,

Strategi Marketing Bisnis Memaksimalkan Seluruh Postingan Instagram

by -4 views
Strategi Marketing Bisnis

Instagram sangat powerful sebagai sarana promosi jika kita mengetahui strategi marketing bisnis. Karena itu wajib bagi pebisnis online untuk memaksimalkan seluruh potensi dari jenis-jenis postingan di Instagram.

Secara singkat ada beberapa jenis postingan di Instagram untuk memuat berbagai konten, yaitu feed Instagram, Instagram live, Instagram stories dan juga Instagram TV. Untuk lebih jelasnya silahkan baca pembahasan dibawah ini hingga selesai.

Maksimalkan Seluruh Jenis Postingan Instagram untuk Strategi Marketing

Strategi Marketing Bisnis

 

1. Strategi Marketing Bisnis: Feed Instagram

Fitur ini adalah keseluruhan foto dan video yang telah anda posting di platform Instagram. Dengan visual yang menarik dan unik, ini menjadi cara yang cepat untuk menarik perhatian calon konsumen.

Buatlah feed Instagram dengan satu tema saja. Atau anda dapat memanfaatkan template poweRpoint agar seluruh postingan feed Instagram terlihat seragam.

Dari sisi konten pun, jangan mencampuradukkan segala hal terlebih jika konten tersebut tidak berkaitan dengan bisnis anda. Anda dapat memposting video atau gambar yang menghibur, tetapi usahakan tetap relevan.

2. Strategi Marketing Bisnis: Instagram Stories

Berbeda dengan fitur-fitur yang ada di Instagram lainnya, story ini hanya bertahan dengan waktu 24 jam saja. Story memiliki banyak manfaat untuk promosi atau strategi marketing.

Melalui story, kita dapat memposting konten berupa pengumuman, polling, bertanya kepada followers, fitur swipe up dan juga mengadakan kontes.

Fitur ini dapat meningkatkan engagement dari para followers. Hal itu karena memang story berada di bagian paling atas Instagram. Itu artinya ketika followers membuka Instagram, yang pertama mereka lihat adalah fitur story.

Agar story terlihat profesional dan menarik gunakanlah template khusus untuk desainnya.

3. Strategi Marketing Bisnis: Instagram Live

Instagram live memungkinkan anda untuk melakukan siaran langsung yang dapat ditonton oleh banyak followers. Terlebih jika kita melihat penelitian dari Livestream, ternyata 80% kebanyakan orang lebih memilih menonton siaran langsung dari sebuah brand tertentu ketimbang mereka membaca artikel. Tentu ini hal yang luar biasa bukan?

Fitur live Instagram ini dapat digunakan untuk berbagai hal. Misalnya anda dapat umumkan produk baru, menjalankan sesi tanya jawab, memperlihatkan event yang sedang berlangsung dan lain sebagainya.

Perlu diketahui juga, jika telah melakukan siaran langsung, video tersebut dapat diposting dalam bentuk story yang bertahan selama 24 jam. Sehingga para followers yang kelewatan untuk mengikuti live dapat menontonnya jika video tersebut di posting ulang.

Keuntungan lain ketika menggunakan Instagram live adalah, posisi story anda yang semula sudah tenggelam akan berubah menjadi yang terdepan dibanding story lainnya. Karena jika melakukan live Instagram, live anda akan benar-benar menjadi hal pertama yang dilihat oleh para followers ketika membuka aplikasi Instagram.

4. Strategi Marketing Bisnis: Instagram TV

Fitur Instagram seperti story dan feed memiliki batas waktu yang tidak terlalu panjang. Nah solusi jika anda ingin memposting video dengan durasi panjang dapat menggunakan Instagram TV.

Instagram TV ini sangat mirip dengan youtube, karena itu diprediksi di masa depan fitur ini akan menjadi pesaing berat bagi platform raksasa video streaming youtube.

Di IGTV konten yang dapat dibagikan antara lain seperti, video tutorial, kejadian di belakang layar dan lain sebagainya yang terkait dengan bisnis anda.

Penutup

Beberapa fitur Instagram di atas perlu dimaksimalkan sebagai strategi marketing untuk meningkatkan omset bisnis. Di era digital ini, mau tidak mau bisnis anda harus merambah ke dunia online, dan salah satunya adalah di platform Instagram.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait Cara Promosi dengan Instagram Marketing Agar Omzet Bisnis Naik