Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli yang Harus Diketahui

by -0 views
Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli
Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Sebagai pebisnis muda tentunya kita harus mengetahui seluk beluk terkait bisnis itu sendiri. Salah satunya adalah terkait pengertian bisnis secara umum maupun pengertian bisnis menurut para ahli. Nah berikut ini kita akan membahas kedua hal tersebut secara lengkap.

Pengertian Bisnis Secara Umum

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli yang Harus Diketahui
Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Bisnis dapat kita artikan sebagai suatu organisasi si yang menjual jasa ataupun barang kepada konsumen untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Jika kita tinjau dari sisi bahasa, bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu “business”. Kata dasar business berasal dari “busy” yang memiliki arti “sibuk” baik itu dalam konteks kemasyarakatan, komunitas, ataupun individu.

Jika kita tinjau lebih jauh lagi dalam ekonomi kapitalis, bisnis dibentuk untuk mendapatkan keuntungan serta meningkatkan kemakmuran untuk pemiliknya. Imbalan tersebut karena pemilik atau operator dari sebuah bisnis mengorbankan waktu, usaha, dan juga materi.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli
Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Nah setelah kita mengetahui pengertian bisnis secara umum, berikut ini beberapa pendapat menurut para ahli terkait definisi bisnis itu sendiri:

  • Menurut Huat, T Chwee

Dia berpendapat bisnis merupakan istilah umum yang menggambarkan semua institusi dan aktivitas yang memproduksi jasa dan barang untuk kehidupan sehari. Produksi barang dan jasa tersebut bertujuan untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.

  • Menurut Griffin dan Ebert

Bisnis diartikan sebagai aktivitas untuk penyediaan barang atau jasa yang diinginkan atau diperlukan oleh konsumen. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi oleh perorangan, perusahaan yang memiliki badan usaha, ataupun perusahaan yang memiliki badan hukum bahkan pedagang kaki lima atau warung di pinggir jalan yang tidak memiliki surat tempat izin usaha dan surat izin tempat usaha perdagangan.

  • Steinford

Menurut Steinford bisnis diartikan sebagai suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan atau dibutuhkan oleh masyarakat. Perkembangan lembaga akan meningkat jika kebutuhan masyarakat juga meningkat, hal itu karena produsen harus memenuhi kebutuhan tersebut.

Di samping memenuhi kebutuhan tentunya kegiatan bisnis bertuajuan mengambil laba atau keuntungan.

  • Allan Afuah

Dalam pendapatnya Allan Afuah menjelaskan bisnis merupakan suatu kegiatan usaha individu yang diorganisir untuk menghasilkan serta menjual barang dan jasa untuk memperoleh laba dan memenuhi kebutuhan masyarakat, dan aktivitas tersebut berada dalam industri.

Nah orang yang mengusahakan waktu dan uang serta menanggung risiko di dalam menggerakkan sebuah bisnis mereka disebut entrepreneur.

  • Hughes dan Kapoor

Bisnis diartikan sebagai penyediaan barang dan jasa yang bertujuan untuk menghasilkan profit. Sebuah perusahaan bisa dikatakan menghasilkan keuntungan jika total penerimaan pada suatu periode tidak lebih kecil dari total biaya pada periode yang sama.

Daya tarik untuk melakukan kegiatan bisnis adalah terkait laba atau keuntungan yang diperoleh, dari laba tersebutlah para pelaku bisnis dapat mengembangkan usahanya agar dapat meningkatkan keuntungan yang lebih besar.

  • Glos, Steade dan Lowry

Bisnis adalah kumpulan aktivitas yang dikerjakan untuk membuat atau memproduksi dengan cara mengembangkan serta mentransformasikan berbagai sumber daya yang ada untuk menjadi barang atau jasa yang diinginkan oleh konsumen.

  • Musselman dan Jackson

Bisnis merupakan seluruh kegiatan yang diatur oleh orang yang berada dalam dunia perniagaan serta industri yang menyediakan barang dan jasa guna mempertahankan serta memperbaiki standar dan kualitas hidup mereka.

  • Mahmud Machfoed

Bisnis diartikan sebagai usaha perniagaan yang dikerjakan oleh sekelompok orang yang terorganisir guna memperoleh keuntungan atau laba dengan memproduksi serta menjual barang atau jasa untuk memenuhi permintaan konsumen.

  • Hunt dan Urwick

Dalam pendapatnya mereka menjelaskan bisnis adalah segala perusahaan yang memproduksi, mendistribusikan ataupun menyediakan barang-barang dan jasa yang diperlukan oleh masyarakat lainnya yang bersedia dan mampu untuk membeli atau membayarnya.

  • Menurut Owen

Owen berpendapat bisnis merupakan suatu perusahaan yang berkaitan dengan distribusi dan produksi berbagai barang yang kemudian dijual ke pasar atau juga memberikan harga yang sesuai dengan hal itu.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang pengertian menurut para ahli dan secara umum. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda terkait dunia bisnis. Silakan share kepada teman atau keluarga Anda yang membutuhkan informasi ini. Terima kasih dan baca juga artikel lain terkait Contoh Bisnis Plan Sederhana untuk Mahasiswa yang Mudah Dibuat.