,

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

by -0 views
Investasi untuk Anak Muda yang Menguntungkan, Ini Rekomendasinya
Investasi untuk Anak Muda yang Menguntungkan

Banyak orang yang berpikir investasi adalah salah satu cara terbaik untuk menyimpan harta kekayaan. Karena dengan investasi harta kekayaan bisa terus berkembang dan menghasilkan. Akan tetapi banyak orang yang tidak mengetahui apa itu investasi yang sebenarnya. Karena itu pada kesempatan ini kita akan membahas tentang pengertian investasi menurut para ahli.

Pengertian Investasi Secara Umum

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli
Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Sebelum membahas tentang pengertian investasi menurut para ahli, terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian investasi secara umum. Di dalam KBBI investasi diartikan sebagai penanaman modal ataupun uang di suatu proyek atau perusahaan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Dengan melakukan investasi kita tidak hanya menyimpan uang, akan tetapi hal itu bisa dijadikan modal untuk tujuan usaha di masa mendatang yang menguntungkan.

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Pengertian Investasi Menurut Para Ahli
Pengertian Investasi Menurut Para Ahli

Nah setelah kita mengetahui pengertian investasi secara umum, lalu bagaimana menurut para ahli? Untuk lebih jelasnya berikut beberapa pendapat dari para ahli terkait investasi:

  • Menurut Sophar Lumbantoruan

Sophar Lumbantoruan berpendapat bahwa pengertian investasi adalah penyertaan modal di sebuah perusahaan.

  • Menurut Mulyadi

Di dalam sebuah pendapatnya Mulyadi menjelaskan bahwa investasi adalah pengaitan sumber-sumber dalam jangka panjang agar bisa menghasilkan laba di masa depan.

  • Menurut Pendapat Sadono Sukirno

Pendapat Sadono Sukirno menerangkan bahwa arti investasi adalah pengeluaran atau bisa diartikan juga pembelanjaan penanaman modal atau perusahaan untuk membeli produk-produk modal serta perlengkapan produksi agar dapat menambah kemampuan produksi barang-barang atau jasa di dalam perekonomian.

  • Menurut Martono dan Agus Marjito

Dalam pendapatnya Martono dan Agus marjito menjelaskan bahwa investasi adalah penanaman dana atau modal yang dikerjakan oleh sebuah perusahaan tertentu ke dalam aset dengan tujuan mendapatkan penghasilan di masa mendatang.

  • Menurut Boediono

Boediono juga menjelaskan bahwa investasi adalah pengeluaran oleh swasta yaitu sektor produsen dalam pembelian barang dan jasa agar dapat menambah stok untuk perluasan pabrik atau digunakan.

  • Menurut Henry Simamora

Henry Simamora mengartikan investasi merupakan sebuah aktiva yang dipakai oleh perusahaan agar dapat menambah atau menumbuhkan kekayaan melalui distribusi hasil investasi. Distribusi hasil tersebut misalnya seperti deviden, royalti, adapun pendapatan sewa. Hal itu sebagai apresiasi nilai investasi atau manfaat lain untuk perusahaan yang melakukan investasi, seperti manfaat yang dimaksud sebab adanya hubungan dagang.

  • Menurut Tandelilin

Pada tahun 2010 Tandelilin berpendapat bahwa investasi adalah komitmen atas sejumlah dana ataupun sumber daya lain yang dikerjakan pada saat sekarang dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa mendatang.

  • Menurut Husnan

Investasi diartikan sebagai suatu rencana dalam hal menginvestasikan sumber-sumber, baik itu proyek kecil ataupun proyek yang besar untuk mendapatkan manfaat di masa mendatang.

  • Menurut Pendapat Budi Sutrisno dan Salim HS

Dalam pendapatnya Budi Sutrisno dan Salim HS mengartikan investasi merupakan aktivitas penanaman modal yang dilakukan oleh investor, baik itu asing maupun lokal, di berbagai jenis bidang usaha yang tersedia secara terbuka untuk investasi.

  • Menurut Sunariyah

Sunariyah berpendapat bahwa investasi adalah penanaman modal baik itu satu aktiva maupun lebih yang dimiliki dan biasanya memiliki jangka waktu relatif lama dengan harapan memperoleh keuntungan dimasa mendatang.

  • Menurut Nanga

Investasi didefinisikan sebagai tambahan bersih untuk stok kapital yang tersedia atau juga disebut akumulasi modal.

  • Menurut Malinda dan Martalena

Malinda dan Martalena juga berpendapat investasi adalah bentuk penundaan konsumsi di waktu sekarang dengan harapan mendapatkan konsumsi di masa mendatang. Di dalam penundaan tersebut terdapat resiko yang tidak pasti sehingga didalamnya terdapat kompensasi atas penundaan tersebut.

  • Menurut Jogiyanto

Investasi diartikan sebagai penundaan konsumsi di waktu saat ini agar bisa dimasukkan ke aktiva produktif di dalam waktu tertentu.

  • Menurut Kamaruddin

Investasi diartikan sebagai suatu tindakan untuk membeli surat penyertaan baik itu obligasi ataupun saham. Akan tetapi bisa juga diartikan sebagai tindakan untuk membeli produk-produk atau pemanfaatan biaya yang tersedia agar dapat digunakan untuk produksi dengan pendapatan di masa mendatang.

  • Menurut M Suparmoko

M Suparmoko berpendapat bahwa investasi adalah pengeluaran yang ditujukan agar dapat menambah atau mempertahankan capital stock (persediaan kapital).

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang pengertian investasi menurut para ahli. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda terkait dunia investasi. Baca juga pembahasan lain terkait 5 Alasan Mengapa Harus Segera Investasi Rumah, Jangan Ditunda!