,

Komponen Penting Dalam Strategi Pemasaran Melalui Digital

by -11 views
Strategi Pemasaran Berbasis Digital
Strategi Pemasaran Berbasis Digital

Sekarang ini setiap jenis usaha sepertinya wajib menggunakan strategi pemasaran media sosial mengingat perkembangan zaman yang semakin maju. Ada banyak platform media sosial yang dapat digunakan untuk memajukan bisnis anda. Tentu kita tahu bahwa media yang paling sering digunakan dalam pemasaran adalah Facebook, Instagram dan juga Twitter.

Nah jika sedang membangun sebuah usaha, maka untuk mendukung kemajuan usaha anda selayaknya menggunakan platform tersebut. Lalu apa sih pentingnya memasarkan produk menggunakan media sosial, serta apa komponen penting apa yang harus ada di dalam pemasaran berbasis digital ini? Simak informasinya berikut:

Pentingnya Strategi Pemasaran Berbasis Digital

Strategi Pemasaran Berbasis Digital
Strategi Pemasaran Berbasis Digital

Pada tahun 2017, dalam sebuah survei menyebutkan jika penetrasi pengguna internet di Indonesia mencapai 54,68%. Sedangkan penduduk Indonesia pada saat itu sekitar 262 juta jiwa. Terlebih di tahun 2020 ini kita melihat pertumbuhan pengguna internet terus meningkat karena memang infrastruktur pendukungnya sudah banyak dibangun.

Tentu angka tersebut sangat besar dan bisa menjadi prospek target pemasaran produk yang anda miliki. Anda harus sesegera mungkin mengambil langkah pendekatan digital untuk mengamankan pasar bisnis. Jika ketinggalan selangkah saja dari kompetitor maka bisnis anda bisa segera ditinggalkan oleh banyak orang.

Komponen Penting Dalam Melakukan Strategi Pemasaran Berbasis Digital

Strategi Pemasaran Berbasis Digital
Strategi Pemasaran Berbasis Digital

Ada banyak komponen penting untuk menunjang pemasaran berbasis digital. Tentu sebagai pebisnis muda anda harus memahami setiap seluk beluknya, nah berikut ini beberapa komponen penting tersebut:

1. Menggunakan banyak platform sekaligus

Tidak ada masalah jika anda menggunakan banyak platform sekaligus dalam strategi promosi, asalkan bisa dijalankan secara maksimal. Akan tetapi jika anda tidak mampu menghandle banyak media sekaligus, maka lebih baik fokus di satu platform saja.

Secara logika, semakin banyak platform yang anda gunakan maka akan semakin banyak pula calon konsumen yang terjaring. Anda harus bisa memaksimalkan segala media yang ada dengan menggunakan SDM tambahan untuk mengurusnya. Carilah orang yang memang bisa mengurus media sosial dengan baik.

2. Strategi pemasaran fokus pada target

Ada banyak orang yang menggunakan internet, banyak orang tertarik kepada bisnis anda, tetapi tidak sedikit juga yang tidak tertarik. Karena itu fokus kepada target yang potensial adalah cara terbaik untuk promosi di dunia digital. jika target pemasaran anda tidak tepat, hal itu akan membuat tenaga dan biaya saja.

Anda dapat menggunakan iklan berbayar seperti Facebook Ads, Google Ads dan lainnya untuk menarget calon pembeli dengan sangat tepat. pelajari hal itu dan kembangkan untuk kemajuan bisnis anda.

3. Berinteraksi dengan calon konsumen

Salah satu untuk mendapatkan prospek penjualan yang besar menggunakan strategi pemasaran digital adalah berinteraksi dengan calon konsumen. Berintaraksi adalah cara anda untuk membangun kepercayaan di mata konsumen. Jika ada yang bertanya dan memberikan komplain, tanggapilah dengan cara yang baik dan elegan.

Bukan hanya itu, interaksi juga mencakup segala postingan media sosial anda yang mengundang feedback banyak orang. Buatlah konten yang menarik dan pastinya harus bermanfaat untuk orang lain sehingga mereka tidak akan segan memberikan tanggapan untuk konten anda.

4. Bersabar

Dalam membangun bisnis tentunya anda harus sabar dan terus memotivasi diri untuk tetap semangat. Begitu juga saat anda menggunakan strategi pemasaran digital, hasil yang anda peroleh tak akan instan dan mudah. Ada banyak hal yang harus anda pelajari dan lakukan untuk kamu dapatkan hasil.

Penutup

Nah demikianlah informasi tentang pentingnya strategi pemasaran berbasis digital. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Baca juga artikel lain yang membahas tentang Manfaatkan Ilmu Psikologi Ini untuk Strategi Pemasaran Produk