,

Pengertian Saham Menurut Para Ahli serta Manfaat dan Resikonya

by -1 views
Pengertian Saham Menurut Para Ahli serta Manfaat dan Resikonya
Pengertian Saham Menurut Para Ahli serta Manfaat dan Resikonya

Ketika ingin bermain bisnis saham tentunya kita perlu mengetahui pengertian saham itu sendiri. Jangan sampai ketika membeli kita tidak mengerti sama sekali pengertian serta cara mengelola saham. Nah karena itu pada kesempatan ini kita akan membahas pengertian saham menurut para ahli serta apa saja keuntugan mempunyai saham.

Pengertian Saham Secara Umum

Pengertian Saham Menurut Para Ahli serta Manfaat dan Resikonya
Pengertian Saham Menurut Para Ahli serta Manfaat dan Resikonya

Sebelum kita membahas pengertian saham menurut para ahli, terlebih dahulu kita harus mengetahui arti saham secara umum. Saham adalah tanda kepemilikan ataupun penyertaan suatu badan usaha atau seseorang dalam perusahaan atau perusahaan terbatas.

Selain itu saham juga bisa diartikan sebagai alternatif lain untuk berinvestasi yang dapat memberikan keuntungan serta kerugian. Jika dibandingkan dengan jenis investasi lain, maka saham memiliki keuntungan dan kerugian yang lebih besar dalam jangka waktu panjang.

Pengertian Saham Menurut Ahlinya

Pengertian Saham Menurut Para Ahli serta Manfaat dan Resikonya
Pengertian Saham Menurut Para Ahli serta Manfaat dan Resikonya

Setelah mengetahui pengertian saham secara umum, lalu bagaimana pendapat para ahli terkait pengertian saham? Berikut informasinya untuk Anda:

  • Menurut Taufik Hidayat

Menurutnya saham adalah tanda penyertaan, kepemilikan ataupun andil sebuah organisasi maupun perorangan di dalam perusahaan tertentu.

  • Menurut Irham Fahmi

Dalam penjelasannya, Irham Fahmi memberikan pengertian bahwa saham adalah tanda bukti penyertaan kepemilikan dana atau modal di sebuah perusahaan yang didalamnya tercantum dengan jelas nama perusahaan, hak dan kewajiban serta nilai nominalnya.

  • Menurut Sri Hermuningsih

Hermuningsih menjelaskan bahwa saham adalah salah satu tanda penyertaan modal sebuah badan usaha ataupun seseorang di dalam perusahaan tertentu ataupun perseroan terbatas.

  • Menurut Istijanto

Saham adalah surat berharga yang merupakan bukti atau tanda kepemilikan badan usaha atau perorangan terhadap perusahaan. Maka dapat diartikan, investor yang mempunyai atau membeli saham berarti memiliki perusahaan tersebut.

  • Menurut Sunariyah

Menurut Sunariyah saham adalah surat berharga yang diterbitkan oleh perusahaan tertentu yang berbentuk emiten atau yang biasa disebut perseroan terbatas.

  • Menurut Bernstein

Dalam penjelasannya, Bernstein mengartikan saham adalah selembar kertas yang didalamnya menyatakan kepemilikan dari sebagian perusahaan.

  • Menurut Gitman

Gitman juga menjelaskan bahwa saham adalah bentuk paling sederhana dan murni dari kepemilikan perusahaan.

Manfaat Memiliki Saham

Nah setelah kita mengetahui pengertian saham secara jelas dari para ahlinya, berikut ini adalah manfaat dari kepemilikan saham. Apa saja? Simak informasinya berikut ini:

  • Capital Gain, ini diartikan sebagai keuntungan yang bisa didapat dari selisih harga saham saat normal. Maksudnya ketika membeli saham dengan harga normal, maka Anda dapat mendapatkan keuntungan ketika menjual saham tersebut dengan nilai harga yang lebih tinggi.
  • Dividen, yaitu keuntungan yang bisa didapatkan dari pembagian hasil perusahaan. Maksudnya Anda akan mendapatkan pembagian hasil jika perusahaan mendapatkan keuntungan dari jasa atau produk yang dijual.

Resiko Memiliki Saham

Selain manfaat dan keuntungan, tentu saham pun memiliki resiko serta kerugian yang bisa saja diperoleh oleh pemiliknya. Apa saja resiko tersebut? Berikut pembahasannya untuk anda:

  • Capital loss

Yaitu kehilangan modal, hal ini bisa terjadi jika harga jual saham tidak lebih besar dari harga saat membelinya.

  • Likuidasi

Yaitu jika perusahaan dilikuidasi pemegang saham tetap akan memperoleh haknya, namun sesudah aset perusahaan dipakai dahulu agar bisa melunasi kewajibannya.

  • Saham delisting

Saham delisting bisa terjadi sebab beberapa alasan, akibatnya saham akan dihapus dari bursa sehingga tidak dapat diperjualbelikan.

  • Tidak ada dividen

Dividen dari saham juga sewaktu-waktu bisa tidak diperoleh oleh pemiliknya. Hal itu bisa terjadi jika perusahaan penerbit memutuskan dalam rapat umum untuk menggunakan laba yang diperoleh agar bisa ekspansi usaha terlebih dahulu.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang pengertian saham menurut para ahli serta untung ruginya memiliki saham. Hal yang penting diperhitungkan ketika membeli saham adalah untuk memperhatikan saham tersebut bergerak dibidang apa. Pelajari juga bagaimana harga saham bisa berubah-ubah sewaktu-waktu agar Anda tidak merugi ketika membeli saham.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah wawasan kita terkait dunia saham. Silahkan share kepada teman dan keluarga Anda, baca juga artikel lain terkait 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham