, ,

Jadi Pebisnis Muda Sukses dengan Smart Home

by -6 views
Smart home satu peluang bagi pebisnis muda
Smart home membuat pemilik rumah bisa mengontrol berbagai perangkat dari handphone

Konsep smart home  atau rumah pintar di Indonesia baru memasuki tahap pengenalan. Dipastikan akan tren di Indonesia beberapa waktu mendatang. Sebagai pebisnis muda, kamu wajib menangkap potensi tren, dan mengubah potensi tersebut menjadi usaha yang sukses. Demikian juga dengan smart home. Banyak peluang usaha yang bisa kamu laksanakan.

Smart home adalah konsep hunian atau rumah yang dilengkapi dengan berbagai perangkat pencahayaan, pemanasan, dan elektronik yang dapat dikontrol melalui telepon atau computer.

Pengontrolan semua perangkat dimungkinkan dengan terhubungnya perangkat melalui internet ke telepon atau computer, dan dimungkinkan juga dilakukan dari jarak jauh.

Pebisnis muda seperti kamu yang melek digital dan senang teknologi, pas banget menggarap niche smart home ini.

Hampir semua aspek kehidupan telah dirasuki oleh teknologi, seperti kita bisa lihat pada alat-alat rumah tangga yang ada di sebuah smart home. Kamu juga bisa melakukan riset di berbagai marketplace di Indonesia untuk melihat tren penjualan perangkat smart home.

  • Smart TV

Smart TV telah bisa terkoneksi ke internet untuk mengakses konten seperti video dan music on-demand. Beberapa smart TV juga telah mengenali suara maupun gesture pemiliknya.

  • Sistem pencahayaan rumah

Lampu cerdas yang diluncurkan oleh Philips telah bisa mendeteksi apakah sedang ada orang di satu ruangan. Berdasarkan data yang diterima, lampu bisa disesuaikan terang tidak cahayanya. Pengaturan pencahayaan juga dimungkinkan dengan menyesuaikan penerimaan sinar matahari.

  • Termostat

Termostat bisa memonitor dan mengukur suhu rumah, kemudian menyesuaikan dan menjadualkan pengaturan. Sangat berguna agar pemilik rumah bisa menggunakan energy dengan efisien dan tidak boros. Aplikasi seperti Google Home bisa digunakan untuk memantau termostat di mana pun pemilik rumah berada.

  • Gerbang otomatis

Ini sudah sering kita lihat di film masa kini. Gerbang bisa secara otomatis membuka jika ada mobil yang telah diberi akses untuk lewat. Dari dalam rumah maupun dari mobil yang masih ada di jalanan, pemilik rumah bisa mengontrol untuk membuka maupun mengunci pintu gerbang.

  • Alat untuk hewan peliharaan

Telah tersedia alat-alat untuk memantau situasi hewan peliharaan selama pemilik tidak berada di rumah. Ada juga alat yang bisa dikontrol untuk memastikan anjing atau kucing mendapat makan meski sendirian di rumah. Tentu saja,butuh latihan terlebih dulu agar anjing atau kucing kita bisa menggunakan alat.

  • Peralatan dapur

Berbagai macam peralatan dapur kini telah dilengkapi dengan teknologi agar lebih pintar dari alat dapur biasa. Misalnya, mesin kopi yang cerdas dapat langsung membuat kopi begitu kamu mematikan alarm saat bangun pagi. Atau, kulkas yang dapat memonitor tanggal kadaluwarsa.

  • Keamanan rumah

Meninggalkan rumah untuk waktu yang lama dan membiarkannya kosong, sekarang terbantu dengan adanya smart home. CCTV sudah jadi barang yang lumrah di hampir setiap rumah. Kamu bisa memantau situasi di rumah dan sekeliling melalui handphone, meskipun kamu berada jauh dari rumah.

Google Home
Perangkat seperti Google Home telah banyak ditemukan di rumah tangga di Indonesia

Smart home dirancang untuk memudahkan hidup pemilik rumah. Misalnya, begitu pemilik rumah tiba, pintu garasi otomatis terbuka. Lampu-lampu rumah akan menyala. Lagu favorit akan segera berkumandang begitu pemilik rumah memasuki ruangan.

Selain untuk kenyamanan hidup, smart home juga bisa menghemat energy yang dibutuhkan. Kamu tidak perlu kuatir meninggalkan lampu nyala sepanjang hari pada saat mudik, karena lampu otomatis akan hidup dan mati sesuai setting.

Harga alat-alat yang diperlukan oleh smart home berkisar dari murah hingga tak terbayang mahalnya. Kamu bisa memulai berbisnis alat-alat rumah tangga yang mendukung konsep smart home ini. Menjadi reseller atau dropshipper adalah pilihan pas, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan modal di depan.

Menjadi pebisnis muda dengan menggarap tren smart home, sangatlah mungkin. Dengan kemajuan teknologi, dropshipping bisa kamu lakukan dengan supplier berada di negara lain seperti China atau Amerika. Tugasmu hanyalah mencari alat-alat rumah tangga yang sedang trend, dan memasarkannya di Indonesia. Buka toko online di marketplace, atau media sosial. Sistem pemesanan pre-order (PO) juga bisa kamu terapkan.