, ,

Stafsus Presiden Ini Pengusaha Muda Inspirasi Milenial

by -15 views
Rahasia sukses bisnis di usia muda
Rahasia sukses bisnis di usia muda

Siapa yang hari-hari ini tidak mendengar berita tentang para stafsus presiden yang merupakan para pengusaha muda inspirasi milenial? Di tengah pandemi virus korona ternyata Presiden Jokowi Widodo memutuskan untuk membentuk staff khusus yang beranggotakan 7 anak muda di generasi milenial ini. Siapa sangka ternyata para anggota staff khusus ini merupakan para pengusaha muda yang cukup berpengaruh di bidangnya? Beberapa di antaranya merupakan pebisnis muda yang usianya memang masih sangat belia. Jika ingin tahu sepak terjang para pengusaha muda inspirasi milenial yang tergabung di dalamnya, yuk simak informasinya berikut ini.

Pengusaha Muda Adamas Belva Syah Devara

Pengusaha muda yang satu ini sangat ramai diberitakan di media masa akhir-akhir ini. Menjabat sebagai salah staff khusus presiden di bidang inovasi, pada akhirnya Belva Devara mengundurkan diri pada 21 April 2020 yang lalu. Sebagai salah satu pengusaha muda sukses dari nol, Belva Devara memulai karirnya pada perusahaan startup di bidang pendidikan yang banyak dikenal orang dengan Ruangguru. Pemuda berusia 29 tahun tersebut merupakan lulusan Harvard dan Stanford University.

Berbekal dua gelar tersebut, Belva Devara memulai Ruangguru dari tahun 2014, dan hanya dalam kurun waktu beberapa tahun Ruangguru berhasil berkembang pesat lima kali lipat dari sebelumnya. Aktif dalam berbagai kegiatan serta usaha, pengusaha muda yang satu ini pada akhirnya memiliki prestasi terbesarnya ketika tercatat sebagai 30 pengusaha muda tersukses di bawah usia 30 tahun versi majalah Forbes di tahun 2017. Prestasi ini memberikan bukti bahwa kerja kerasnya di berbagai hal termasuk di Ruangguru maupun di bidang lainnya membuahkan hasil yang positif.

Selain berperan sebagai CEO Ruangguru, Belva Devara tercatat juga pernah menjabat sebagai staff di Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan pada masa era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Di tahun 2017 juga tercatat pernah diundang pada rapat kabinet terbatas di Istana Bogor untuk memberikan pandangan teknologi di dunia pendidikan, terutama di Indonesia. Bagi yang tertarik untuk ingin tahu bagaimana cara sukses di usia muda, maka Belva Devara bisa menjadi salah satu inspirasi pengusaha milenial masa kini.

ilustrasi pengusaha muda inspirasi milenial
ilustrasi pengusaha muda inspirasi milenial

Billy Mambrasar

Terlahir dengan nama lengkap Gracia Josaphat Jobel Mambrasar, pengusaha muda yang satu ini banyak dikenal publik dengan nama Billy Mambrasar. Pemuda kelahiran Papua 31 tahun silam ini merupakan pendiri yayasan Kitong Bisa. Yayasan tersebut memfasilitasi pendidikan informal untuk anak-anak kurang mampu yang tinggal di area Papua maupun Papua Barat.

Tidak hanya itu saja, rupanya Billy Mambrasar juga pebisnis muda yang mendirikan perusahaan bersama dengan beberapa teman-temannya. Termasuk perusahaan PT Kitong Bisa Enterprise, PT Kitong Bisa Consulting, maupun PT Papua Muda Inspirasi. Bahkan Billy Mambrasar juga tercatat sebagai duta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di bawah BAPPENAS periode 2019-2021.

Dari sisi pendidikan, Billy Mambrasar merupakan lulusan dari Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB. Selain itu ia juga merupakan lulusan Sarjana Sains dari University of London. Berlanjut dengan meraih gelar master bisnis di The Australian National University dan saat ini tengah menjalankan studi master di Universitas Oxford. Dari jenjang pendidikan ini bisa dilihat bahwa Billy Mambrasar semangat untuk terus mempelajari berbagai macam bidang. Sehingga etos yang satu ini cocok sekali untuk ditiru para generasi milenial supaya banyak untuk mencari informasi dan terus belajar. Hal ini tentu sangat mendukung bagi yang ingin menjadi pengusaha muda sukses di dunia.

Pengusaha Muda Angkie Yudistia

Siapa bilang memiliki kelemahan fisik tidak dapat menjadi pebisnis muda yang berhasil? Hal ini dibuktikan oleh Angkie Yudistia, banyak yang tidak mengira bahwa pengusaha yang satu ini ternyata cacat karena memiliki pendengaran yang tidak sempurna. Dalam arti ia adalah seorang penyandang tuna rungu. Tetapi di balik kelemahan tersebut ada semangat yang kuat untuk tetap menjalankan cita-citanya dalam hal bisnis. Di usianya yang ke-32 ini tercatat Angkie Yudistia merupakan pendiri dari Thisable Enterprise sekaligus kader dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

Di tahun 2008, Angkie Yudistia merupakan salah satu finalis Abang None Jakarta, sekaligus mendapat penghargaan sebagai The Most Fearless Female Cosmopolitan 2008. Dalam kiprahnya, dia berhasil menerbitkan sebuah buku menarik yang berjudul “Perempuan Tunarungu, Menembus Batas”. Lulusan London School of Public Relations ini dapat menjadi contoh yang baik bagi para penyandang cacat yang ingin juga sukses sebagai pebisnis muda. Jangan ragu jika ingin memulai bisnis dari rumah walau memiliki keterbatasan. Jika seorang Angkie Yudistia berhasil menunjukkan kiprahnya, pasti kalian sebagai generasi milenial yang penuh informasi moderen saat ini juga dapat berhasil.

Putri Indahsari Tanjung

Dari namanya saja sudah banyak yang mengetahui bahwa pengusaha muda yang satu ini merupakan putri dari pasangan pengusaha ternama Chairul Tanjung dan Anita Tanjung. Ya, melanjutkan jejak bisnis dari orang tuanya, Putri Indahsari Tanjung saat ini tercatat menjabat sebagai CEO dan founder dari Creativepreneur Event Creator. Perusahaan yang didirikan ini berfokus pada agensi kreatif untuk para perusahaan di Indonesia yang ingin memanjangkan jangkauannya ke kalangan milenial. Atau dengan kata lain lebih banyak menyasar anak muda masa sekarang. Usaha ini didirikan sejak usianya 15 tahun dan bertahan hingga saat ini.

Putri Indahsari Tanjung sendiri merupakan lulusan dari San Fransisco, Amerika Serikat. Sebagai seorang pengusaha muda yang memulai bisnisnya dari kecil, butuh ketekunan dan semangat untuk membuktikan bahwa dirinya bisa sukses tanpa naungan orang tuanya. Bukan hanya Creativepreneur saja, Putri juga merupakan Chief Business Officer dari Kreavi, yang mana ini merupakan sebuah platform yang mewadahi lebih dari 55 ribu kreator kreatif. Jadi, sudah jelas bahwa kontribusi Putri terhadap banyak bisnis anak muda milenial saat ini cukup besar. Banyak bisnis-bisnis bermunculan di era saat ini bernaung di bawah platform yang dipimpinnya tersebut. Karena itu tidak heran jika Putri Indahsari Tanjung merupakan salah satu contoh pengusaha muda inspirasi milenial yang cukup tepat.

ilustrasi usaha kreatif
ilustrasi usaha kreatif

Pengusaha Muda Andi Taufan Garuda Putra

Satu lagi pengusaha muda inspirasi milenial yang terpilih menjadi salah satu staff khusus presiden periode saat ini. Andi Taufan Garuda Putra ini merupakan salah satu pebisnis yang merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung. Selepas sarjana Andi memulai karir di IBM, namun dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2009, Andi Taufan memutuskan untuk memulai bisnisnya sendiri melalui pendirian Amartha.

Selanjutnya Andi Taufan melanjutkan studinya di Harvard University, dan kemudian kembali lagi untuk mengembangkan Amarta. Sehingga akhirnya dari lembaga keuangan mikro konvensional, Amarta beralih menjadi perusahaan peer to peer lending. Intinya Amarta menjadi jembatan antara para investor kepada usaha mikro yang ada di pedesaan dengan menggunakan jembatan teknologi masa kini. Sehingga secara tidak langsung sebagai pebisnis muda yang memulai usahanya dari nol, Andi Taufan berhasil memberikan kontribusi yang cukup besar pada banyak usaha di pedesaan.

Salah satu teknologi andalan yang digunakan oleh Amarta yaitu berupa proprietary risk algorithm. Sehingga hal ini membantu untuk melihat data transaksi terhadap kemungkinan resiko calon peminjam nantinya. Satu lagi, Amarta ini dijalankan dengan prinsip syariah berupa bagi hasil, sehingga dinilai lebih positif dari perusahaan sejenis lainnya.

Karakter Pengusaha Muda Inspirasi Milenial Sukses

Memang tidak mudah mengemban tugas mulia yang diberikan oleh presiden, oleh sebab itu benar-benar dibutuhkan karakter yang tepat dalam memenuhi hal tersebut. Inilah kelebihan dari para pengusaha muda yang sudah dipilih sebagai staff khusus. Nah, sebagai anak muda maka tidak ada salahnya mencoba mencontoh beberapa karakter andalan untuk cara sukses usia muda. Berikut ini beberapa karakter yang dimiliki oleh para pengusaha muda di atas untuk dapat kalian contoh.

  • Kerja Keras. Jika ingin berhasil menjadi pengusaha muda tentu dibutuhkan kerja keras dan semangat kerja yang tinggi. Sama halnya dengan para pengusaha muda inspirasi milenial di atas, dimana mereka rata-rata berhasil meraih gelar kependidikan yang cukup tinggi. Bahkan beberapa di antaranya meraih gelar ganda, bukan hanya di bangku pendidikan lokal, tetapi hingga jenjang internasional. Tentu saja untuk bisa sukses dalam hal ini butuh ketekunan serta kerja keras untuk mewujudkannya. Tidak ada yang instan, semua butuh waktu dan usaha. Berkat kerja keras, maka tentu saja generasi milenial seperti kalian semua kelak juga bisa sukses menjadi wirausahawan muda.
  • Konsisten dan Integritas. Ya, salah satu karakter penting yang harus ditumbuhkan saat ingin menjadi pebisnis muda yaitu memiliki integritas yang cukup tinggi. Apapun pilihan yang dipilih serta tugas yang harus dijalankan, sebaiknya tentukan dan tetapkan integritas masing-masing. Dengan demikian maka keyakinan dan keteguhan menjalankan bisnis tetap terjaga dari awal hingga akhir. Disini integritas yang tinggi membantu seorang pengusaha dalam konsisten menjalani bisnisnya. Ditambah dengan kemampuan untuk menjalankan bisnis dengan moral dan kejujuran yang tinggi. Menjalankan bisnis sedianya membutuhkan kejujuran untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Bisnis tanpa integritas akan susah untuk berkembang, oleh sebab itu ini adalah salah satu karakter penting yang harus dimiliki bagi mereka yang ingin mencoba untuk menjadi pebisnis muda yang sukses dan berhasil.
  • Pantang Menyerah. Terakhir jika ingin menjadi pengusaha muda sukses dari nol sudah pasti harus berani dan pantang menyerah. Tidak ada yang berhasil dan sukses hanya dengan sekali jalan. Semua membutuhkan kegagalan sebagai guru dan pengalaman di masa yang berikutnya. Semua pengusaha muda sukses di atas juga pernah mengalami jatuh bangun pada proses membangun karir dan bisnisnya. Oleh sebab itu jika kalian berencana untuk menjadi pengusaha muda sukses di dunia tekankan untuk terus berusaha dan pantang menyerah. Saat menemui kegagalan jangan langsung menyerah dan kehilangan semangat. Tetapi cobalah lagi dan lagi sampai menemukan jalan keberhasilan.

Itu tadi sekelumit kisah dan karakter stafsus presiden pengusaha muda inspirasi milenial. Sebagai anak muda penerus bangsa, ada baiknya mencoba meluangkan waktu untuk memulai bisnis dari rumah. Jika tidak tahu harus memulai dari mana, tidak ada salahnya juga mencoba untuk mencontoh para pengusaha muda di atas. Siapa tahu kelak giliran kamu yang menjadi pengusaha muda sukses dari nol. Jadi jangan menyerah sekarang, coba dan coba lagi ya!