Strategi Bisnis Sun Tzu dan Filosofi Bambu dari Orang Cina

by -4 views
Miliarder Jack Ma
Foto: Flickr

Tentu kita tahu jika orang-orang Cina mempunyai strategi bisnis yang efektif dan menguntungkan. Tidak heran jika China sekarang mengalami perkembangan pesat di dalam dunia ekonomi.

Sebut saja salah satu orang Cina yang sangat terkenal dan memiliki harta kekayaan fantastis, yaitu Jack Ma. Jack Ma adalah pendiri sekaligus CEO dari perusahaan retail Alibaba Group.

Dimana Jack Ma sendiri dahulunya adalah orang biasa dan tidak memiliki harta kekayaan yang besar, akan tetapi sebab perjuangan serta kegigihannya, Jack Ma kini telah berhasil merajai bisnis digital.

Orang China Memang dikenal tangguh, ulet serta gigih untuk mencapai sesuatu khususnya dalam hal berbisnis. Apapun jenis bisnis atau usaha yang dijalankan, mereka selalu bisa mencari dan mendapatkan peluang pasar yang menguntungkan.

Nah semangat semacam inilah yang perlu dicontoh oleh masyarakat Indonesia atau siapapun guna meraih tujuan bisnis. Berikut kita akan membahas terkait bagaimana strategi bisnis sun tzu serta filosofi bambu jadi orang-orang Cina.

Seni Berbisnis Sun Tzu

strategi bisnis
strategi bisnis

Pernahkah Anda mendengar strategi berbisnis sun tzu? Nah strategi inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang-orang Cina sukses dalam berbisnis.

Strategi sun tzu ini menjadikan orang-orang Cina mampu bertahan serta beradaptasi dengan lingkungannya secara cepat. Karena itu ketika terjadi perubahan orang-orang Cina menjadi unggul dan memenangkan persaingan.

Secara garis besar, strategi seni berbisnis sun tzu menekankan untuk menjalin relasi dengan manusia lain. Dimana hubungan relasi antar manusia lebih diutamakan daripada perhitungan bisnis.

Tentunya setiap bisnis tidak dapat berjalan dengan sempurna jika tidak terjalin relasi di dalamnya, bukan? Dengan menerapkan strategi bisnis sun tzu maka bisnis akan lebih manusiawi.

Berbisnis Menggunakan Filosofi Bambu

strategi bisnis
strategi bisnis

Di atas kita sedikit membahas tentang strategi bisnis sun tnzu, sebenarnya ada cara lain yang menjadi pondasi bagi orang Cina untuk membangun bisnis. Cara tersebut adalah dengan memahami filosofi bambu.

Prinsip ini berpAndangan, yaitu mengambil sedikit demi sedikit keuntungan, untuk mencapai puncak kesuksesan.
Contohnya seperti ini, seorang pebisnis China memulai usaha sembako. Tentu kita tahu jika penjualan sembako itu keuntungannya sedikit, akan tetapi hal itu terus dilakukan hingga dia dapat menguasai pasar.

Strategi semacam ini menekankan pada biaya. Dengan produk yang kualitasnya sama dengan kompetitor, tetapi orang-orang Cina dapat menjualnya lebih murah yang tentunya itu menjadi nilai tambah tersendiri.

Tidak penting mengambil keuntungan yang besar untuk mencapai kesuksesan bisnis, bagi masyarakat Cina, yang penting adalah bagaimana memikirkan agar bisnis terus berjalan dan mencapai puncak kesuksesan.

Ibaratnya pohon bambu yang tidak terlihat tumbuh selama 7 tahun, tetapi secara tak disadari pohon bambu itu telah menjulang tinggi dengan cepat.

Tentunya untuk menerapkan filosofi bambu Anda perlu mengenal diri sendiri, serta bersedia untuk memberikan kemanfaatan terlebih dahulu kepada orang banyak sebelum Anda memetik keuntungannya.

Tiga Hal Penting dalam Berbisnis

Memulai Bisnis
Memulai Bisnis

Untuk menunjang aktivitas bisnis mereka, masyarakat Tionghoa selalu mengedepankan tiga hal. Tiga hal tersebut adalah;

  • Kerja keras

Saat mereka memiliki niat serta keinginan untuk memperoleh kesuksesan, maka mereka akan benar-benar bekerja keras untuk mewujudkan nya.

  • Jujur

Jjur adalah sikap yang selalu ditanamkan oleh pebisnis China. Kejujuran adalah awal dari sebuah kesuksesan. Bahkan sebenarnya bukan hanya orang Cina, tetapi kita sendiri pun menyadari jika kejujuran adalah hal penting untuk meraih kesuksesan. Akan tetapi kita sangat susah untuk menerapkan sikap jujur ini terlebih dalam hal bisnis.

  • Kepercayaan

Setiap manusia tentunya memiliki kekuatan untuk melakukan hal-hal yang mereka inginkan. Karena itu percayalah kepada diri sendiri bahwa segala rintangan bisa diselesaikan.

Tiga hal utama tersebut dapat menjadi pondasi untuk membangun bisnis yang sukses. Karena dengan memiliki pondasi Anda akan benar-benar kuat untuk menghadapi berbagai rintangan ataupun mampu bangkit secara cepat ketika terjatuh.

Kesimpulan

Strategi bisnis orang Cina memang tokcer dan terbukti ampuh menghasilkan keuntungan. Harusnya hal-hal positif semacam itu dapat kita tiru dalam membangun bisnis. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Belajar Jadi Pengusaha Muda Sukses ala Jack Ma