,

Resiko dan Keuntungan Menjalankan Bisnis Kecil-Kecilan

by -25 views
Usaha Kecil-Kecilan

Pada artikel sebelumnya kita banyak membahas terkait peluang bisnis kecil-kecilan yang dapat dikerjakan oleh siapapun. Tetapi kita belum membahas terkait keuntungan serta resiko dari bisnis kecil-kecilan ini.

Secara garis besar memulai usaha dengan skala kecil tidak membutuhkan modal yang besar namun tetap menjanjikan. Tetapi di balik semua itu pastinya ada resiko yang harus dihadapi walaupun memang resiko tersebut tentu sebanding dengan skala bisnis yang dimiliki.

Semakin besar bisnis yang dibangun, tentu resikonya pun akan jauh lebih besar pula.

Resiko Menjalankan Bisnis Kecil-Kecilan

Usaha Kecil-Kecilan

Terlepas dari banyaknya keuntungan ketika memulai bisnis kecil-kecilan, ternyata, sebagai pebisnis anda pun perlu memperhatikan risiko yang harus ditanggung. Kesuksesan dari bisnis dengan skala kecil ini dipengaruhi oleh efektivitas dari pemilik usaha tersebut, jika anda tidak bersungguh-sungguh dalam menjalankannya maka jangan terlalu berharap memperoleh keuntungan besar.

Jika anda mulai usaha mikro dengan toko fisik, misalnya seperti kafe, warung makan atau warung sembako, maka pemilihan lokasi menjadi salah satu faktor yang menentukan kesuksesan.

Memulai usaha dengan modal minim sangat rentan oleh resiko bangkrut jika salah dalam memilih lokasi yang kurang strategis. Pasalnya bisnis tidak mampu bertahan lama karena alokasi modal yang terbatas.

Kendala selanjutnya yang dihadapi oleh pengusaha kecil-kecilan adalah terkait sumber daya manusianya. Kurangnya SDM dapat mempengaruhi perputaran persediaan barang sehingga produksi akan mengalami kendala.

Hal tersebut juga berdampak terhadap pencatatan keluar masuk barang yang tidak sistematis.

Selain itu, keuangan usaha kecil pun perlu dicatat dengan baik agar tidak tercampur dengan uang pribadi. Dana usaha tercampur maka dapat menyulitkan anda sendiri dalam perhitungan yang menyebabkan rugi.

Selain itu, banyak pelaku usaha kecil yang bangkrut karena masalah promosi. Promosi sangat penting untuk kelancaran pemasaran serta branding produk.

Ada banyak pelaku usaha kecil yang tidak melakukan launching toko, padahal hal tersebut sangat penting sebagai salah satu cara efektif untuk memperkenalkan keberadaan usaha kecil kepada calon konsumen.

Jika banyak orang tidak mengetahui dimana letak toko kecil yang anda miliki, lalu siapa yang akan menjadi pelanggan?

Keuntungan Menjalankan Bisnis Kecil-Kecilan

Bisnis Kecil-Kecilan
Menjadi Pengusaha Sukses Dari Nol

Di atas kita telah membahas resiko dari masalah yang sering dihadapi oleh pengusaha kecil. Tetapi faktanya, keuntungan dari membuka usaha dengan skala kecil ini begitu sangat banyak.

Salah satu keuntungan memiliki usaha kecil adalah, anda tidak hanya bergantung kepada satu bisnis untuk memperoleh penghasilan setiap bulannya. Pasalnya anda sendiri dapat membangun usaha kecil dengan jumlah yang banyak karena cukup mudah dan masih mungkin untuk dikerjakan.

Beberapa alasan mengapa anda bisa membangun bisnis skala kecil dengan jumlah banyak antara lain adalah karena tidak membutuhkan modal yang besar.

Selain itu waktu yang diperlukan untuk membangun usaha juga tidak terlalu lama justru jika mampu melakukannya lebih cepat maka anda dapat menjawab berbagai kebutuhan pasar yang sering berubah-ubah.

Hal menguntungkan lain dari membuka bisnis kecil-kecilan adalah membantu perekonomian masyarakat karena dapat menyerap lapangan pekerjaan. Penduduk yang berada di sekitar bisnis yang anda miliki dapat diajak bekerja sama untuk menyokong pertumbuhan ekonomi.

Nah, salah satu keuntungan lain yang perlu diketahui bahwa, usaha kecil ini mampu bertahan di masa krisis sekalipun karena memang sifatnya yang fleksibel. Dengan begitu usaha kecil lebih mudah berinovasi untuk menghadapi respon perubahan iklim ekonomi.

Penutup

Pembahasan tentang resiko dan juga keuntungan membuka bisnis kecil-kecilan telah kita bahas di atas. Semoga hal tersebut bermanfaat dan silahkan share permbahasan ini kepada teman atau keluarga anda. Terima kasih!