,

4 Sosok Inspiratif Pengusaha Muda Sukses di Bidang Pertanian

by -10 views
Garap bermacam sayuran melahirkan pengusaha muda yang sukses
Garap bermacam sayuran melahirkan pengusaha muda yang sukses

Selain sebagai negara maritime, Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang berbasis pertanian. Dengan penduduk sekitar 260 juta jiwa, Indonesia membutuhkan pasokan produk pertanian sepanjang tahun. Untuk itulah, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berkomitmen melahirkan 2.5 juta pengusaha muda dari sektor pertanian selama 5 tahun pemerintahan Presiden Jokowi.

Syahrul Yasin percaya bahwa anak muda Indonesia memiliki kemampuan, usaha dan kredibilitas untuk menjadi agripreneur atau pengusaha bidang pertanian. Telah lahir banyak petani-petani muda yang sukses dan beromset ratusan juta rupiah per bulannya.

Berikut sosok pengusaha muda bidang pertanian yang telah meraih sukses.

Foto jeruk
Jeruk, komoditas pertanian yang selalu tinggi permintaannya

 

4 sosok inspiratif pengusaha muda bidang pertanian

 

Michael Jovan, mendobrak jaring pemasaran dengan TaniHub

Michael Jovan dan kawan-kawannya dari Business Information System BINUS International, mendirikan TaniHub di tahun 2016. Para pengusaha muda ini tergerak karena melihat tomat hasil panen hanya dihargai Rp 600/kg. Padahal, harga di pasaran bisa sampai 10 kali lipat. Ketimpangan harga yang sangat nyata ini dinikmati oleh para tengkulak dan pedagang, bukan petani.

Karena itu, TaniHub diluncurkan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani, dan juga membantu masyarakat membeli produk pertanian dengan mudah. Hingga kini, TaniHub sudah bekerja sama dengan 30.000 petani yang tergabung dalam hampir 1.000 kelompok tani.

 

Rizal Fahreza, pengusaha muda yang ingin mengembalikan kejayaan Jeruk Garut

Rizal Fahreza mulai berbisnis di bidang pertanian sejak tahun 2017. Dia membuka lahan kebun jeruk untuk dikunjungi masyarakat umum. Berlokasi di Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, pengunjung dapat memetik sendiri buah jeruk yang sudah matang. Kebun jeruk yang dia dirikan dengan nama Eptilu, mengusung konsep edukasi dan agrowisata.

Tidak hanya mengandalkan agrowisata, Rizal juga bermisi mengembalikan kejayan Jeruk Garut. Kini, Eptilu mampu mensuplai jeruk sebanyak 1,2 ton atau sekitar 400 dus jeruk per hari untuk Jakarta dan Bogor. Pasar yang ditarget pengusaha muda kelahiran Garut ini mencakup catering, koperasi karyawan, dan hotel bintang lima kawasan Jakarta dan Bogor.

 

Shofyan Adi Cahyono, sayur organik menembus pasar Singapura

Shofyan yang berasal dari Semarang telah memulai bisnisnya sejak tahun 2014. Dia berfokus pada sayur organik. P.O Sayur Organik Merbabu (SOM) yang didirikannya telah mampu menembus pasar Singapura, selain meladeni sejumlah daerah di Pulau Jawa hingga Kalimantan. Ada sekitar 50 jenis sayuran organik yang SOM sediakan.

Selain sebagai pengusaha muda, saat ini Shofyan juga menjalani profesi sebagai konsultan pertanian, fasilitator, dan asesor pertanian organik di Lembaga Sertifikasi Profesi Pertanian Organik (LSPPO) Jkarta.

 

Dodih, budidaya 70 jenis sayuran organik di Lembang

Dodih melakukan budidaya 70 jenis sayuran yang dipasarkan ke berbagai daerah seperti Bandung, Jakarta, Tasikmalaya, dan Padalarang. Sayuran yang dia produksi bersama kelompok taninya seperti paprika, cabai, kol, terung, buncis, tomat, kentang, ubi, kabocha dan masih banyak lagi. Baby buncis Kenya bahkan sudah menembus pasar Singapura.

Untuk memperluas cakupan pemasaran, pengusaha muda ini merintis situs jualsayuran.com untuk mempermudah konsumen membeli produk pertanian secara online. Saat ini, situs mereka baru melayani daerah Bandung, namun akan merambah daerah-daerah lainnya.

 

Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pertanian, selalu mendukung setiap usaha pebisnis muda dalam bidang pertanian. Kementan berharap generasi milenial tertarik untuk ikut meraih sukses sebagai pengusaha di bidang pertanian.

Dipadukan dengan teknologi, pertanian di Indonesia mulai merambah dunia digital. Menjadi pengusaha muda di bidang pertanian tidak berarti hanya menjadi petani, namun juga bisa menggarap potensi bisnis di bidang pemasaran seperti TaniHub.

Dengan kata lain, jika kamu tidak punya lahan untuk bertani, kamu pun bisa menjadi pengusaha agrobisnis. Gali ide seputar pertanian, dan kamu akan meraih sukses sebagai pengusaha muda seperti Michael Jovan dan kawan-kawan. Atau masih mencari ide lain? Kamu bisa simak kisah sukses para pengusaha muda karena minyak jelantah.