5 Cara Membuat Video Marketing untuk Tingkatkan Penjualan

by -3 views
strategi marketing bisnis
strategi marketing bisnis

Salah satu strategi marketing bisnis yang menjadi pilihan adalah dengan video. Membuat video marketing sebenarnya cukup mudah namun tetap memiliki efektivitas yang tinggi.

Sebelumnya banyak orang hanya menggunakan gambar adapun teks untuk materi iklan, maka dengan membuat video marketing ini menjadi terobosan baru untuk meningkatkan omset penjualan anda.

Dengan video marketing Anda dapat menjelaskan produk yang dijual Lebih Detail dan jelas.

Akan tetapi bagaimana cara membuat video marketing yang menarik? Nah berikut ini kita akan membahas 5 tips cara membuat video marketing untuk bisnis anda;

5 Cara Membuat Video Marketing yang Mudah

Cara Memasarkan Bisnis

1. Mengevaluasi konten yang dibutuhkan

Tahap pertama sebelum membuat video marketing, hal yang perlu dilakukan adalah mengevaluasi konten yang dibutuhkan. Ini bertujuan agar video yang anda buat relevan dengan bisnis serta target target audience.

Ada 2 tahap dalam melakukan evaluasi konten, yaitu sebagai berikut;

  • Menentukan konten yang sesuai dengan bisnis

Sebelum menentukan jenis konten apa yang ingin dibuat terlebih dahulu perhatikan nilai value dari konten yang akan ada suguhkan kepada penonton. Bagaimana kemanfaatannya untuk penonton? Atau, apakah penonton menyukai konten video marketing Anda?

Setelah mengevaluasi hal tersebut, nah sekarang anda dapat memilih beberapa jenis konten video, antara lain adalah, cara dan tutorial, promosi, testimonial, dan lain sebagainya.

  • Mencari tahu target audience

Hal penting dalam mengevaluasi konten adalah mengetahui siapa audience video anda. Buatlah target audiens yang lebih spesifik agar video marketing benar-benar cocok dengan mereka.

Anda dapat membagi segmentasi target audience, baik itu terkait geografis, gender, ketertarikan, dan lain sebagainya.

2. Rancangan video

Anda telah menentukan jenis konten serta target audience, maka sekarang anda perlu mempersiapkan rancangan video. Dengan membuat rancangan video, ini bertujuan untuk menghasilkan video marketing yang lebih maksimal.

Tips untuk membuat rancangan video, anda dapat menggunakan metode script ataupun storyboard. Storyboard dibuat dengan gambar-gambar yang menjelaskan tentang isi video Anda nantinya. Adapun metode script adalah penggunaan teks untuk menjelaskan poin-poin penting yang terkandung di dalam video yang anda buat.

Setelah menyusun storyboard atau script, anda perlu mempersiapkan host ataupun pembicara untuk mempersentasikan iklan produk Anda didalam video.

3. Syuting video dan rekam suara

Tips ketiga adalah mengeksekusi rencana sebelumnya, yaitu syuting video dan merekam suara. Dalam proses ini anda perlu mempersiapkan device seperti kamera, mikrofon, lampu pencahayaan, green screen jika diperlukan, dan lain sebagainya. Tidak ada salahnya mengajak teman ataupun orang yang anda kenal yang memang memiliki skill di bidang pembuatan videografi.

Jika anda telah melakukan shooting dan rekaman video, tahap selanjutnya adalah mengedit video menggunakan software tertentu. Anda dapat menggunakan video editing Adobe Premiere Pro, Sony Vegas Pro, Davinci Resolve dan lain sebagainya.

4. Melakukan SEO video

SEO bukan hanya terkait pencarian artikel di Google, tetapi juga dapat diterapkan dalam video. Sangat penting untuk meningkatkan traffic penonton terhadap video yang anda buat.

Karenanya Anda dapat melakukan SEO video dengan langkah-langkah berikut ini;

  • Membuat nama file video sesuai dengan kata kunci yang ingin ditarget dan dapat menggunakan format video MP4.
  • Gunakanlah kata kunci yang tepat agar video Anda mudah ditemukan oleh penonton YouTube. Perlu diketahui, video juga dapat muncul di dalam mesin pencarian Google jika keyboard atau kata kunci sesuai dengan yang dicari orang.
  • Menentukan judul video juga menjadi penting untuk meningkatkan nilai SEO video. Buatlah judul yang menggambarkan seluruh isi video serta dengan kata-kata yang menarik.
  • Tidak lupa juga untuk memberikan deskripsi di dalam video yang bisa ditulis dibawanya.

5. Strategi marketing bisnis memilih tempat pemasaran video

Langkah terakhir adalah memilih platform pemasaran video yang tepat dan cocok untuk produk Anda. Ada banyak platform yang dapat anda gunakan, misalnya paling terkenal adalah YouTube, media sosial Facebook atau Instagram, website dan lain sebagainya.

Tempat pemasaran video ini cukup penting untuk diperhatikan dan pastikan hal itu sesuai dengan rancangan video anda sebelumnya.

Kesimpulan

Cara membuat video marketing sebenarnya mudah dan bisa dilakukan sendiri. Dengan video marketing ada dapat menjelaskan detail produk secara mendalam dan tentunya penonton bisa menangkap isi pesan dengan jelas.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan dapat membantu anda untuk memasarkan produk secara online, baca juga artikel lain terkait 3 Strategi Marketing Viral untuk Meningkatkan Omset Penjualan