, , ,

Stop Posting Keseharianmu, Posting Bisnis Kamu Aja!

by -8 views
posting bisnis di media sosial

Siapa yang sering kali posting segala macam aktivitasnya di berbagai sosial media dan berapa banyak yang memilih posting bisnis? Pastinya sering kali lebih banyak yang posting aktivitas sehari-hari daripada posting bisnis menguntungkan. Padahal, ada banyak potensi yang bisa diraih dari bisnis untuk mahasiswa yang sederhana dan menjanjikan. Terutama bisnis online yang bisa dikerjakan dari rumah dan tidak memakan banyak modal. Daripada hanya sekedar posting asal-asalan dan tidak menghasilkan, kini saatnya untuk berpikir ulang tentang posting yang kamu buat di berbagai media sosial yang kamu miliki. Mau tahu bagaimana caranya? Simak dulu yuk beberapa tips menarik berikut ini yang akan membuatmu stop posting keseharianmu, posting bisnis kamu aja!

Posting Bisnis Online

Anak muda di jaman sekarang memang seolah-olah sudah terbius oleh sosial media. Berbagai macam akun sosial media dimiliki dan tidak lupa update sana sini untuk memastikan diri selalu eksis di dunia maya. Tanpa disadari ada banyak hal bermanfaat lainnya dari pada hanya sekedar posting apa yang dimakan hari ini, atau tempat mana yang didatangi kali ini. Bagi anak muda yang cerdas dan suka tantangan, tentu saja akan berpikir jauh dari sekedar postingan yang tidak bermanfaat. Penasaran? Yuk, baca lebih lanjut.

Tanpa banyak yang tahu, bahwa selain bisa digunakan untuk berbagi cerita dan aktivitas, media sosial adalah tempat yang paling baik untuk memulai bisnis secara mandiri. Jadi bagi yang ingin memulai usaha kecil-kecilan untuk mahasiswa, peluang melalui sosial media akan memberikan potensi yang cukup besar. Jika dipikir-pikir lebih jauh, media sosial menghubungkan siapa saja di dunia maya. Artinya, melalui media sosial maka bisnis yang kamu jalankan juga bisa dikenal oleh siapa saja dalam waktu cepat. Nah, ini berarti posting bisnis online adalah hal yang baik untuk dipikirkan.

Namun sebaiknya jangan asal posting dan tidak terarah, perencanaan yang baik dan matang akan membawa bisnis yang kamu jalankan lebih cepat dikenali. Pahami manfaat dari posting bisnis online ini. Kemudian carilah cara yang efektif untuk memposting bisnismu. Termasuk mencari tahu mana saja media sosial yang paling sesuai untuk postingan bisnis yang kamu rencanakan.

Ilustrasi Mahasiswa Posting Bisnis Online

Manfaat Posting Bisnis Online

Pertama-tama sebaiknya pahami dan ketahui apa sih sebenarnya manfaat dari posting bisnis online? Padahal ada banyak cara untuk mempromosikan bisnis buat mahasiswa yang efektif dan menguntungkan. Tetapi mengapa di masa sekarang ini lebih baik posting di media sosial? Supaya tidak penasaran lagi, ini beberapa manfaat posting secara online dibandingkan menggunakan media iklan yang lain.

