,

Pernah Mendengar Investasi Palladium, Menguntungkan kah?

by -4 views
Logam Mulia Palladium
Logam Mulia Palladium

Biasanya kita sering mendengar emas dan perak sebagai instrumen investasi. Namun faktanya masih ada instrumen investasi lain berupa logam mulia, salah satunya adalah investasi palladium. Akan tetapi yang menjadi pertanyaan adalah, apakah investasi palladium menguntungkan?

Tidak banyak yang tahu dan mengerti terkait logam mulia palladium ini. Karena itulah pada kesempatan ini kita akan membahas lebih dalam tentang palladium. Silahkan simak informasi berikut ini:

Apa Itu Palladium?

Investasi Palladium
Investasi Palladium

Palladium merupakan unsur kimia berupa logam langka yang berwarna putih berkilau dan sedikit keperakan. Palladium ditemukan oleh William Hyde Wollaston pada tahun 1803. Palladium dikategorikan sebagai logam mulia karena tahan dari korosi serta oksidasi.

Sebenarnya dalam kerak bumi ada 10 elemen langka, dan salah satunya adalah palladium. Palladium diperkirakan hanya ada sekitar 0,000000000005% di dalam dasar bumi. Itu artinya, elemen ini sangat langka dan menjadikannya berharga seperti halnya emas.

Dan faktanya, emas putih yang biasa kita lihat adalah campuran palladium dan emas murni. Campuran antara palladium dan emas akan membuat elemen yang lebih lentur dibandingkan campuran emas dengan logam lainnya.

Mengapa Logam Mulia Palladium Sangat Mahal?

Investasi Palladium
Investasi Palladium

Pernahkah anda tahu jika harga palladium mencapai angka US$ 2.515,55 per ons troi pada tahun 2020 ini? Angka tersebut tentunya sangat mahal, faktor utama yang menjadikan palladium mahal adalah karena ketersediaannya yang sangat sedikit.

Logam palladium yang siap pakai terus menipis, dengan begitu harga beli pun melambung tinggi. Sebenarnya lonjakan harga ini sudah dimulai pada akhir 2018 lalu, hingga 6 Januari 2020 perdagangan palladium di tutup di atas angka US$ 2.000 per ons troi.

Harga palladium tentunya menjadi yang paling mahal dibanding logam mulia lainya seperti emas, perak dan platina. Bagaimana, apakah tertarik investasi palladium?

Kelebihan Palladium

Logam Mulia
Investasi Palladium

Pastinya palladium mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan logam mulia seperti emas, platina dan perak. Apa saja kelebihan palladium? Simak informasinya berikut:

1. Palladium Sangat Kokoh dan Kuat

Dibandingkan emas, palladium mempunyai sifat yang lebih kuat dan kokoh. Karena itulah banyak orang menjadikan palladium sebagai bahan untuk pembuatan cincin nikah menggantikan emas.. Walaupun sebenarnya tidak sekokoh logam mulia platina.

2. Tampilan Palladium Lebih Anggun

Warna cincin paladiium adalh putih namun tetap lebut dan sangat anggun ketika dipakai. Bahan warna putih yang berkilau tersebut tidak perlu lagi dilapisi oleh logam rhodium. Warna kilaunya terlihat alami serta tidak mudah pudar.

3. Palladium Tidak Menimbulkan Alergi

Palladium adalah jenis logam yang tidak dicampur dengan nikel sehingga tidak menimbulkan alergi. Karena memang ada orang yang alergi terhadap logam nikel baik itu gatal atau gejala alergi lainnya. Sebab itu palladium sangat cocok untuk dijadikan perhiasan.

Kekurangan Palladium

Investasi Palladium
Investasi Palladium

Selain kelebihan, ternyata palladium juga mempunyai kekurang tersendiri. Apa saja kekurangannya? Berikut informasinya untuk anda:

1. Palladium Sulit untuk Dijual Kembali

Salah satu faktor mengapa palladium sulit untuk dijual kembali adalah karena harganya yang sangat mahal. Tidak semua toko perhiasan menerima paladium untuk dijual kembali. Akan tetapi anda tetap bisa menjual palladium hanya saja perlu tenaga ekstra mencari tempat penjualan palladium tersebut.

Karena faktor itulah harga palladium di pasaran terus meroket. Permintaan palladium di pasaran terus meningkat sedangkan ketersedian palladium siap pakai sangat terbatas.

2. Sulit Membuat Perhiasan dari Palladium

Palladium sangat susah untuk dibentuk menjadi perhiasan kerena memang sifatnya sangat sangat kokoh. Jika dibandingkan emas, palladium cukup sulit dibentuk sesuai dengan keinginan. Karena itu palladium biasanya dibuat dengan bentuk yang simpel seperti halnya cincin.

Untuk anda yang memang menginginkan palladium dibentuk sedemikian rupa, rasanya hal itu sulit diwujudkan.

Kesimpulan

Demikianlah informasi tentang peluang investasi palladium. Walaupun pada dasarnya kita bisa mengambil kesimpulan jika investasi palladium tidak bisa mengalahkan emas karena keterbatasan pasar pembeli. Nah, jika anda memang menginginkan keuntungan, ada baiknya memilih jenis investasi logam mulia lainnya seperti emas ataupun perak.

Terima kasih telah membaca pembahasannya ini dan baca juga artikel lain terkait Apakah Investasi Perak Lebih Menguntungkan Daripada Emas?