, ,

Sukses Usia Muda, Ini Tips Bisnis dari Orang Terkaya

by -4 views
Cara sukses usia muda
Cara sukses usia muda

Semua orang tentunya bercita-cita menjadi pengusaha muda. Banyak contoh pengusaha muda yang sudah menunjukkan kesuksesannya. Maka dari itu, banyak orang yang mencari cara sukses usia muda. Salah satunya mencontoh berbagai pengusaha yang sudah mencapai kesuksesannya.

Cara sukses usia muda sebenarnya gampang-gampang sulit. Banyak yang mengatakan seseorang bisa sukses karena sudah keturunan kaya. Namun, cara sukses di usia muda juga bisa didapatkan dengan kerja keras. Banyak para pengusaha muda yang mulai karirnya dari titik nol.

Jika kamu salah satu orang yang ingin menjadi pengusaha muda, ada beberapa tips dari orang terkaya yang bisa kamu contoh. Salah satunya adalah keluarga Hartono. Keluarga ini merupakan orang terkaya di Indonesia sampai saat ini.

Seperti dilansir oleh Forbes, kekayaan keluarga ini mencapai angka Rp 170 T. Beberapa bisnis di bawah keluarga Hartono antara lain grup Djarum dan Bank BCA. Kamu pasti penasaran bagaimana cara sukses muda ala keluarga konglomerat ini?

"Cara

1.Terus gigih memperjuangkan visi dan misi

Sebagai pengusaha muda, kamu harus memiliki visi dan misi terhadap bisnis yang sedang kamu kembangkan. Jangan sampai kamu menjadi pengusaha yang tidak punya prinsip. Memang terlihat mudah, tapi cara sukses usia muda ini kerap tidak dilakukan banyak orang.

Banyak orang yang hanya berorientasi pada keuntungan semata. Padahal, prinsip bisnis yang baik akan membuat bisnis kamu menjadi lebih lancar jalannya. Tak hanya itu, memperjuangan visi dan misi juga menuntut kamu memiliki skill tinggi.

Pengusaha muda sukses harus memiliki kemampuan analisis yang baik serta pengambilan keputusan yang tepat dalam berbagai kondisi. Sebagai pengusaha, mungkin akan menghadapi kondisi sulit. Berani bersikap dan mengambil keputusan adalah prinsip yang wajib dilakukan agar sukses di usia muda.

"Cara

2.Terus melakukan inovasi.

Siapa sangka keluarga Hartono juga sempat mengalami fase terpuruk. Namun, keluarga ini kemudian tak tinggal diam. Justru ia sukses melakukan inovasi. Hal inilah yang menjadi salah satu kunci sukses usia muda.

Keluarga ini sempat mengubah usaha kecil yang hampir bangkrut. Kala itu, pabrik rokok Djarum mengalami kebakaran besar dan pastinya menimbulkan kerugian besar. Tak sampai situ, keluarga ini pun mencoba berinovasi dengan melakukan modernisasi seluruh peralatan pabrik.

Siapa sangka keputusan yang bisa dibilang nekat itu malah membuat Djarum jadi berkembang pesat. Saat itu, Djarum sukses mengekspor produknya ke luar negeri. Akhirnya Djarum masuk ke dalam perusahaan rokok yang menyumbang cukai tertinggi bagi Indonesia.

"Cara

3.Disiplin dan tidak pernah menyerah

Dalam suatu wawancara, Michael Bambang Hartono pernah mengungkapkan bahwa moto hidupnya adalah never give up. Ia sendiri mengakui kegagalan sering ia alami. Namun, ia tidak pernah berhenti untuk berjuang sampai titik darah penghabisan.

Menurutnya, kegagalan bukanlah penghambat kesuksesan. Seorang pengusaha muda pastinya memiliki risiko untuk mengalami kegagalan. Hanya saja bagaimana usaha seseorang agar meminimalisir kegagalan tersebut. Sikap pantang menyerah tersebut juga dibarengi sikap kedisiplinan tinggi.

Keluarga Hartono sangat menjunjung tinggi ilmu. Saat gagal sekalipun, mereka tak kenal lelah untuk belajar dan belajar. Hal ini dilakukan agar mengetahui langkah tepat yang akan diambil supaya dapat bangkit dari kegagalan.

"Cara

4.Jangan ragu kembangkan uang

Cara sukses usia muda berikutnya adalah tahu mengetahui cara mengembangkan uang. Ketika dapat keuntungan, jangan kemudian cepat puas dan justru menghabiskan uang tersebut. Keluarga Hartono terus berjuang mendapatkan banyak hal.

Ketika sudah mengembangkan Djarum, kemudian terus berkembang hingga kini membeli bank BCA. Selain itu, mereka juga merambah ke perkebunan sawit serta properti. Tidak hanya bermain di Indonesia saja, saham keluarga ini pun merambah ke perusahaan internasional.

Cara sukses usia muda
Cara sukses usia muda

5.Sering beramal

Prinsip bisnis yang sehat sangat dianut oleh keluarga ini. Prinsip inilah yang dianggap banyak orang sebagai kunci sukses . Keluarga ini pun langsung membangun sebuah yayasan yang disebut Djarum Foundatuon. Berbagai kegiatan pun dilakuka mulai dari beasiswa pendidikan, operasi katarak gratis hingga donor darah.

Hingga yang terkenal dan sempat menimbulkan polemik adalah pembinaan atlet bulu tangkis. Semua itu dilakukan oleh keluarga Hartono sebagai ucapan syukur atas bisnis yang bisa berkembang hingga saat ini.