  • Gratis, hal pertama yang paling menarik yaitu biaya yang gratis atau nol rupiah. Ya, siapa yang tidak suka promosi gratis? Inilah keuntungan memasarkan produk dan jasa bisnis kamu di media sosial. Kebanyakan media sosial tidak berbayar alias gratis. Jadi dengan modal seminim mungkin, kamu punya kesempatan untuk meraih konsumen sebanyak mungkin. Apalagi jika modal dan keuangan terbatas, maka segala sesuatu yang berbau gratis pasti menarik untuk dicoba. Tidak akan ada salahnya. Menguntungkan bukan?
  • Lebih update, hari-hari ini semua orang menyukai postingan online. Berita apapun tersebar lebih cepat via media online. Oleh sebab itu ada baiknya menyebarkan bisnis rumahan yang kamu jalani via online daripada media yang lain. Selain lebih cepat diketahui banyak orang, hanya butuh hitungan detik untuk menyebarkan bisnismu hingga ke seluruh penjuru dunia. Praktis dan efisien, semudah menyentuh layar telepon genggammu dengan jari.
  • Potensial, bayangkan ada berapa banyak pengguna media sosial di Indonesia? Lalu berapa banyak di dunia? Wah, sulit bukan untuk menghitungnya? Sebanyak hitungan yang kamu sedang lakukan, sebesar itu potensi yang bisa kamu dapatkan dengan posting bisnis di media sosial. Dengan kemajuan Jaman, dunia maya membawa bisnis rumahan kamu menjadi lebih mendunia. Tidak percaya? Coba dulu dong!
  • Mudah diakses, saat ini siapa yang tidak bisa akses media sosial? Entah menggunakan telepon genggam, menggunakan laptop, PC, tablet, atau gadget apapun, sosial media bisa dengan mudah diakses. Bahkan hingga ke daerah yang pelosok sekalipun. Terima kasih untuk jaringan internet, bisnis online kamu jadi bisa diketahui oleh semua orang.

Cara Posting Paling Efektif

Setelah yakin dengan aneka macam manfaat posting bisnis di media sosial, tentu saja banyak yang sudah mantab untuk memulai postingan pertamanya. Pertanyaan selanjutnya adalah “bagaimana memastikan posting yang efektif dan menjangkau banyak calon konsumen?” Pasti hal ini selalu terlintas di benak pebisnis pemula, karena ada banyak yang takut melakukan kesalahan dan berujung pada bisnis yang tidak kunjung laku atau berjalan. Nah, supaya hal ini sebisa mungkin dihindari, berikut beberapa tips cara posting bisnis paling efektif yang bisa dicoba untuk diterapkan.

  • Perhatikan waktu posting, jika hendak melakukan posting perhatikan dulu waktu yang paling tepat. Misalnya hindari posting saat subuh, karena bisa jadi tidak ada yang tertarik untuk melihatnya. Hindari juga posting di jam kerja, karena sedikit yang akan melihat postingan yang kamu lakukan. Waktu terbaik yaitu saat istirahat makan siang, atau di malam hari kala banyak orang sedang bersantai.
  • Buat kalimat menarik, sebaiknya jika ingin menawarkan bisnis mahasiswa yang kamu jalankan, pastikan untuk merencanakan kalimat yang semenarik mungkin. Bila perlu siapkan dari awal, sehingga saat posting tidak perlu berpikir lagi. Kalimat menarik biasanya mengundang banyak orang untuk melihatnya.
  • Gunakan cara yang unik, sama halnya memposting kalimat yang menarik perhatian, cara yang unik dan aneh juga mengundang banyak orang. Karena itu cobalah sekreatif mungkin untuk mencari tahu mana cara posting bisnis yang lain daripada lainnya.
  • Pakai jasa endorse, jika memang bisnis milenial yang kamu jalankan sudah cukup besar dan memiliki cukup modal, tidak ada salahnya mencoba jasa endorse. Dijamin bisnis yang kamu tekuni makin laris dan ramai.

Mengenali Segmen Dan Pasar

Seorang pebisnis pemula biasanya sering kali tidak dapat mengenali segmen dan pasar yang ada saat ini. Inilah hal yang sering kali menjadi kesulitan bagi para pebisnis pemula. Padahal hal ini cukup penting. Di sosial media tentu saja kamu akan lebih mudah untuk mengetahui market dan segmen dari bisnis yang dikelola. Pemilihan market yang tepat membawa pada jalan bisnis yang lebih lancar. Jadi jika sedang mencoba untuk memulai bisnis online, sebaiknya ketahui bisnis tersebut menyasar segmen yang mana. Di media sosial ada banyak segmen yang bisa dibidik. Sebaiknya pastikan untuk membidik segmen yang tepat, sehingga tidak berujung pada postingan yang sia-sia.

Ilustrasi Media Sosial Instagram

3 Platform Sosial Media Yang Paling Menjanjikan

Di dunia maya saat ini, siapa yang tidak tahu mana media sosial paling laris dan paling digemari. Tentu saja ada banyak anak muda yang paham benar mana saja sosial media paling banyak peminatnya. Bagi yang penasaran, jika ingin tahu salah satu tips sukses usia muda, berikut ini 3 platform sosial media paling banyak peminatnya yang cocok dijadikan sarana untuk posting bisnis online yang sedang dijalankan.

