,

Pentingnya Personal Branding Bagi Pengusaha Muda

by -11 views
Personal Branding

Personal branding merupakan sebuah istilah yang merujuk pada bagaimana kita memperkenalkan diri pada publik atau khalayak umum. Artinya, melalui personal branding ini orang-orang akan mengenalmu dan mengetahui siapa kamu sebenarnya. Lewat image yang kamu bentuk pada orang-orang awam.

Contoh cerita, Andy adalah seorang pemilik usaha Kopi Memori. Karena kesuksesannya yang menjulang tinggi, ia sering diundang menghadiri workshop atau seminar tentang pengembangan diri dan menjadi seorang narasumber pengisi acara mengenai perjalanan kisah suksesnya.

Nah, dari sini orang-orang mengenali Andy. Mereka tahu bahwa Andy adalah seorang pengusaha dan brand Kopi Memori adalah miliknya. Ketika orang-orang menyebut kata Kopi Memori pun yang terlintas di pikiran pertama kali adalah nama Andy pun begitu sebaliknya. Artinya personal branding yang dibangun oleh Andy pun sukses menjangkau orang-orang.

Gak Cuma itu, personal branding juga bisa dibangun dari cara berpenampilan secara fisik, karakter hingga kepribadianmu dalam keseharian. Maka dari itu, sama-sama membangun personal branding, buatlah sesuatu yang positif.

Lantas, apa sih pentingnya personal branding bagi mereka yang masih dalam masa perintisan bisnisnya terutama bagi para pengusaha muda? Pada artikel kali ini, InfoBiznis akan memberitahumu mengenai pentingnya peran memasarkan diri ke publik. Penasaran, kan? Simak lengkap artikel berikut!

Pentingnya Pesonal Branding Bagi Pengusaha Muda

Personal Branding
Foto: Pxhere

1. Memudahkan orang-orang mengenalimu lewat image yang kamu tunjukkan

Seperti contoh cerita Andy di atas, orang-orang akan lebih mudah mengenalimu ketika kamu melakukan hal-hal yang berkesan bagi mereka. Entah itu kesan baik atau buruk. Orang-orang tetap akan memiliki impresinya tersendiri saat pertama kali melihatmu.

Nah, untuk menjadi pengusaha muda yang baik. Pastikan kamu selalu menciptakan persona yang baik dan berkesan bagi semua orang. Jangan sampai kesan burukmu di depan umum malah membuat bisnismu kurang diminati atau tidak disukai masyarakat.

2. Mempermudahmu dalam memperluas jaringan atau networking

Semakin baik personal branding yang kamu ciptakan. Semakin luas juga jaringan yang akan kamu dapat. Terlebih dengan usaha atau bisnismu yang semakin berkembang. Hal ini akan memudahkanmu dalam menjangkau networking yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan. Kamu pun juga akan lebih mudah mendapatkan tawaran kerja sama seperti pembuatan franchise atau suntikan dana dari investor.

3. Memudahkan bisnismu mendapat pelanggan

Seperti yang telah disinggung pada poin pertama. Personal branding sosok pengusaha di balik sebuah bisnis juga menjadi salah satu faktor sukses atau tidaknya sebuah bisnis.

Image yang kuat dari pendirinya akan membuat pembeli tak lagi ragu soal kualitas produk yang ditawarkan.

Misalnya, jika kamu berbisnis produk skincare. Mengingat saat ini ada banyak sekali orang-orang tak bertanggungjawab yang membuat produk skincare abal-abal. Maka dengan hadirnya produkmu dan berasal dari sosok yang memiliki personal branding baik atau positif, maka orang-orang pun tidak akan meragukannya lagi. Di sinilah peran personal branding bekerja.

4. Memudahkanmu meraup keuntungan lebih banyak

Pelanggan yang ramai berdatangan tentu akan meningkatkan jumlah penjualan produkmu. Keuntungan yang akan kamu dapat juga lebih banyak. Jika bisnismu ramai dan diminati oleh banyak orang, tak jarang hal ini akan mengundang minat orang-orang untuk mengikuti berbisnis sepertimu. Kamu pun bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan membuka peluang waralaba atau franchise.

Pelaku investor pun juga mungkin akan melirik bisnismu yang dianggap potensial. Mereka tak sungkan untuk menanamkan modalnya dan mengembangkan bisnismu lebih besar.

Kesimpulan

Nah, meski kecil namun nyatanya personal branding menjadi salah satu yang berperan penting dalam kemajuan sebuah bisnis atau usaha. Bagi kamu yang pengusaha muda yang masih awam dalam hal ini. Tak ada salahnya untuk mulai membentuk karakter serta kepribadian dari bisnis serta personamu.

Branding yang kuat serta mudah dikenali akan membawa lebih banyak keuntungan bagi bisnis yang tengah kamu rintis. Ada begitu banyak bukti bahwa personal branding ini menjadi faktor pendongkrak kesuksesan sebuah bisnis. Sebut saja Yasa Singgih dengan brand-nya Men’s Republic, lalu ada juga Rico Huang dengan Alona Gadget miliknya hingga Bong Chandra sebagai seorang motivator sekaligus pengusaha properti.

Sekarang giliranmu untuk membangun citra serta branding-mu sendiri. Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat!