,

Sukses Memulai Bisnis Digital, Apa Kelebihannya?

by -17 views
Sukses Bisnis Digital, Apa Yang Perlu Disiapkan?
Sukses Memulai Bisnis Digital, Apa Kelebihannya?

Di artikel sebelumnya kita membahas banyak terkait rekomendasi ide memulai bisnis digital. Tetapi tidak banyak yang mengetahui sukses memulai bisnis digital ini memiliki banyak kelebihan dibanding bisnis yang lain.

Karena itu untuk menyempurnakan pembahasan tersebut di artikel ini kami akan mengulas beberapa kelebihan jika memiliki bisnis dengan platform digital. Untuk anda yang masih ragu-ragu, silahkan simak pembahasan di bawah ini hingga selesai.

Sukses Memulai Bisnis Digital, Ini Kelebihannya

Sukses Memulai Bisnis Digital, Apa Kelebihannya?

1. Memiliki Pilihan yang Sangat Beragam

Perkembangan teknologi diprediksi akan terus meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Itu artinya, berbagai inovasi kemungkinan akan terus lahir serta dihasilkan oleh manusia.

Hal itu tentu juga berdampak terhadap peluang usaha. Hal yang diperlukan adalah kecerdasan dalam mengamati berbagai kebutuhan pasar. Setelah menemukan persoalan di tengah masyarakat anda dapat menawarkan solusi yang berbasis platform digital.

Sebut saja start up Gojek. Di awal pendiriannya Gojek memang berusaha untuk mengatasi permasalahan yang ada di Jakarta. Yaitu terkait kemacetan serta banyak ojek yang hanya mangkal di pangkalan sehingga mereka tidak produktif.

2. Sukses Memulai Bisnis Digital Memiliki Tujuan Jangka Panjang

Di tahun 2018 lalu saja, pertumbuhan internet di Indonesia mencapai 171 juta jiwa. Bisa anda bayangkan bagaimana pertumbuhan tersebut di masa depan nanti.

Besar kemungkinan transformasi digital akan semakin menggila serta menumbuhkan potensi-potensi baru. Tentu siapa pun menyadari, jika tidak turut ambil bagian dari pertumbuhan internet maka akan ketinggalan.
Selain itu, bisnis digital juga adalah upaya yang perlu dilakukan agar setiap bisnis atau individu dapat memiliki identitas online.

3. Dapat Melakukan Ekspansi Pasar Yang Lebih Luas

Jika anda memiliki toko fisik di sebuah wilayah tertentu, maka penjualan atau penawaran jasa hanya sebatas wilayah tersebut. Berbeda ketika bisnis tersebut masuk ke ranah digital. Anda dapat melakukan ekspansi pasar yang lebih luas dan tidak terbatas oleh wilayah. Anda dapat menjual produk hingga ke pelosok nusantara bahkan ke mancanegara.

Selain itu bisnis juga dapat dijalankan selama 24 jam penuh dan dari manapun. Tentu hal tersebut berbeda ketika pengusaha hanya mengelola sebuah toko fisik atau offline yang terbatas oleh waktu serta tidak bisa dijalankan di mana pun.

4. Pelanggan Akan Merasa Lebih Nyaman

Bisnis digital bisa menjadi solusi terhadap permasalahan yang ada di masyarakat. Misalnya di tengah kesibukan yang begitu padat, banyak orang yang tidak sempat untuk datang ke sebuah tempat guna membeli sebuah produk.

Tetapi dengan adanya bisnis digital pelanggan akan merasa nyaman karena permasalahan di atas dapat diselesaikan dengan hanya membuka ponsel kemudian memesan produk yang diinginkan.

Ketika ada orang ingin membeli novel kesukaan, sekarang tidak perlu repot lagi ke toko buku, karena orang tersebut dapat membelinya dalam bentuk ebook praktis dan dengan harga terjangkau.

5. Memiliki Potensi Penghasilan yang Sangat Besar

Keuntungan lain bisnis digital adalah potensi keuntungan yang begitu sangat besar. Seperti telah disinggung di atas bahwa, penggunaan internet di Indonesia pada tahun 2018 saja telah mencapai 171 jiwa. Itu artinya potensi penghasilan dari angka tersebut juga sangat besar.

Terlebih jika anda dapat menjangkau pasar ke seluruh dunia. Bisa dibayangkan bagaimana luasnya potensi pasar serta keuntungan yang bisa didapat.

Penutup

Kita telah membahas sedikit banyak terkait kelebihan bisnis digital. Dengan menekuni bisnis ini secara sungguh-sungguh bukan tidak mungkin anda akan memperoleh kesuksesan.

Semoga pembahasan ini bermanfaat dan silahkan share kepada kerabat atau teman anda. Terima kasih.