Pengusaha Muda Sukses? Begini Rahasianya

by -20 views
membuka usaha anda
ilustrasi membuka usaha

Beberapa tahun belakangan ini terjadi fenomena startup di Indonesia, muncul puluhan bahkan ratusan perusahaan yang mencoba peruntungannya di industri startup Indonesia. Tidak semua dari mereka yang bisa bertahan sebab persaingan yang semakin ketat setiap harinya.

Namun, tidak sedikit pula dari mereka yang bisa menuai kesuksesan yang besar bahkan sebagian dari pengusaha startup adalah pengusaha muda sukses yang usianya masih cenderung belia.

Banyak dari kita yang berpikir bahwa mereka hanyalah orang yang beruntung saja memulai sebuah usaha di waktu yang tepat. Namun, jika semua hanya ditentukan faktor keberuntungan saya yakin tidak akan ada orang yang gagal di dunia ini. Banyak sekali kisah perjuangan yang tidak mudah jika kita membaca kisah mereka yang dituliskan di biografi masing-masing pendiri startup Indonesia.

Tidak sedikit dari mereka yang bahkan membagikan cara sukses di usia muda pada buku atau situs yang bisa kita baca. Jatuh bangun adalah hal yang pasti dihadapi dalam membangun sebuah usaha, apalagi jika kita berangkat dari seorang yang tidak bermodal uang atau hanya bermodalkan ide saja. Nah, apa saja cara sukses usia muda yang pernah dibagikan oleh para orang sukses? Mari kita simak tips berikut ini.

1. Mempunyai Ide Yang Segar dan Menjual

ide bisnis yang cemerlang
ilustrasi ide

Tidak dapat kita pungkiri bahwa memulai sebuah bisnis harus mempunya modal paling dasar yaitu ide. Namun, bukan sembarang ide tersebut dapat dijadikan sebuah bisnis yang sukses. Ide tersebut harus segar dan menjual agar dapat menarik perhatian investor maupun calon konsumen Anda.

Apalagi jika Anda menjadi orang pertama yang berhasil mendapat ide suatu bisnis yang benar-benar unik, Anda sudah memiliki satu modal yang luar biasa karena nilai dari sebuah ide sangatlah penting dan menjadi pondasi dasar suatu bisnis.

2. Mempunyai Tekad dan Semangat menjadi pengusaha muda sukses

semangat seorang pria dalam mencapai tujuan
ilustrasi semangat

Ketika kita melakukan segala sesuatu bukan hanya bisnis saja tentu kita harus memiliki tekad dan semangat terlebih dahulu, setelah di dukung oleh ide yang segar dan menjual sisanya adalah bagaimana kita akan mengeksekusi ide tersebut menjadi sebuah aksi yang nyata untuk memulai bisnis. Pentingnya tekad dalam memulai suatu bisnis adalah agar kita tidak mudah menyerah ketika mendapat suatu tantangan selama perjalanan memulainya.

Ketika Anda mempunyai tekad yang jelas dan kuat seberat apapun tantangan didepan pasti mampu kita hadapi dengan mudah. Selanjutnya adalah semangat, dengan semangat yang nyata dan besar kita akan mampu melakukan segala sesuatu dengan kekuatan penuh yang kita miliki dan pada akhirnya akan berdampak pada hasil yang akan kita dapat.

3. Konsistensi Pada Rencana dan Tujual Awal

menentukan dan fokus pada target
ilustrasi fokus dan target

Tidak ada cara instan untuk menjadi pengusaha muda sukses, banyak sekali pengusaha muda yang memulai sebuah usaha baik itu startup maupun usaha konvensional dengan modal yang besar, ide yang segar, dan tekat semangat yang kuat. Namun masih tetap saja banyak dari antara mereka yang gagal dalam menjalankan bisnisnya hingga mencapai kesuksesan di puncak. Usut punya usut ternyata banyak diantara mereka yang tidak konsisten pada rencana dan tujuan awal pembangunan usaha,

ketika mereka memulai satu usaha dan melihat peluang lain yang lebih menarik kemudian mereka pindah fokus sehingga pikiran terbagi menjadi dua. Tentu saja hal tersebut tidak baik bagi perkembangan usaha yang sudah lebih dulu dirintisnya dan pada akhirnya tidak akan maksimal hasil yang akan dicapai.

4. Berdoa dan Inovasi Secara Konsisten

seorang pria sedang berdoa
ilustrasi berdoa dari Pexels.com

Ada juga pepatah yang mengatakan “manusia berusaha namun Tuhanlah yang menetukan”. Hal tersebut 100% benar karena bagi kita manusia memohon berkah dan pertolongan Tuhan sangatlah penting dalam menjadi pengusaha muda sukses yaitu dengan cara berdoa untuk meminta pendampingan. Setelah itu kita harus selalu konsisten dalam melakukan inovasi agar konsumen tidak merasa bosan dengan apa yang kita tawarkan.

Inovasi tidak harus selalu hal yang benar-benar baru kadang bisa juga dalam bentuk polesan pada produk yang kita tawarkan agar terkesan mempunyai nuansa baru. Dalam ilmu pemasaran dikatakan bahkan inovasi diperlukan untuk mempertahankan eksistensi usaha yang kita bangun ditengah masyarakat sebab tanpa inovasi maka produk yang kita tawarkan akan segera memasuki masa decline atau penolakan.

Diatas adalah beberapa cara sukses di usia muda yang diyakini sebagai kunci agar usaha dapat berjalan dengan baik dan menjadi seorang pengusaha muda sukses. Jika Anda saat ini adalah seorang mahasiswa yang ingin memulai usaha atau bahkan seorang pelajar janganlah takut untuk memulai. Karena sejatinya hal tersulit dalam membangun bisnis adalah waktu memulainya, jika Anda saat ini sudah berani memutuskan untuk berbisnis maka Anda sudah satu langkap didepan dibangdingkan orang-orang diluar sana.

Tetaplah semangat dan berusaha serta tekun menjalankan apa yang telah Anda mulai dan teruskan mencari informasi ter-uptodate di situs InfoBiznis.com agar selalu mendapat ide maupun informasi terkait dunia bisnis yang sedang berkembang saat ini.