, ,

Peluang Usaha untuk Mahasiswa Tanpa Modal Sepeser Pun!

by -4 views
Usaha untuk mahasiswa

Ada begitu banyak peluang usaha untuk mahasiswa yang bisa dilakukan bahkan tanpa mengeluarkan modal sepeser pun. Peluang ini masih bisa dimaksimalkan dengan memanfaatkan internet yang bisa diakses oleh siapapun.

Dengan demikian, para mahasiswa bisa mendapatkan uang jajan tambahan tanpa harus merepotkan orang tuanya. Cukup dengan kedisiplinan dalam menjalankan bisnis tersebut serta tekad yang pantang menyerah, kesuksesan pasti bisa diraih dengan mudah

Mengapa mahasiswa perlu melakukan usaha ini? Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat selain mendapat keuntungan, yaitu melatih mental agar lebih percaya diri, memiliki banyak rekan atau kenalan, dan mengenal lebih dalam mengenai bagaimana cara memulai usaha agar dapat membuat usaha yang lebih besar di kemudian hari.

Usaha tanpa modal ini tentunya tidak akan membuat seseorang rugi besar. Jadi bisa dilakukan kapanpun tanpa terburu-buru. Beberapa usaha barang dan jasa tanpa modal yang dapat dilakukan oleh mahasiswa ada beberapa di antaranya:

1. Menjadi Dropshipper

usaha kecil
Foto: Pixabay

Apa sih dropshipper itu? Tentunya ada beberapa dari kalian yang masih asing dengan hal ini. Dropshipper adalah orang yang mempromosikan barang supplier kepada orang-orang tanpa memiliki barang tersebut.

Jadi kita hanya bertugas mempromosikan ke orang-orang, bisa lewat teman maupun media sosial yang ada seperti Instagram dan Facebook. Ketika ada seseorang yang memesan barang dagangan supplier maka kita akan meminta nama, alamat, dan nomor telepon untuk diberikan kepada supplier agar mereka bisa mengirimkan pesanan ke orang yang membelinya lewat kita.

Bagaimana sih cara melakukan dropship dan cara mendapatkan keuntungannya? Pertama kalian harus mencari supplier barang yang ingin dijual, misalnya pakaian, makanan, ataupun kosmetik. Pastikan supplier yang kamu ajak kerjasama adalah supplier yang berkualitas dan bertanggungjawab, ya. Jangan sampai kamu menjualkan produk dari pemasok yang berkualitas buruk karena akan mengecewakan customer-mu.

Setelah itu tinggal mempromosikan barang-barang yang dikirim oleh supplier dengan menambahkan keuntungan yang diinginkan. Apabila ada pembeli, mintalah nama, nomer yang bisa dihubungi, dan alamat tujuan. Berikan data itu kepada supplier agar barang dapat segera dikirim. Pembayaran dilakukan kepada supplier dan keuntungan yang telah ditambahkan tadi akan diberikan kepada pihak dropshipper.

Peluang usaha dropship masih terbuka lebar. Dengan usaha kecil tanpa modal ini bisa dilakukan oleh semua orang yang memang benar-benar memiliki keinginan dan kemauan untuk menjadi sukses. Beberapa barang yang kemungkinan cepat laku untuk dijual, diantaranya makanan ringan, pakaian kekinian, kosmetik, dan sepatu.

2. Jasa Desain Grafis

usaha untuk mahasiswa
Foto: Pixabay

Usaha untuk mahasiswa selanjutnya yang bisa dijalankan tanpa modal adalah menyediakan jasa desain grafis. Terkhusus buat kamu yang memiliki keahlian di bidang seni menggambar. Manfaatkanlah peluang tersebut untuk mencari penghasilan tambahan untuk meringankan beban orang tua.

Sedangkan buat kamu yang belum ahli di bidang desain grafis, kamu bisa berlatih terlebih dahulu dengan memanfaatkan laptop atau komputer yang kamu miliki. Selain itu, ada banyak tutorial  yang bisa kamu lihat lewat Youtube atau berbagai sosial media yang lain. Peluang jasa desain grafis ini bisa dibilang sangat banyak diminati karena permintaan pasar yang semakin meningkat dari hari ke hari.

Desain grafis adalah bentuk dari komunikasi visual yang memanfaatkan gambar sebagai media untuk menyampaikan pesan atau informasi. Ada banyak sekali jenis-jenis desain grafis yang bisa dijadikan untuk usaha mahasiswa.

Jenis-jenis desain grafis, diantaranya drafter, editor, layouter, art director, fotografer, animator, visualisator, video editor, dan integrated designer. Dari beberapa jenis desain grafis, kalian bisa membuka usaha dibidang editor atau video editor.

Untuk peluang membuka jasa desain grafis ini sangat luas mengingat tidak semua orang bisa melakukannya. Beberapa orang yang membutuhkan editor pasti akan meminta jasa desain grafis untuk membuatnya karena orang awam belum tentu bisa melakukannya dengan baik.

3. Penerjemah

Usaha kecil
Foto: Pixabay

Terakhir ada jasa penerjemah yang bisa dicoba bagi para mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Terutama jika kamu menguasai beberapa bahasa asing sekaligus.

Berbagai jasa translator bahasa asing yang kerap dicari atau dibutuhkan adalah penerjemah bahasa Inggris, Mandarin, Jepang dan Korea. Mungkin jika kamu memiliki kemampuan yang lain, kamu bisa mencari pangsa pasarmu sendiri dengan memanfaatkan ragam situs freelancer yang ada seperti Fiverr atau Sribulancer.

Menjadi penerjemah itu sebuah bakat yang dimiliki seseorang. Dengan menjadi penerjemah kita bisa mengasah lebih dalam kemampuan yang dimiliki serta memberi manfaat kepada orang yang membutuhkan. 

Gak melulu menerjemahkan buku, kamu mungkin juga akan diminta menerjemahkan percakapan, isi video, jurnal dan lain-lain. Manfaatkan peluang tersebut dengan maksimal agar penghasilanmu pun semakin besar.

Nah, demikianlah artikel mengenai peluang usaha produk barang dan jasa yang bisa dilakukan oleh mahasiswa meski tanpa modal sepeser pun. Yang terpenting adalah memahami kebutuhan pasar yang ada. Kamu harus pandai-pandai memanfaatkan peluang tersebut untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.