,

Strategi Pemasaran Instagram untuk Menaikan Omset Bisnis Kuliner

by -13 views
Post on Instagram
Post on Instagram

Makin hari pengguna Instagram tumbuh semakin besar, tentu ini bisa dijadikan tempat untuk pemasaran produk yang Anda miliki. Sebagai pengusaha muda Anda harus memanfaatkan kesempatan ini agar bisa meningkatkan omset bisnis. Banyak cerita sukses orang-orang yang menggunakan Instagram sebagai sarana pemasaran.

Namun yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana cara memaksimalkan Instagram untuk kemajuan bisnis? Semua orang juga bertanya seperti itu, karenanya pada pembahasan kali ini kita akan mengulas teknik pemasaran menggunakan Instagram. Simak pembahasan berikut ini:

Membuat Komunitas Kuliner dengan Hashtag

hashtag
Ilustrasi hashtag

Cara pertama yang gratis dan simpel dalam menjadikan Instagram sebagai media pemasaran adalah menggunakan hashtag. Hashtag berguna untuk membuat komunitas tertentu agar produk atau bisnis Anda mudah ditemukan.

Misalnya kita sedang mempromosikan usaha kuliner, untuk membuat komunitas tentunya kita harus mencari tahu apa yang sesuai dengan bisnis tersebut. Anda bisa menggunakan hashtag #kuliner #minuman #food atau lain sebagainya yang berkaitan dengan hal itu.

Pengusaha Muda Bekerjasama dengan Influencer

Influencer 
Influencer

Influencer adalah orang yang memiliki pengaruh besar di media sosial, ini bisa Anda manfaatkan untuk bekerjasama mempromosikan bisnis yang dikelola. Akan tetapi, terlebih dahulu Anda harus mengidentifikasi influencer yang relevan. Jika Anda punya bisnis kuliner, maka carilah influencer yang membahas tentang kuliner.

Dengan bekerja sama dengan influencer akan memberikan dampak besar terhadap bisnis Anda. Akan ada banyak orang yang melihat bisnis atau usaha yang sedang Anda kembangkan. Walaupun Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, akan tetapi itu sebanding dengan feedback yang bisa didapatkan.

Membuat Caption yang Menarik

Caption
Ilustrasi Caption

Instagram bukan hanya visual, hal yang juga akan membuat orang tertarik adalah caption. Usahakan di setiap foto yang Anda posting menggunakan caption untuk mengajak followers Anda berinteraksi. Atau setidaknya Anda membuat sedikit candaan agar orang memberikan komentar di foto yang Anda posting.

Tetapi ingat, caption harus relevan dengan konten visualnya. Dengan adanya caption maka Anda dapat memperluas maksud  gambar serta menjelaskan konteksnya. Caption juga bisa menggunakan emoji untuk memberikan perasaan sesuai yang diinginkan.

Pengusaha Muda Harus Memaksimalkan Fungsi Instagram Story

Instagram Story - pengusaha muda
Ilustrasi Instagram Story – pengusaha muda

Fitur yang bisa Anda manfaatkan di Instagram bukan hanya post beranda, tetapi juga Instagram story. Dalam sehari ada sekitar 250 juta orang menggunakannya, tentu ini sangat potensial untuk menjadi sarana promosi. Anda bisa memberikan penawaran khusus kepada followers dengan Instagram story.

Atau juga Anda bisa melakukan interaksi dua arah agar followers merasa lebih dekat dengan bisnis yang Anda kelola. Tentu interaksi yang dekat akan membuat bisnis Anda semakin dipercaya.

Membentuk Engagement dengan Interaksi

communication
Ilustrasi communication

Instagram juga bisa digunakan untuk membentuk engagement dengan pelanggan Anda. Jika engagement telah terbentuk maka Anda akan mudah mendapatkan pembeli. Jika kita lihat biasanya admin media sosial akan melakukan interaksi di kolom komentar atau DM. Dengan trik ini maka pengguna akan merasa lebih dihargai dan dikenal secara khusus.

Instagram bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai strategi pemasaran. Diharapkan dengan upaya ini Anda mampu memperluas pasar penjualan hingga ke seluruh pelosok nusantara.

Demikianlah pembahasan tentang strategi pemasaran menggunakan Instagram untuk pengusaha muda. Selain yang telah disebutkan diatas, masih banyak lagi fitur Instagram yang bisa dimanfaatkan. Anda bisa mempelajari lebih dalam terkait pemasaran ini di berbagai artikel dan forum internet.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam peningkatan brand aware. Baca juga artikel terkait 5 Tanda Jika Anda Bisa Menjadi Pengusaha Muda Sukses