,

Apa Itu Stock Opname Barang dan Mengapa Penting di Dalam Berbisnis?

by -0 views
Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli
Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Barangkali Anda pernah membeli produk atau barang tertentu dari online shop namun tidak sesuai dengan yang dipesan. Sebenarnya hal itu cukup lumrah dan sering terjadi di dalam dunia bisnis. Faktor utama kesalahan tersebut adalah penjual tidak melakukan stock opname barang sebelum dikirim.

Nah untuk menghindari hal itu, sebagai pebisnis Anda harus melakukan stock opname untuk memastikan kualitas dan barang sesuai dengan yang tertulis. Jika Anda belum mengetahui apa itu stock opnam, silahkan simak pembahasan ini hingga selesai.

Stock Opname Barang adalah

Stock Opname Barang
Stock Opname Barang

Stock opname barang bisa diartikan sebagai pemeriksaan produk secara fisik yang ada di gudang. Pemeriksaan bisa dilakukan secara manual untuk menyesuaikan jumlah produk dengan yang tertera di dalam catatan. Sebagai pebisnis yang baik Anda harus melakukan pengecekan secara berkala agar produk yang dikirim tidak mengecewakan konsumen.

Jika hal ini disepelekan tentu akan berakibat buruk terhadap bisnis yang Anda kelola. Mengapa demikian? Karena produk yang ada di gudang tentu sangat berkaitan dengan proses penjualan nantinya.

Barangkali jika bisnis Anda belum terlalu besar, stock opname barang belum terlalu terlihat penting. Akan tetapi jika Anda adalah pebisnis yang berpikir ke depan, maka Anda akan memikirkan bagaimana bisnis yang dikelola bisa maju dan berkembang secara pesat.

Salah satu cara agar bisnis dan produk Anda dipercayai oleh konsumen adalah dengan selalu melakukan stock opname barang untuk memastikan jumlah serta kualitas produk di gudang. Pemeriksaan bisa kita katakan sebagai aktivitas vital agar produk yang Anda tawarkan tetap terjamin.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah melakukan stock opname ini membutuhkan waktu yang lama? Hal itu tentunya sangat relatif tergantung dengan cara anda melakukannya. Akan lebih efektif dan cepat jika anda memanfaatkan teknologi serta SDM yang kompeten di bidangnya.

Lama waktu melakukan opname barang juga tergantung dengan seberapa besar bisnis yang Anda punya. Pernahkah Anda memikirkan bagaimana e-commerce Amazon melakukan opname barang? Tentu barang yang dimiliki oleh mereka sangatlah banyak dan membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan stock opname.

Untuk itu, jika bisnis Anda belum terlalu besar maka buatlah sistem yang lebih memudahkan untuk melakukan pengecekan tersebut. Dengan berjalannya waktu dan bisnis terus berkembang, maka anda tidak akan kesulitan lagi melakukan stock opname karena telah memiliki sistem sendiri.

Mengapa Stock Opname Sangat Penting?

Stock Opname Barang
Stock Opname Barang

Ada banyak alasan mengapa stock opname harus Anda lakukan dan menjadi bagian penting untuk kemajuan bisnis. Alasan-alasan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menghindari Masalah

Jika Anda menggunakan software akuntansi yang dipercaya mampu melakukan perhitungan secara cermat, tentu itu sangat baik untuk roda bisnis perusahaan. Akan tetapi rasanya hal itu belum terlalu cukup jika Anda tidak ingin ada masalah besar di kemudian hari.

Dengan teknologi software akuntansi memang memudahkan urusan Anda di dalam pengelolaan produk lebih cepat. Tetapi hal itu bisa menjadi titik awal permasalahan jika rekap di dalam software tersebut mengalami ketidaksinkronan.

Untuk menghindari permasalahan tersebut Anda dapat melakukan perbandingan hasil perhitungan stock secara otomatis dan manual. Jika memang hasilnya sama persis maka kedepannya dirasa tidak akan ada masalah besar yang datang. Tentu tidak jadi masalah ketika Anda melakukan hal kecil demi meraih keuntungan yang besar.

  • Memantau Masalah Produk

Dengan aplikasi atau software akuntansi Anda bisa menghitung stok produk dengan mudah. Akan tetapi tentu hal itu tidak bisa mengidentifikasi atau mendeteksi jika ada kerusakan produk dan tidak layak dijual. Akibatnya Anda pun harus melakukan pengecekan secara manual yang disebut stock opname barang.

  • Berguna Untuk Mencapai Target

Dalam periode tertentu Anda harus memastikan target bisnis sudah tercapai atau belum. Perhitungan secara manual akan sangat membantu untuk mengetahui hal tersebut. Karena dengan cara itu Anda bisa mengetahui apa saja yang terjadi terhadap produk.

Barangkali ada banyak produk yang mengalami kerusakan dan masalah sehingga tidak layak untuk dijual. Dari hal itu Anda bisa memahami dan belajar bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut supaya di kemudian hari hal itu tidak terulang.

Penutup

Demikian informasi tentang apa itu stock opname barang dan pentingnya di dalam berbisnis. Sebagai pebisnis yang ingin maju, Anda harus menjamin kualitas dan stok barang tetap terjaga.

Terima kasih telah membaca pembahasan ini, dan baca juga pembahasan lain terkait 5 Alasan Mengapa Harus Manfaatkan Aplikasi Pengelolaan Stok Barang.