, , ,

Produk Terlaris di Tokopedia untuk Bisnis Ibu Rumah Tangga

by -8 views
ibu rumah tangga

Berbagai macam ide bisnis kini bisa dijadikan pilihan untuk memulai sebuah usaha. Kemudahan dalam hal akses teknologi pun juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan secara maksimal.

Salah satunya adalah dengan keberadaan marketplace atau e-commerce seperti Tokopedia. Dengan platform tersebut, siapapun bisa memulai bisnisnya secara online. Baik dengan mengeluarkan modal ataupun tanpa modal sepeser pun. Baik para pelaku usaha, mahasiswa bahkan hingga ibu rumah tangga pun bisa melakukannya.

Nah, buat kamu yang saat ini hanya berkesibukan sebagai ibu rumah tangga di rumah. Kamu tetap bisa produktif meski harus sambil merawat anak dan mengurus rumah. Cukup dengan manfaatkan gadget dan koneksi internetmu, kamu bisa menjual produk dengan menjadi dropshipper atau reseller.

Jika bingung produk seperti yang apa yang harus kamu jual. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa yang sering dicari oleh pasar. Nah, pada artikel berikut InfoBiznis akan memberitahukan produk-produk terlaris di Tokopedia dan e-commerce lain. Apa saja itu?

Produk Terlaris di Tokopedia yang Bisa Kamu Jual

1. Fashion

Bisnis Fashion Ibu Rumah Tangga
Foto: Pexels

Ada banyak ragam fashion yang bisa kamu jadikan pilihan untuk berbisnis lewat Tokopedia. Selain itu, menurut data Global Consumers Claimed Purchasing yang dikeluarkan pada tahun 2018 silam, menunjukkan bahwa produk fashion atau pakain lebih banyak dicari oleh pengguna e-commerce.

Menurut data tersebut, penjualan produk fashion menguasai sebanyak 61% pasar dalam marketplace. Hal ini menunjukkan bahwa minat pasar terhadap produk-produk pakaian sangatlah tinggi.

Nah, buat kamu ibu rumah tangga yang ingin tetap memiliki penghasilan meski dengan hanya berada di rumah tanpa harus mengganggu aktivitas sehari-hari. Bisnis menjual produk fashion di Tokopedia bisa dijadikan pilihan. Kamu bisa memilih menjadi seorang reseller atau dropshipper.

Namun pastikan pihak penyuplai atau supplier yang kamu pilih adalah yang berkualitas. Jangan sampai hanya mencari produk yang murah saja untuk dijual lebih mahal. Pastikan kualitasnya sebanding dengan harga yang akan kamu tawarkan.

2. Make-up dan skincare

Makeup dan skincare
Foto: Pexels

Produk make-up dan skincare belakangan banyak dijadikan buruan tak hanya bagi para kaum hawa, namun juga pria sekali pun. Tentu tak ada yang salah dari seseorang mau merawat kulit dan memperhatikan penampilannya, bukan?

Nah, melihat minat pasar yang semakin tinggi terhadap kedua produk ini. Kamu bisa memanfaatkan peluangnya dengan menjual kedua produk yang sering digunakan untuk penunjang penampilan ini.

Ada banyak situs penjual produk make-up dan skincare yang membuka peluang kerjasama reseller maupun dropshipper. Beberapa di antaranya adalah Makeupuccino dan BeautyHaul.

Kamu tinggal mengajukan permintaan kerjasama dengan mereka, lalu memasang foto produknya di Tokopedia. Jangan lupa untuk mempromosikannya di sosial media untuk mendapatkan lebih banyak minat pasar. Dengan demikian, kamu bisa meraup keuntungan yang lebih maksimal.

3. Makanan

Bisnis Ibu Rumah Tangga Kue Kering
Foto: Pexels

Produk terlaris di Tokopedia selanjutnya juga didominasi oleh makanan. Rata-rata makanan yang dijual adalah makanan kering karena lebih awet serta tahan dalam beberapa hari pengiriman.

Jika kamu bisa membuat kue kering di rumah, kamu sangat bisa lho memanfaatkan hal tersebut untuk dijadikan peluang bisnis yang menambah penghasilan. Hitung-hitung membantu suami dalam meringankan bebannya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Terlebih jika di rumahmu kamu sudah memiliki peralatan lengkap yang biasa digunakan untuk membuat kue. Seperti oven, mixer dan lain-lain. Untuk masalah resep, kamu bisa kok melihatnya dari Youtube lalu mengembangkannya sendiri dengan inovasi yang lebih menarik. Misalnya dalam hal bentuk atau kemasannya.

Tak hanya kue kering yang bisa kamu jual. Misalnya snack atau makanan ringan yang lain seperti kerupuk, keripik kentang, keripik singkong dan masih banyak lagi peluang bisnis makanan untuk dipasarkan di Tokopedia dan marketplace yang lain.

4. Produk handicraft

Bisnis Handicraft - Ibu Rumah Tangga
Foto: Pexels

Tak semua orang pandai dalam membuat kerajinan tangan. Nah, jika kamu merasa memiliki kemampuan dalam membuat sebuah karya kerajinan. Kamu bisa memulai bisnis di rumah dengan cara menjual kategori produk yang satu ini.

Peminatnya pun tak kalah banyak, lho, dengan produk-produk yang sebelumnya. Terlebih sekarang sedang eranya banyak orang belajar untuk hidup minimalis. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan membuat kerajinan tangan yang simple namun interesting.

Misalnya, kerajinan tangan yang terbuat dari kayu, rotan, kain flanel dan masih banyak lagi pilihan bahan yang lain.

5. Aksesoris gadget

aksesoris gadget
Foto: PxHere

Gak sedikit lho orang yang mencari aksesoris untuk mempercantik gadget-nya. Sebut saja produk softcase atau hardcase yang bisa digunakan untuk melindungi ponsel dari segala jenis benturan. Meski sepele, banyak orang yang membutuhkannya.

Terlebih sekarang ini kamu bisa memanfaatkan peluang lain misalnya dengan layanan print on demand yang mana artinya kamu bisa membuat softcase maupun hardcase tersebut dengan desain sesuai permintaan dari customer. Hal ini tentu membuat bisnis berjualan aksesoris gadget menjadi lebih menjanjikan untuk ditekuni.

Di Tokopedia sendiri, produk aksesoris gadget menjadi salah satu yang terlaris di antara yang lain.

Kesimpulan

Tak hanya kelima produk di atas saja yang laris dan laku keras di pasaran. Produk lain seperti untuk kesehatan dan kebugaran jasmani juga menjadi salah satu yang paling banyak diminati.

Nah, sekarang semua keputusan ada di tanganmu. Jadi, kamu tertarik untuk menjual produk yang mana?