,

Yakinkah Konsumen Toko Online Anda dengan 4 Cara Testemoni ini

by -8 views
Strategi Pemasaran - Toko Online
Strategi Pemasaran - Toko Online

Persaingan bisnis online sekarang semakin ketat serta memerlukan inovasi dan kreasi. Begitu pun terkait dengan strategi pemasaran, ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan penjualan produk. Strategi pemasaran yang cukup ampuh adalah dengan meminta testimoni dari pelanggan yang telah membeli produk Anda.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan testimoni agar lebih maksimal? Nah pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa tipe testimonial yang bisa anda tiru.

Memaksimalkan Testimonial

Strategi Pemasaran - Toko Online
Strategi Pemasaran – Toko Online

Sebagaimana yang kita ketahui testimoni adalah pernyataan ataupun kesaksian dari orang yang telah membeli produk Anda. Ini bisa anda letakkan di toko online ataupun media sosial. Berikut ini beberapa tipe testimoni yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan pembeli:

1. Strategi Pemasaran Testimoni Pelanggan

Sudah tentu kita pernah melihat toko online yang memajang testimoni dari pelanggan. Ini cukup mudah anda dapatkan karena hanya meminta kesaksian dari pelanggan yang pernah membeli di toko online anda. Tanyakan kepada pelanggan tentang kepuasan berbelanja di toko online yang anda kelola kemudian minta izin lah untuk menjadikan kesaksian mereka sebagai testimoni.

Karena itu anda perlu menjaga kualitas produk supaya pelanggan Anda puas dan mereka mau memberikan testimoni yang bagus. Tentu ini seperti timbal balik antara anda dan pelanggan, ketika anda memberikan pelayanan terbaik maka mereka pun akan memberikan kesaksian yang baik pula.

2. Strategi Pemasaran Meminta Testimoni dari Ahli

Tipe testimoni kedua adalah dengan meminta dukungan dari para ahli yang mengerti atau memiliki fashion yang sama dengan produk yang Anda jual. Ini bisa disebut dengan testimoni kredibel karena memang berasal dari orang yang ahli dibidang tertentu.
Tentunya untuk mendapatkan testimoni dari para ahli tidak semudah mendapatkan testimoni dari pelanggan. Biasanya para ahli akan menilai terlebih dahulu apakah produk yang Anda jual memiliki kualitas baik atau tidak.

Misalnya Anda memiliki bisnis kuliner, maka anda perlu untuk meminta pendapat kepada chef ataupun orang yang terkenal di bidang kuliner. Ini cukup efektif untuk meningkatkan kredibilitas toko online anda serta membuat calon pembeli lebih percaya. Bukan hanya itu, toko online pun akan lebih populer.

3. Strategi Pemasaran Memanfaatkan Influencer

Testimoni selanjutnya bisa anda gunakan adalah dengan meminta pendapat kepada influencer. Ajaklah mereka untuk bekerja sama untuk membranding toko online anda. Influencer tentunya memiliki pengaruh besar di media sosial, karena itu jika anda mampu bekerjasama dengan influencer maka toko online akan lebih populer dan terpercaya.

Yang terpenting Anda harus memilih influencer yang tepat untuk membranding toko online. Terkait budget, bekerjasama dengan influencer memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Terlebih jika influencer tersebut memang memiliki pengikut di media sosial yang banyak.

4. Buatlah Testimoni dengan Berbagai Versi

Jika anda telah berhasil mengumpulkan berbagai macam testimoni, langkah selanjutnya buat testimoni tersebut dalam versi yang berbeda-beda. Buatlah testimoni dengan video, audio atau visual sehingga mampu membuat calon pembeli lebih percaya.
Testimoni bisa dibuat seperti video wawancara yang menanyakan kesaksian pembeli atau para ahli terkait produk yang anda tawarkan. Buatlah dengan gaya yang elegan dan tidak terkesan seperti sedang iklan.

Penutup

Nah demikianlah ulasan tentang cara memaksimalkan testimoni untuk meningkatkan penjualan toko online Anda. Semoga artikel ini bermanfaat serta membantu anda untuk memaksimalkan strategi pemasaran toko online. Jika Anda merasa pembahasan ini bermanfaat silahkan untuk share kepada keluarga atau teman Anda.

Baca juga artikel terkait Manfaatkan Ilmu Psikologi Ini untuk Strategi Pemasaran Produk.