Strategi Marketing Bisnis Terkendala Budget? Lakukan 2 Cara Ini!

by -17 views
Strategi Marketing Bisnis Terkendala Budget? Lakukan 2 Cara Ini!

Bisnis online memang memerlukan strategi marketing untuk memasarkan produk. Karena memang sangat jarang orang yang dengan sengaja mencari produk atau layanan yang anda tawarkan secara online.

Karena itulah anda perlu melakukan marketing untuk mempromosikan dan menjangkau audiens untuk menawarkan produk atau jasa. Tetapi hal tersebut tentu dibutuhkan budget atau biaya yang tidak sedikit.

Karena itulah banyak pebisnis online yang merasa terkendala dengan budget iklan untuk melakukan kampanye di platform periklanan seperti Facebook atau Google ads. Lalu bagaimana cara mensiasati strategi marketing bisnis yang terkendala budget? Berikut adalah caranya:

Strategi Marketing Bisnis Menghadapi Kendala Budget

Strategi Marketing Bisnis Terkendala Budget? Lakukan 2 Cara Ini!
Strategi Marketing Bisnis Terkendala Budget? Lakukan 2 Cara Ini!

Untuk bisa sukses memasarkan produk atau jasa secara online membutuhkan promosi yang besar. Akan tetapi, tentu saja budget promosi menjadi kendala yang utama.

Melansir dari niagahoster.com, sekitar 28,57% pebisnis online menyatakan jika masalah yang sering mereka hadapi adalah terkait keterbatasan budget. Lalu apa yang menjadi masalah terhadap persoalan ini?

Pada umumnya, banyak pebisnis online yang terkendala budget karena hasil promosi yang tidak sesuai ekspektasi dan juga biaya promosi yang tidak cukup.

Nah untuk mengatasi masalah ini, anda dapat melakukan 2 solusi berikut:

  • Pertama adalah menganalisa dan membuat iklan yang lebih efektif
  • Kedua melakukan promosi tanpa biaya

Agar lebih jelas terkait 2 hal tersebut, di bawah ini kami menjabarkannya lebih rinci satu persatu:

1. Strategi marketing bisnis membuat iklan yang lebih efektif

Solusi ini mengharuskan anda untuk memastikan efektivitas iklan atau kampanye yang dijalankan. Hal itu karena memang iklan yang tidak efektif tentu bisa merugikan bisnis.

Coba bayangkan saja ketika kampanye iklan justru ditayangkan kepada orang-orang yang tidak membutuhkan produk anda sama sekali. Tentu biaya yang dikeluarkan untuk iklan tersebut akan menjadi sia-sia.

Itulah mengapa betapa pentingnya memastikan dan membuat iklan yang efektif. Potensi keuntungan jauh lebih besar ketika iklan dapat ditayangkan ke audiensi yang tepat.

Membicarakan faktor apa saja yang menjadi penyebab tidak efektifnya iklan tentu saja sangat banyak. Tetapi dari sekian alasan tersebut salah satunya adalah terkait keyboard yang kurang tepat untuk iklan anda.

Terlebih jika anda beriklan menggunakan Google ads, karena iklan anda akan dimunculkan ketika ada pengguna yang mengetikkan keyword tertentu. Nah tanpa mengetahui keyboard apa yang tepat tentu akan menjadikan iklan tidak efektif dan menyebabkan borosnya biaya iklan.

Pelajari lebih dalam bagaimana cara membuat iklan yang efektif dengan Google ads dan Facebook Ads. Anda dapat menemukan tutorialnya di berbagai sumber di internet.

2. Strategi marketing bisnis membuat promosi tanpa biaya

Ada dua cara untuk melakukan promosi tanpa biaya. Pertama adalah dengan teknik social media marketing dan yang kedua teknik SEO (Search Engine Optimization). Metode tersebut dapat dijalankan sebagai strategi marketing tanpa biaya.

Penjelasan secara singkat, social media marketing adalah memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram atau Tiktok sebagai saluran pemasaran. Mengapa bisa gratis? Hal itu karena anda hanya perlu membuat dan memposting konten yang relevan untuk follower yang tepat dan terus konsisten.

Sedangkan teknik SEO adalah strategi marketing dengan memanfaatkan search engine seperti Google untuk menarik traffic ke website jualan. Memang dibutuhkan sedikit keahlian agar website bisnis online anda dapat bertengger di halaman pertama Google.

Pelajari teknik SEO lebih dalam di berbagai sumber yang bisa anda temui melalui artikel blog ataupun streaming youtube.

Penutup

Di atas kita telah membahas kendala budget untuk strategi marketing bisnis dan sedikit solusinya. Semoga pembahasan tersebut bermanfaat dan baca juga artikel lain Cara Sukses Bisnis Online dengan Strategi Content Marketing