Strategi Pemasaran, 6 Alasan Jangan Memberikan Diskon Berlebihan

by -7 views
Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran

Jujur saja, dari perspektif umum, memberikan diskon merupakan strategi pemasaran yang sangat masuk akal untuk meningkatkan penjualan. Strategi ini digunakan untuk meningkatkan omset jika terjadi penurunan penjualan.

Dengan strategi diskon, Anda dapat menarik pelanggan baru yang mungkin belum pernah membeli produk yang ditawarkan. Contohnya saja ketika kita mencari makan di mall, kemudian kita bingung ingin memilih makanan apa, secara tiba-tiba Anda memutuskan untuk makan di restoran tertentu karena melihat tulisan diskon 30%.

Faktanya memang diskon memberikan dampak untuk meningkatkan omset penjualan untk menarik calon pelanggan. Namun perlu diketahui bahwa menurunkan harga dan memberikan diskon yang terlalu besar dapat menghambat pertumbuhan bisnis.

Mengapa demikian? Nah berikut ini kita akan membahas terkait 6 alasan mengapa Anda tidak perlu memberikan diskon yang terlalu berlebihan;

5 Alasan untuk Tidak Memberi Diskon Terlalu Besar

Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran

1 .Penekanan Harga terlalu banyak

Jika Anda menawarkan diskon yang terlalu besar, fokus utama Anda terletak pada penekanan harga bukan layanan atau produk yang ditawarkan. Jika ini menjadi satu-satunya kelebihan produk Anda, maka bisnis Anda berada dalam masalah.

Perang harga merupakan hal yang umum terjadi dalam penjualan produk tetapi jangan sampai Anda bergantung kepada hal ini. Tingkatkanlah kualitas layanan atau produk yang ditawarkan untuk menjaring konsumen serta mendapatkan keuntungan yang besar.

2. Perang harga

Sebagaimana telah disebutkan jika perang harga sudah menjadi umum, akan tetapi hal ini dapat menimbulkan kerugian bagi bisnis Anda dan kompetitor Anda. Karena jika perang harga terjadi, yang akan tetap menang adalah perusahaan besar karena memiliki dukungan finansial yang cukup.

Perusahaan besar tersebut dapat bertahan dengan jangka waktu lama walaupun melakukan perang harga. Jika Anda baru memulai bisnis sebaiknya untuk menghindari strategi perang harga ini.

3. Kesan yang kurang baik di mata konsumen

Ketika Anda menawarkan diskon yang terlalu besar kepada konsumen, maka Anda harus mengorbankan layanan kepada mereka guna pemangkas biaya operasional layanan tersebut. Dengan demikian pelanggan akan merasa jika layanan yang ditawarkan tidak layak.

Strategi Pemasaran pemberian diskon yang terlalu besar juga akan menimbulkan anggapan jika harga yang ditawarkan tidak bersifat tetap sehingga sewaktu-waktu dapat mengalami penurunan atau kenaikan.

4. Keuntungan yang menurun

Jika kompetitor melakukan penyesuaian harga karena diskon yang Anda berikan, maka Anda akan banyak kehilangan keuntungan. Hal itu karena konsumen akan terus mengharapkan layanan berkualitas namun dengan diskon.

Belum lagi jika kompetitor Anda menawarkan strategi pemasaran diskon yang lebih besar, maka keuntungan yang dapat Anda peroleh akan semakin berkurang dan bahkan ini bisa terjadi secara permanen.

Karena itu sesuaikanlah penawaran diskon serta hindari untuk melakukan perang harga dengan kompetitor. Fokus lah untuk meningkatkan kualitas layanan dan produk.

5. Membeli barang secara massal

Jika Anda berfokus untuk memberikan harga diskon kepada konsumen, akan ada risiko yang harus Anda tanggung karena konsumen akan membeli sebanyak mungkin produk ketika harga diskon.

Hal itu kedengarannya positif untuk bisnis Anda, tapi tidak disadari jika konsumen yang telah membeli produk Anda secara massal, mereka tidak akan membeli produk Anda lagi ketika ada menaikkan harga, mereka telah memiliki stok barang yang banyak.

6. Strategi Pemasaran diskon akan menggadaikan kualitas produk dan layanan

Sebagaimana telah di singgung di atas, memberikan diskon menjadikan Anda harus mengorbankan berbagai hal, salah satunya adalah kualitas produk dan layanan.

Anda harus menurunkan kualitas produk untuk menyesuaikan dengan harga. Semakin rendah produk yang Anda tawarkan, maka semakin besar pula kesempatan Anda kehilangan kredibilitas dan reputasi.

Dampak negatif ini dapat menjadi batu sandung dan masalah bagi bisnis Anda di masa depan. Tentunya pengusaha menginginkan bisnis atau perusahaannya dapat berjalan waktu lama serta menguntungkan.

Kesimpulan

Diskon yang terlalu besar dapat menjadi bumerang bagi keberlangsungan bisnis Anda. Karenanya daripada perang harga dengan berikan diskon yang terlalu besar, lebih baik focus memberikan produk serta layanan terbaik kepada konsumen.

Dengan layanan dan produk terbaik yang ditawarkan, hal itu akan memberikan dampak positif terhadap bisnis Anda di masa depan nanti.

Demikian pembahasan tentang strategi pemasaran, mengapa sebaiknya Anda tidak memberikan diskon yang terlalu besar. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain terkait 3 Strategi Marketing Viral untuk Meningkatkan Omset Penjualan