, ,

Peluang Usaha Untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil

by -11 views
Usaha untuk mahasiswa

Memulai sebuah bisnis atau usaha tak melulu memerlukan modal yang cukup besar. Kamu pun bisa memulainya dalam skala kecil dengan modal paling minim. Hal ini sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja yang bisa memanfaatkan peluang yang ada.

Tak terkecuali bagi para mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan sekaligus mengasah skill-nya dalam berbisnis. Dengan kemajuan zaman yang semakin signifikan, membuat kita mendapatkan segala kemudahan dalam hal akses internet.

Ada banyak bisnis yang sukses setelah dipasarkan lewat platform-platform daring seperti sosial media dan e-commerce. Mengingat semua orang bisa mengakses sosial media maupun marketplace yang ada, hal ini memungkinkan sebuah bisnis dapat menjangkau pelanggan yang berada di luar daerah.

Nah, buat kamu khususnya mahasiswa yang masih ragu untuk mulai melangkahkan kakinya dalam dunia bisnis. Ada beberapa peluang usaha yang sebenarnya sangat potensial jika ingin kamu tekuni lebih dalam. Penasaran, kan? Simak lengkap artikel dari InfoBiznis berikut ini, ya!

Ide Peluang Usaha untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil

1. Online shop

Bisnis untuk mahasiswa
Foto: Pexels

Millennials pasti sudah tak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Yup, online shop adalah salah satu peluang bisnis paling menjanjikan dalam beberapa tahun ke belakang.

Hal ini dikarenakan meningkatnya minat pengguna internet yang lebih memilih untuk berbelanja secara online ketimbang harus datang ke offline store-nya. Setidaknya ada beberapa alasan yang membuat para pengguna internet lebih senang berbelanja lewat media daring.

Salah satunya adalah stock yang jelas ada serta tidak perlu mengantre. Berbeda dengan membeli langsung di sebuah offline store, kamu belum tentu menemukan barang yang kamu inginkan.

Membeli barang lewat online pun juga lebih banyak promo yang disediakan. Tak heran, hal ini menjadi alasan atau faktor utama seseorang lebih suka berbelanja online.

Nah, mahasiswa sepertimu seharusnya bisa memanfaatkan peluang seperti ini untuk mengais lebih banyak keuntungan dengan membuka toko online. Kamu bisa menjual berbagai macam produk yang digemari oleh banyak orang.

Sesuaikan saja apa yang diminati oleh pasar dan manfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan pemasukkan.

2. Makanan kekinian

Usaha untuk mahasiswa
Foto: Pexels

Ragam menu kuliner yang semakin unik, membuat banyak orang mulai bereksperimen sendiri menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan ada di sekitar kita. Bermodalkan bahan makanan yang murah meriah, seseorang bisa menciptakan produk makanan baru dengan rasa yang lezat dan nikmat.

Nah, kalau kamu adalah seorang mahasiswa yang gemar memasak. Peluang bisnis makanan kekinian ini sangat bisa dimanfaatkan.

Tak perlu modal besar, kamu bisa melihat-lihat resep yang ada di Youtube maupun artikel-artikel yang tersebar secara online di internet untuk memandumu dalam menciptakan sebuah menu baru. Contoh saja kamu akan membuat pudding dari Oreo atau Milo. Dilihat dari bahan bakunya, semua bisa kamu dapatkan dengan mudah di minimarket terdekat dan dengan harga yang terjangkau.

Kamu pun bisa menjualnya ke teman-teman kampusmu atau dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram untuk memasarkan produknya. Tak perlu khawatir soal laku tidak laku, selama tampilannya menggugah selera dan rasanya sesuai dengan yang diekspektasikan. Jajanan buatanmu sudah pasti laris manis, kok!

3. Bisnis ikan hias

ikan cupang
Foto: Pexels

Usaha kecil untuk mahasiswa selanjutnya adalah budidaya ikan hias. Siapa bilang pasar ikan hias itu kecil? Cobalah bergabung dengan forum atau grup-grup di sosial media yang membahas soal ikan hias. Kamu akan mendapatkan insight lebih dalam tentang market bisnis yang satu ini.

Peminat ikan hias selalu ada dan meningkat setiap tahunnya. Cara merawatnya yang mudah serta tak membutuhkan banyak biaya, pasti cocok untuk direalisasikan oleh dompet mahasiswa.

Katakanlah kamu ingin berbisnis ikan cupang. Tak perlu menyediakan tempat yang luas. Kamu hanya perlu menyediakan aquarium atau wadah-wadah kecil untuk menampung setiap ikan pejantan. Setelah matang untuk dikawinkan, kamu bisa menyatukan pejantan tersebut dengan betinanya.

Tunggu sampai mereka melakukan pemijahan secara sempurna. Dan, tunggu hingga telurnya menetas. Kamu pun sudah berhasil membudidayakan ikan cupang.

4. Jasa les private

Les private
Foto: Pexels

Kamu percaya dengan kemampuan akademismu? Kalau iya, kamu bisa lho memanfaatkan kelebihanmu tersebut untuk membuka jasa les private. Usaha yang satu ini bahkan tidak memerlukan modal materi sama sekali.

Kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk mengajari muridmu. Untuk masalah tempat, kamu bisa menggunakan ruang tamu di rumahmu atau kamu menjadi guru les private panggilan. Sehingga, bukan murid yang datang ke rumahmu melainkan kamu yang datang ke rumah mereka untuk memberikan les pelajaran.

Tarifnya variatif, lho. Tergantung dari mata pelajaran apa yang kamu ajarkan. Semakin tinggi tingkat kesulitannya, tentu kamu bisa membandrolnya dengan harga yang sepadan.

5. Usaha untuk mahasiswa dengan menjadi freelancer

Peluang usaha untuk mahasiswa - content writer
Foto: Pexels

Salah satu jenis profesi atau usaha untuk mahasiswa yang menjanjikan selanjutnya adalah dengan menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas. Kamu bisa memanfaatkan kelebihanmu dan menjualnya di portal-portal freelancer seperti Sribulancer atau Fiverr.

Misalnya nih, kamu memiliki kelebihan bisa menggambar atau membuat desain sebuah konten. Kamu bisa menjual jasa tersebut di internet untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Nggak cuma desainer, kamu juga bisa menjual jasa lain seperti menjadi content writer, translator atau penerjemah,  social media admin, bookkeeper dan masih banyak lagi pilihannya. Tinggal sesuaikan saja dengan keahlianmu.

Demikianlah artikel mengenai usaha untuk mahasiswa dengan modal terkecil dan minim. Kamu bisa memulainya kapan pun dan memaksimalkannya dengan menggunakan pemasaran digital. So, tunggu apa lagi? Yuk, mulai usahamu sekarang juga!