  • Instagram, ini nih media sosial yang paling banyak digunakan untuk posting bisnis berbagai macam hal. Mulai dari bisnis barang bekas, bisnis jual beli barang, hingga bisnis makanan yang banyak dicari orang. Karena itu jangan sungkan-sungkan untuk menggunakan akun Instagram kamu sebagai tempat untuk menginformasikan bisnis yang kamu jalankan. Dijamin, ada banyak calon konsumen yang menunggu untuk mencoba produk yang kamu tawarkan.
  • Twitter, satu lagi media sosial yang juga ramai digunakan sebagai salah satu media bisnis online. Baik itu untuk pemesanan produk, jual beli, dan lain sebagainya. Sebagai salah satu media sosial yang mudah untuk digunakan, tidak ada salahnya bagi pebisnis muda untuk menggunakan Twitter sebagai sarana promosi bisnis. Rajin-rajin saja posting berbagai macam produk untuk ditawarkan, maka tentu ada banyak calon konsumen yang akan tertarik untuk mencobanya.
  • Facebook, media sosial yang satu ini memang sudah lama digunakan banyak pengusaha untuk memperluas bisnisnya. Oleh sebab itu Facebook juga cocok dijadikan salah satu alternatif media promosi bisnis untuk mahasiswa. Apalagi disini kamu dapat memperoleh teman dengan jumlah besar. Bahkan kamu juga bisa menggunakan fasilitas Facebook Ad yang bisa memaksimalkan program promosi bisnismu.

Contoh Bisnis Tanpa Modal

Mungkin bagi banyak anak muda sering kali kesulitan mana bisnis untuk mahasiswa yang cocok dilakukan. Sebisa mungkin yang mudah dan tanpa modal. Hmm, sebenarnya tidak sulit untuk mencarinya. Ada banyak potensi bisnis rumahan yang bisa dijalankan. Beberapa di antaranya yang umum dipilih oleh para mahasiswa yang belum pernah menjalankan bisnis sebelumnya yaitu misalnya:

  • Bisnis dropship kosmetik, ini nih contoh bisnis yang banyak disukai oleh mahasiswi. Apalagi bagi yang suka mencoba-coba make up terbaru. Sebaiknya gunakan waktu luang untuk mencoba bisnis dropship aneka macam kosmetik. Saat ini sudah banyak toko online yang menerima dropship termasuk untuk berbagai macam merek kosmetik lokal maupun impor. Nah, ini peluang bagus bagi yang ingin mencoba peruntungan untuk menjadi pebisnis muda. Siapa tahu kelak kamu bisa punya merek kosmetik sendiri.
  • Bisnis pulsa elektrik, bisnis ini cocok untuk mahasiswa yang tidak butuh banyak modal. Hanya bermodalkan beberapa ratus ribu rupiah saja, maka siapapun bisa mencoba bisnis yang satu ini. Hitung-hitung bisa juga membantu teman yang sedang membutuhkan pulsa. Oleh karena itu jika memang modal yang dimiliki tidak banyak, pertimbangkan jenis bisnis yang satu ini untuk dicoba.
  • Bisnis aksesoris lucu, pernak pernik yang lucu sering kali membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya. Karena itu tidak heran banyak yang mencoba peruntungan untuk menjalankan bisnis aksesoris lucu. Apalagi yang dibuat sendiri dan unik. Jika kamu punya keahlian merangkai berbagai macam aksesoris, maka bisnis dari rumah yang satu ini bisa menjadi pilihanmu.

Nah sekarang sudah paham kan, mengapa sebaiknya stop posting keseharianmu, posting bisnismu aja! Daripada posting banyak hal yang tidak mendatangkan manfaat, ada baiknya mencoba untuk memulai bisnis online ideal. Jadi, segera tentukan bisnis rumahan untuk mahasiswa milikmu saat ini juga. Mulailah untuk posting bisnismu, bagikan pada teman, saudara, dan relasi yang lain. Makin banyak berbagi informasi bisnis online milikmu, makin banyak keuntungan yang bisa kamu raup.