,

Strategi Pemasaran dengan Menjaga Loyalitas Pelanggan, Ini 5 Tipsnya

by -2 views
Peluang Bisnis - Tips Sukses
Perubahan Perilaku Konsumen

Salah satu cara sukses di dalam menjual produk adalah dengan menjaga loyalitas pelanggan. Tidak banyak orang yang menyadari hal ini sehingga mereka ketika melayani pelanggan asal-asalan saja. Barangkali ini masuk ke dalam manajemen atau strategi pemasaran yang harus anda perhatikan jika ingin sukses dan bisa mempertahankan pelanggan.

Nah dalam pembahasan kali ini kita akan mengulas bagaimana cara menjaga loyalitas pelanggan tersebut. Untuk anda yang penasaran silahkan simak informasi ini hingga selesai:

Memberikan Perhatian Khusus

Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran

Ketika anda yakin untuk menjadi pedagang, maka seharusnya anda sudah siap untuk belajar dan menjadi pelayan yang baik. Hal yang wajib untuk anda pelajari tentunya adalah manajemen pemasaran, dan salah satu ilmunya adalah keterampilan melayani pelanggan. Berikanlah pelayanan yang terasa khusus kepada semua pelanggan anda, dengan begitu mereka akan tertarik.

Sudah kita sadari, sikap pelayanan yang baik akan berdampak besar kepada prospek penjualan produk. Bahkan anda sendiri pun barangkali ketika belanja di sebuah toko dengan pelayanan yang buruk, maka anda tidak berpikir untuk datang kedua kalinya ke toko tersebut. Begitupun dengan orang lain, mereka akan senang berbelanja di toko anda jika pelayanan yang diberikan pun baik.

Strategi Pemasaran Hubungan Saling Menguntungkan

Waralaba minuman
Foto: Pxhere

Sepertinya siapapun ketika membuka usaha maka pikirannya akan selalu mengharapkan keuntungan. Bahkan ada orang yang membiarkan dia untung sendiri sedangkan orang lain mendapatkan kerugian. Nah sifat seperti itu tidak baik di dalam berbisnis. Buatlah sistem simbiosis mutualisme alias saling menguntungkan.

Jangan hanya fokus pada keuntungan pribadi, jika anda ingin mendapatkan loyalitas dari pelanggan maka pikirkanlah juga keuntungan apa yang bisa didapatkan oleh pelanggan anda. Hal itu sangat berdampak terhadap keberlangsungan bisnis anda kedepannya. Jika anda menjual produk yang tidak berkualitas dengan harga yang mahal, maka lama-lama orang tidak akan percaya kepada toko yang anda kelola.

Melakukan Interaksi dengan Pelanggan

Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang bisa dibilang ampuh adalah dengan melakukan interaksi sebelum atau sesudah transaksi. Anda dapat melakukan interaksi sebelum transaksi dengan menanyakan apa yang orang butuhkan, lalu berikan solusi terbaik. Atau bisa juga interaksi setelah transaksi, di era modern ini anda dapat mengirimi pelanggan berupa pesan WhatsApp ataupun email marketing.

Akan tetapi perlu diingat, berinteraksi lah sewajarnya. Jangan memaksa orang untuk membeli produk anda. Lakukan interaksi dengan prinsip soft selling sehingga orang tidak keberatan dan tidak merasa sedang berbicara dengan sales.

Strategi Pemasaran Membuat Layanan Konsumen

Peluang Usaha Modern
Peluang Usaha Modern

Jika bisnis anda sudah besar, ada baiknya anda membuat tim yang khusus melayani keluhan atau masukan dari pelanggan. Ini merupakan teknik strategi pemasaran yang cukup efektif mengingat sekarang ini perkembangan komunikasi semakin maju. Anda dapat membuat layanan telepon atau WhatsApp untuk mendengarkan keluhan dan keinginan pelanggan.

Buatlah pelanggan seperti menjadi raja dan berikan mereka layanan terbaik. Dengan begitu, percayalah bisnis anda akan bisa berkembang lebih jauh lagi dan mendapatkan prospek penjualan yang besar.

Memberikan Kemudahan di dalam Pembayaran

Kelebihan dan Kekurangan Jual Produk di Marketplace
Marketplace

Pernahkah anda membeli sesuatu di toko online? Mengapa anda sangat menyukai toko online tertentu? Barangkali jawabannya adalah karena mereka menawarkan sistem pembayaran yang beragam dan memudahkan calon pembelinya.

Nah tentu ini bisa anda tiru dan terapkan di dalam bisnis yang anda kelola. Dengan banyaknya pilihan metode pembayaran tentu akan membuat pelanggan merasa nyaman dan tidak segan untuk berbelanja di toko anda lagi nantinya. Kenyaman pelanggan akan menjadi point lebih untuk bisnis anda.

Jika anda mempunyai toko offline cobalah tawarkan sistem pembayaran dengan e-money, kartu kredit atau lain sebagainya. Terlebih jika anda mempunyai toko online, anda dapat menyediakan alamat rekening transfer dari berbagai bank serta kartu kredit, paypal, atau penyedia online payment lain.

Penutup

Nah demikianlah informasi tentang strategi pemasaran dengan menjaga loyalitas pelanggan. Semakin bagus anda menjaga loyalitas pelanggan maka akan berdampak besar kepada bisnis anda kedepannya. Berikanlah layanan yang memuaskan dengan prinsip berbisnis saling menguntungan. Jangan hanya ingin mendapatkan keuntungan sendiri tetapi berikanlah feedback positif kepada pelanggan anda.