko kelontong anda akan ditinggalkan pembeli.

Penutup

Demikianlah informasi tentang strategi mempertahankan peluang usaha kelontong agar tetap bisa bersaing dengan minimarket modern. Selain poin-poin di atas masih banyak lagi strategi yang perlu anda terapkan untuk bisnis kelontong, misalnya terkait promosi, tertib dalam pembukuan, mendesain toko yang menarik dan lain sebagainya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua, dan silahkan share kepada teman atau keluarga anda yang membutuhkan. Baca juga artikel lain terkait 5 Tips Ampuh Sukses dalam Bisnis Kedai Kopi Kekinian