,

7 Pengusaha Muda Sukses Dengan Modal Kecil Bahkan 0 Rupiah!

by -46 views
Kisah Sukses Pengusaha Modal Sedikit
Kisah sukses pengusaha muda

Saat memulai usaha, banyak calon wirausahawan yang terbentur pada masalah permodalan. Memang, jika kita melihat bisnis yang sukses, punya cabang di mana-mana, dan beromset ratusan juta rupiah per bulan, pasti kita berpikir modal yang dibutuhkan sangat besar. Padahal, bisa jadi usaha yang kini tampak mentereng, dahulu dimulai di rumah dengan modal sedikit, contohnya 7 pengusaha muda sukses yang akan kita simak di tulisan ini.

Modal pas-pasan seharusnya tidak menjadi penghalang bagi kita untuk memulai usaha. Jadikan itu sebagai pecutan agar kita berusaha lebih keras lagi.

Kita harus memutar otak untuk mencari jalan dan ide usaha. Kreatif dan pantang menyerah adalah kunci.

Menjadi pengusaha sukses ibarat bermain catur
Menjadi pengusaha sukses seperti bermain catur, harus punya strategi yang ciamik

 

7 Pengusaha Muda Sukses Dengan Modal Kecil

 

Berikut kisah 7 pengusaha muda sukses sebagai inspirasi Anda dalam berbisnis.

  1. Iqbal Jabbar, Keju-in nasi bento

Kisah perjalanan Iqbal Jabbar menuju sosok pengusaha muda yang sukses bagai roller coaster yang naik turun. Sampai pada suatu saat dia hanya memiliki uang Rp. 150,000 ditambah sisa baju dagangan yang belum terjual. Akhirnya dia memilih bisnis kuliner dengan brang “Keju-in” yaitu nasi bento dengan tambahan keju mozzarella. Kini Keju-in berkembang menyajikan menu serba keju  dengan omset di tahun 2018 sudah mencapai miliaran per tahun.

  1. Yolanda Nurul Iyazha, mengabstrakkan fashion

Yolanda adalah sumber inspirasi bagi mereka yang tidak memiliki modal tapi ingin berbisnis. Dengan memanfaatkan barang-barang bekas di rumah, Yolanda memulai bisnisnya di usia 19 tahun. Baju bekas dia sulap menjadi lebih menarik dengan tampilan baru bagai lukisan abstrak. Akhirnya Yolanda fokus menggarap bisnis pakaian dengan konsep lukis abstrak. Berbagai kreasi produk baru terus dia luncurkan hingga menapai omset 30 juta rupiah per bulan di tahun 2018.

  1. Intan Kusuma Fauzia dan Atina Maulia, bisnis jilbab bermodal nol

Kakak beradik ini adalah contoh pengusaha muda sukses bermodal nol rupiah. Intan Kusuma Fauzia bersama adiknya, Atina Maulia mulanya hanya berjualan jilbab untuk mengisi waktu luang. Di tahun 2012, saat Atina masih berusia 18 tahun, mereka memulai bisnis jilbab dengan mengambil barang dari pusat grosir. Sistem pre-order membuat mereka nyaris tidak membutuhkan modal, karena barang baru dibeli dari pemasok setelah pembeli membayar pesanan. Sekarang, brand Vanilla Hijab sudah terkenal di pasar khususnya di Instagram, dan mereka memproduksi sendiri jilbab hingga 6,000 potong sebulannya.

  1. Winda Victoria, bisnis hijab bermodal nol

Seperti kakak beradik Intan dan Atina, Winda juga memulai bisnis hijab tanpa modal dengan menggunakan sistem pre-order.  Dari keuntungan awal, Winda terus meningkatkan bisnis hingga bisa berkembang. Brand Callanda Hijab dibangunnya melalui media sosial. Kini, setiap ia merilis produk baru, pesanan yang masuk bisa 300-400 pieces. Baginya, tidak mempunyai modal bukan halangan selama kita memiliki tekad kuat. Sebagai pengusaha muda yang sukses, Winda terus berinovasi dan mengikuti perkembangan pasar agar produknya selalu berhasil diterima masyarakat.

  1. Abi Rafli Syarif, jual jam tangan demi modal usaha

Demi membuka gerai pisang cokelat (piscok), Abi menjual jam tangannya seharga 500 ribu rupiah pada tahun 2017. Melalui media sosial Abi memasarkan Piscok Super dan mengerjakan segala sesuatunya sendiri, mulai dari produksi hingga menjadi kurir. Di tahun 2019, Abi telah memiliki 20 gerai. Berawal dari Makassar, Abi berhasil ekspansi hingga Ibu Kota Jakarta. Usahanya semakin cemerlang setelah ia menjadi mitra Grabfood.

  1. Rulli Nur Handoko, kisah anak jalanan

Sempat menjadi anak jalanan, Rulli membuka usaha kecil-kecilan di rumahnya. Sablon kaos ia mulai dengan modal hanya Rp. 60.000. Meski mulai ramai pesanan, usahanya tidak selancar yang ia inginkan karena rumah mulai bau cat sablon dan orang tua mulai protes. Berpindah-pindah tempat, bahkan sampai ke Bali meski akhirnya pulang lagi ke Yogyakarta, di tahun 2017 usaha Rulli akhirnya memiliki 17 karyawan dan menerima ribuan pesanan kaus.

  1. Filsa Budi Ambia, pengusaha muda sukses yang pantang menyerah

Peyek Kepiting Kampoeng Timoer
Peyek Kepiting Kampoeng Timoer (Sumber: FB Fanpage Kampoeng Timoer)

Saat berada di titik terbawah kehidupan, Filsa tidak menyerah. Meskipun berbagai usaha yang dia coba mengalami kegagalan, akhirnya Filsa menemukan titik terang. Dari Balikpapan, ia memutuskan untuk berjualan peyek kepiting dengan modal hanya 75 ribu rupiah. Ternyata peyek jualannya laris terjual dengan keuntungan 100%! Filsa mulai bangkit dan menjadi pengusaha muda sukses, dengan produk utama peyek kepiting dan merek andalan Kampoeng Timoer. Produk peyek kepiting Filsa bahkan telah menjadi oleh-oleh wajib jika Anda berkunjung ke Kalimantan Timur.

 

Kisah ketujuh pengusaha muda sukses ini bisa menjadi motivasi bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan modal minim. Yang terpenting adalah kemauan. Seperti kata pepatah: ada kemauan, ada jalan. Modal kecil bahkan tanpa modal pun bisa membuahkan kesuksesan, asalkan kita selalu berusaha dan pantang menyerah. Simak artikel yang ini jika Anda ingin tahu rahasia menjadi pengusaha muda yang sukses!