,

Jangan Hanya Membuat Toko Online, Pelajari Juga Strategi Pemasarannya 

by -5 views
Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran

Sekarang telah banyak orang menggunakan toko online untuk menjual produk dagangan mereka. Karena itu setiap orang harus memiliki strategi pemasaran masing-masing. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri karena hal itu memerlukan sumber daya yang tidak sedikit.

Orang Indonesia sendiri telah menyadari bahwa memiliki toko online untuk bisnis itu sangat penting. Akan tetapi banyak orang belum mengetahui bagaimana cara mempromosikan toko online agar lebih maksimal. Nah pada kesempatan ini kita akan membahas strategi tersebut untuk meningkatkan penjualan toko online anda.

Memaksimalkan Strategi Pemasaran Toko Online

Strategi Pemasaran
Strategi Pemasaran

Selain di media sosial anda juga bisa memajang produk di toko online. Walaupun ini memerlukan sumber daya yang cukup banyak, baik itu terkait biaya, waktu, hingga SDM tetapi memiliki toko online akan berdampak besar terhadap kemajuan usaha Anda. Berikut ini beberapa strategi pemasaran toko online yang bisa Anda coba:

1. Strategi Pemasaran Menggunakan Blog

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah membuat blog tersendiri untuk toko online. Dengan cara ini seolah-olah toko online Anda buka selama 24 jam. Buatlah konten yang menarik dan tentunya SEO Friendly agar mudah ditemukan oleh mesin pencari Google.

Anda bisa membahas artikel yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Dengan begitu calon pembeli akan mendapatkan informasi tambahan untuk lebih mengenal produk Anda. Buatlah soft selling yang menarik dan terkesan tidak sedang iklan.

2. Strategi Pemasaran Beriklan di Facebook

Salah satu platform yang menjadi rujukan untuk menjadi media iklan adalah Facebook. Anda bisa menggunakan Facebook Ads yang tentunya berbayar untuk meningkatkan trafik kunjungan toko online. Teknik iklan di Facebook mungkin memerlukan penjelasan yang lebih rinci, akan tetapi pada dasarnya anda hanya perlu mengarahkan audience iklan di Facebook ke ke toko online yang anda kelola.

Ada banyak fitur yang bisa digunakan untuk toko online anda, salah satunya adalah Facebook Pixel. Facebook pixel berguna untuk mencatat data calon pembeli yang potensial untuk re-targeting pemasaran toko online. Anda bisa menawarkan ulang iklan di Facebook untuk menargetkan orang-orang yang kemungkinan besar akan membeli produk Anda.

Keuntungan iklan di Facebook adalah bisa menarget audience yang memang memiliki kecenderungan tertentu atau juga terkait usia, gender, demografi, dan lain sebagainya.

3. Email Marketing

Untuk bisa menjalankan email marketing tentu anda harus memiliki database email yang potensial. Untuk mendapatkan itu anda bisa menggunakan website untuk menjaring email dari orang-orang yang berkunjung ke toko online anda.

Buatlah semacam promo tertentu yang mengharuskan orang memberikan email kepada anda. Misalnya promo diskon akhir tahun, anda bisa menawarkan promo ini kepada calon pembeli di pertengahan tahun dengan syarat mereka harus memberikan email kepada anda terlebih dahulu.

Email yang diberikan oleh calon pembeli memang nantinya digunakan untuk mengirim promo akhir tahun. Akan tetapi anda juga bisa menawarkan promo lain sebelum akhir tahun tersebut.

4. Optimasi Web

Jika anda memiliki toko online tentunya harus mengoptimasi toko tersebut untuk mendapatkan traffic yang besar. Optimasi berguna agar mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya bisa dengan mudah menemukan toko online anda dengan kata kunci tertentu.

Target lah kata kunci sesuai dengan produk yang Anda jual. Misalnya anda menjual jam tangan custom, maka optimasi lah website anda dengan kata kunci “jam tangan” ataupun “jam custom”.

Hal ini mungkin memerlukan ahli di bidang optimasi tersebut. Anda bisa mencari jasa optimasi di internet dengan harga tertentu. Harga optimasi tentu tergantung dengan berapa banyak persaingan pada kata kunci yang anda pilih. Semakin sulit persaingannya tentu jasa optimasi akan semakin mahal.

Penutup

Nah demikianlah pembahasan tentang cara memaksimalkan strategi pemasaran toko online untuk meningkatkan penjualan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda yang bingung bagaimana strategi pemasaran terbaik untuk toko online. Semua tips yang telah disebutkan di atas tidak menjamin strategi promosi akan berhasil, karena hal itu kembali lagi kepada Anda yang merupakan ujung tombak sebagai pengeksekusi.

Baca juga artikel terkait Manfaatkan Ilmu Psikologi Ini untuk Strategi Pemasaran Produk.