,

Rekomendasi Usaha Ternak Modal 1 Juta yang Terbukti Menguntungkan

by -305 views
Usaha Ternak Modal 1 Juta
Usaha Ternak Modal 1 Juta

Budidaya hewan ternak tidak harus mengeluarkan biaya besar. Anda dapat memulai usaha ternak modal 1 juta namun tetap bisa mendapatkan profit yang besar.

Di bawah ini kita akan membahas beberapa rekomendasi ternak yang bisa dijalankan di lahan sempit. jika Anda tertarik dan penasaran, silahkan baca pembahasan ini hingga selesai:

Rekomendasi Peluang Usaha Ternak Modal 1 Juta

Usaha Ternak Modal 1 Juta
Usaha Ternak Modal 1 Juta

Ada banyak pilihan usaha ternak yang bisa dilakukan di lahan sempit. Dengan begitu Anda dapat menghemat ruang untuk keperluan yang lain. Nah berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Ternak Burung Kicau

Pada dasarnya modal untuk memulai usaha ternak burung kicau sangat relatif. Anda dapat membuka usaha semacam ini mulai dari satu jutaan hingga puluhan juta.

Akan tetapi sebagai pemula lebih baik untuk memulai bisnis burung kicau dengan modal 1 juta. Berikut ini beberapa tips ketika memulai bisnis ternak burung kicau:

  • Mempersiapkan sangkar yang layak; sesuaikan spesifik kandang atau sangkar burung sesuai dengan pilihan jenis burung kicau. Anda dapat menyiapkan sangkar budidaya, sangkar pembesaran, sangkar tunggal dan juga sangkar karantina.
  • Lokasi kandang; pastikan jika lokasi kandang burung kicau aman dan nyaman untuk budidaya.
  • Bentuk ukuran kandang; ukuran kandang juga harus disesuaikan dengan pilihan burung. Jangan terlalu sempit atau terlalu besar yang akan menambah space ruangan.
  • Alat perlengkapan; siapkan alat-alat tangkringan, tempat untuk bertelur, tempat makan dan minum, tempat mandi, tutup kandang dan lain-lain.

2. Budidaya Belut Drum

Jika memang terbatas memiliki lahan untuk berbisnis, Anda jangan khawatir karena bisa membudidayakan belut di dalam drum. Budidaya belut semacam ini tergolong mudah dan tidak memerlukan teknik yang sulit dalam budidayanya.

Jangan remehkan penghasilan yang bisa didapat. Potensi penjualan belut drum cukup menjanjikan jika memang Anda berhasil.
Banyak orang yang mencari belut karena bisa dikreasikan ke dalam berbagai jenis olahan makanan.

Nah jika Anda tertarik membudidayakan belut berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

  • Menyiapkan kolam drum; kolam drum adalah kolam semi permanen karena masa pemakaiannya tidak seperti kolam tanah ataupun kolam semen. Akan tetapi kolam drum dapat dibuat dengan modal yang terjangkau.
  • Media budidaya; jangan lupa untuk menggunakan jerami, menyiram dengan starter mikroorganisme, memberikan kompos, dan lain sebagainya.
  • Pastikan bibit berkualitas; salah satu kunci utama sukses di dalam bisnis belut drum adalah memilih bibit yang baik dan berkualitas. Pastikan Anda mengambil bibit di tempat yang terpercaya.
  • Pakan; pakan juga menjadi salah satu kunci utama sukses di dalam budidaya belut. Pakan yang bisa diberikan seperti cacing, kecebong, larva ikan dan lain sebagainya.

Nah itu adalah beberapa tips terkait budidaya belut drum. Untuk lebih jelasnya Anda dapat membaca informasi yang mendetail di internet.

3. Usaha Ternak Modal 1 Juta Budidaya Ikan Hias

Jika Anda memang hobi dengan ikan hias, maka jadikan hobi ini sebagai peluang bisnis yang menguntungkan. Budidaya ikan hias bisa menjadi sebab Anda memperoleh penghasilan besar dan menggiurkan.

Bagaimana tidak, satu ikan hias saja harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Nah jika Anda pandai mengambil peluang semacam ini, maka tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan pundi-pundi yang tidak sedikit.

Ada banyak ikan hias yang bisa diternak, misalnya ikan arwana, ikan berta, ikan koi, budidaya ikan mas dan lain sebagainya.
Nah berikut ini beberapa peralatan yang dibutuhkan ketika budidaya ikan hias:

  • Akuarium; ini sangat penting untuk diperhatikan karena akuarium adalah tempat tumbuh ikan hias. Sesuaikan ukuran akuarium dengan jenis ikan yang dipilih.
  • Media lain; selain menggunakan akuarium Anda juga bisa menggunakan media pemeliharaan bak plastik, tangki fiberglass, atau paso.
  • Alat ukur suhu; beberapa ikan hias juga memerlukan suhu air yang stabil dan sesuai dengan tempat asalnya. Karena itu pastikan air yang digunakan bersuhu stabil untuk perkembangan ikan itu sendiri.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang usaha ternak modal 1 juta namun bisa mendapatkan profit besar. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda terkait ide dan peluang usaha. Terima kasih dan baca juga pembahasan lain terkait 5 Ide Budidaya Ikan Komsumsi Ini Sangat Menguntungkan.