,

Bikin Podcast Yuk! Peluang Usaha yang Cocok Untuk Mahasiswa

by -8 views
Foto microphone untuk podcast, usaha yang cocok untuk mahasiswa
Microphone untuk podcast, usaha yang cocok untuk mahasiswa

Buat kamu para mahasiswa, jangan ketinggalan trend yang satu ini: podcast. Podcast mirip dengan radio namun ada perbedaan mendasar: radio sifatnya siaran langsung, sedangkan podcast bisa kita dengar kapan saja kita mau. Tulisan ini akan menggali potensi usaha yang cocok untuk mahasiswa yaitu bikin podcast.

Meskipun terlambat dari negara asal podcast yaitu Amerika yang mulai mengenal podcast sejak 2004. Di Amerika, podcast mulai booming tahun 2014 dan di Indonesia belakangan ini trend pencarian ‘podcast’ di Google Indonesia semakin naik.

Data menunjukkan, di tahun 2020 ini ada 850,000 podcast yang aktif dengan lebih dari 30 juta episode dalam 100 bahasa. Di Indonesia sendiri, pengguna Spotify yang mendengarkan podcast setiap bulan sekarang mencapai lebih dari 20%. Dalam setahun terakhir, jumlah jam untuk mendengar podcast pun naik 10 kali lipat.

Angka-angka tersebut menunjukkan podcast adalah usaha yang menjanjikan, termasuk untuk mahasiswa.

Sebagai mahasiswa, jangan ketinggalan mengikuti trend ini. Apalagi jika kamu sedang mencari ide untuk berusaha online. Menjadi podcaster, bisa jadi alternatif.

 

5 fakta tentang podcast

 

1. Bisa didengarkan kapan saja dan di mana saja

Foto orang mendengarkan podcast
Mendengarkan podcast bisa dari mana saja dan kapan saja

Podcast menarik minat banyak orang karena untuk menikmatinya, dibutuhkan usaha yang minim. Kamu bisa mendengarkan podcast di mana saja, kapan saja, saat berkegiatan apa saja. Entah itu sedang dalam perjalanan, atau stay at home seperti belakangan ini, orang bisa mencari konten yang menarik untuk menemani mereka berkegiatan.

 

2. Medium yang sangat menarik

Satu penelitian menunjukkan tingkat konversi rata-rata yang dimiliki podcast ini cukup mengejutkan. Sekitar 71 persen dari orang yang mendengar satu merek tertentu di podcast, akan terdorong untuk mencari informasi lebih lanjut. Dan 63 persen pendengar podcaster benar-benar membeli merek yang diiklankan, direkomendasikan atau disebut-sebut di podcast. Pendengar podcast juga cenderung untuk follow akun media sosial brand dan company. Fakta-fakta seperti ini akan disukai oleh perusahaan yang ingin menempatkan iklan di podcast.

 

3. Usaha yang cocok untuk mahasiswa dengan modal kecil

Untuk menjadi podcaster, kamu bisa mulai dengan modal kecil. Cukup dengan handphone dan headset yang memadai, dan lingkungan yang tenang selama kamu merekam. Seiring pertumbuhan audiens, barulah kamu siapkan peralatan yang lebih sesuai dan menunjang untuk membuat rekamanmu lebih berkualitas. Peralatan lengkap untuk podcaster seperti audio card, microphone dan pelengkap lainnya, bisa kamu dapatkan di bawah harga 500 ribu di marketplace seperti Tokopedia.

 

4. Membangun merek bisnis maupun pribadi

Podcast menjadi sarana untuk membangun posisi kamu di masyarakat, baik untuk bisnis maupun personal branding. Pilih topik yang kamu kuasai agar percakapan mengalir. Pilih juga topik yang disenangi orang-orang, cerita horror misalnya. Orang-orang lebih suka podcast yang menghibur, tapi mereka juga butuh informasi yang akurat. Persiapkan betul-betul materi yang akan kamu bawakan untuk menghindari salah ucap.

 

5. Monetisasi lewat iklan atau donasi

Bisa saja kamu bikin podcast untuk kepuasan pribadi. Tapi kalau ada peluang untuk dimonetisasi, mengapa tidak? Podcast bisa menjadi usaha yang cocok untuk mahasiswa seperti kamu. Kamu bisa mendapatkan tambahan pendapatan dengan cara bekerja sama dengan brand yang ingin diiklankan dalam podcast kamu. Atau, terima donasi lewat Patreon atau Karyakarsa. Terbuka juga peluang mendapatkan untung dari penjualan tiket promo. Pendengar bisa menukar kode promo khusus yang kamu sebar lewat siaran podcast. Tentunya kamu harus meyakinkan pemilik brand bahwa tingkat konversi podcast kamu cukup tinggi.

 

Tidak perlu ragu lagi untuk memulai podcast kamu. Bisa mulai sendirian (solo podcast), atau ajak beberapa teman sehingga kamu punya teman ngobrol. Saat memulai, tentu saja jangan berorientasi pada uang. Bangun audiens terlebih dulu. Caranya, dengan menyediakan konten yang menarik dan ditunggu-tunggu. Dan tentu saja, pantengin terus Infobiznis untuk informasi peluang usaha yang cocok bagi mahasiswa, seperti usaha yang bisa dijalankan lewat smartphone ini.