, ,

Persiapan Bisnis Jual Beli Mobil Agar Bikin Untung

by -3 views
Persiapan bisnis
Persiapan bisnis

Banyak jenis bisnis yang bisa kamu lakukan mulai dari modal besar sampai kecil. Namun dari semua itu persiapan bisnis adalah yang utama. Berapapun besar modalmu pastinya akan menguntungkan jika persiapannya matang.

Salah satu jenis bisnis yang kerap dilakukan oleh pengusaha muda adalah franchise bengkel mobil. Bisa dibilang saat ini kebutuhan mengenai kendaraan meningkat di kota-kota besar. Akhirnya bisnis jual beli mobil menjadi ladang menjanjikan. Mungkin kamu tertarik menjadi pengusaha muda di bidang ini.

Sebelum menjalankannya, sebaiknya kamu paham terlebih dahulu persiapan bisnis yang perlu dilakukan. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mempertimbangkan banyak. Mulai dari modal sampai strategi bisnis bisa kamu tentukan dari sekarang.

persiapan bisnis
persiapan bisnis

1.Tentukan lokasi yang strategis

Pastinya untuk bisnis jual beli mobil kamu membutuhkan lokasi yang cukup besar karena kamu harus memajang mobil bekas yang akan dijual. Namun bukan berarti kamu harus mendirikan showroom besar seperti milik dealer ternama. Hanya saja kamu perlu memastikan lokasinya strategis.

Persiapan bisnis yang cukup berpengaruh adalah pemilihan lokasi. Maka, banyak pengusaha muda di bisnis ini mencari lahan di dekat jalan raya. Pastinya ketika banyak orang melintas, tentu akan semakin banyak orang yang tahu keberadaan usahamu.

Kamu juga bisa menyewa kios di sentral jual beli mobil. Cara ini memang mudah karena sudah pasti akan banyak orang berkunjung. Hanya saja kamu perlu mempertimbangan soal persaingan. Sebab kamu akan bergabung dengan puluhan pedagang lain.

Persiapan bisnis
Persiapan bisnis

2.Riset mengenai mobil bekas yang laku di pasaran

Persiapan bisnis berikutnya adalah riset mengenai kondisi pasar. Sebagai calon pengusaha muda, kamu harus tahu tren mobil yang memang laku di pasaran. Pastinya ketika stok mobil yang kamu punya laku di pasaran, orang akan sering bertanya dan membelinya.

Kamu bisa bertanya dengan para pemain lama atau coba melihat review mengenai mobil tersebut. Jika memang mobil tersebut banyak diminati, jangan ragu untuk mengambilnya. Kamu bisa menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Pemilihan mobil menjadi penting dalam bisnis jual beli mobil. Jangan sampai kamu membeli mobil yang usianya terlalu lama. Calon pembelinya akan berpikir dua kali karena perawatannya yang mungkin terlalu sulit. Selain itu, design dan teknologi mobilnya juga sudah ketinggalan.

Jika salah membeli mobil bisa jadi kamu akan sulit menjualnya kembali. Hal ini perlu dihindari terutama bagi kamu yang tak punya modal banyak. Ketika mobil terlalu lama untuk laku dijual, kamu tidak akan mendapatkan uang untuk membeli mobil yang lainnya.

Persiapan bisnis
Persiapan bisnis

3.Hindari membeli mobil dari tangan kedua atau ketiga

Bisnis jual beli mobil terkadang dibuat sulit dengan adanya makelar. Ketika kamu mendapatkan mobil bukan langsung dari pembelinya tentu kamu jadi tidak bisa memastikan kondisinya mobil tersebut. Dengan begitu, kamu bisa menganalisis harga mobilnya dengan lebih tepat.

Persiapan bisnis
Persiapan bisnis

4.Siapkan tenaga untuk mempercantik mobil

Salah satu cara menaikkan harga jual mobil bekas adalah mempercantik kondisi mobil. Dibanding kamu harus membawa ke bengkel lain, lebih baik siapkan saja tenaga untuk mengerjakan mobil tersebut. Ini adalah salah satu persiapan bisnis jangka panjang.

Ketika ada orang yang membantu kamu untuk mempercantik mobil tentu kamu bisa menjualnya kembali dengan cepat. Bahkan, kamu bisa menawarkan kepada orang lain mengenai jasa mempercantik mobil sebelum dijual.

Tak hanya soal perbaikan mesin, kamu juga perlu menyiapkan tenaga yang dapat mempercantik bagian luar. Kamu juga perlu menutupi sedikit cacat dari mobil tersebut. Dengan begitu harga jualnya bisa lebih tinggi dan kamu jadi dapat untung!

Persiapan bisnis
Persiapan bisnis

5,Cek surat kelengkapan

Sebagai pemain baru di bisnis jual beli mobil, alangkah baiknya kamu lebih teliti. Jangan sampai kamu menjual mobil yang tidak legal kepada konsumen. Hal ini dapat mencoreng nama baik dan bisnis yang sedang kamu lakukan.

Cek secara lengkap surat-surat yang diberikan dan pastikan tidak kurang satupun. Surat-surat yang harus dilengkapi antara lain STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan serta BPKP atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Jika sudah lengkap barulah kamu bisa membelinya.

Wah ternyata banyak persiapan bisnis yang harus kamu pikirkan ya. Kesuksesan bisnis memang ditentukan dari bagaimana persiapannya. Jadi jangan hanya mengejar ingin cepat untung tanpa melakukan persiapan yang matang.