Sumber Inspirasi Untuk Jenis Usaha Kecil Menjanjikan

by -8 views
Foto orang mencatat ide
Catat semua ide yang muncul untuk usaha kecil menjanjikan impian Anda

Banyak orang yang ingin melakukan usaha, tapi terbentur pada pertanyaan, “Bisnis apa yang bagus buat saya kerjakan ya?” Anda tahu modal yang Anda punya terbatas. Beberapa terus maju berusaha menjawab pertanyaan tersebut. Beberapa menyerah dan balik badan, batal berbisnis. Anda tentu tidak ingin menjadi bagian dari yang terakhir itu, bukan? Cari terus ide untuk usaha kecil menjanjikan yang Anda impikan.

Selama Anda punya tekad, jalan akan terbuka. Anda akan menemukan momen di mana Anda merasa ide usaha yang tiba-tiba turun dari kahyangan itu, benar-benar pas untuk Anda.

Kenali sumber ide yang bisa Anda gali agar Anda bisa segera memulai usaha kecil menjanjikan impian Anda.

 

5 sumber ide untuk usaha kecil menjanjikan impian Anda

 

1. Kehidupan sehari-hari

Sumber ide berlimpah di kehidupan kita sehari-hari. Joy Mangano, menjadi triliuner karena dia menciptakan alat pel yang wow mejik. Nadiem Makarim, menjadi sukses karena ide sederhana tentang kurir yang membantu memecahkan banyak masalah penduduk kota. Sedari bangun pagi, amati apa yang Anda kerjakan. Saat mandi, ah, mengapa tidak bikin sabun dengan aroma yang Anda suka? Saat sarapan, hmm, selai yang ada sekarang kurang memenuhi selera; kalaupun ada, harganya mahal. Begitu seterusnya. Amati setiap kegiatan, setiap reaksi Anda baik itu puas maupun ketidakpuasan, sampai Anda menemukan momen “Aha! This is it!”.

 

2. Marketplace, tempat jutaan usaha kecil memulai bisnis

Tampilan kategori produk di Tokopedia
Tampilan kategori produk di Tokopedia bisa menjadi sumber ide usaha Anda

Mencari ide usaha kecil yang menjanjikan bisa juga dengan mengandalkan marketplace seperti Tokopedia. Di sana ada puluhan kategori produk yang bisa Anda teliti. Cari yang sesuai minat, bakat dan kemampuan Anda. Bukan hanya usaha kuliner yang tersedia, tapi juga usaha otomotif, jual beli buku bekas, interior rumah, dan ratusan ide usaha lain. Perhatikan produk mana yang mendapat banyak ulasan, sebagai pertanda itu produk jualan yang laris.

 

3. Pusat perbelanjaan

Foto pusat perbelanjaan
Jalan-jalan di pusat perbelanjaan selain menyegarkan mata, juga bisa cari ide usaha

Hakikatnya sama seperti marketplace, hanya saja pusat perbelanjaan ada di dunia nyata, bukan virtual. Jika Anda mentok karena belum juga dapat ide, sempatkan untuk berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan terdekat. Amati kegiatan yang ada di sana. Dari tempat parkir sampai ke pujasera. Masuk ke supermarket dan lihat produk-produk yang terpajang di etalase. Di pusat perbelanjaan, Anda bisa juga menemukan berbagai jenis outlet waralaba yang bisa menjadi sumber ide untuk usaha modal kecil.

4. Riset di internet tentang usaha kecil menjanjikan

Riset di internet tidak hanya di marketplace, namun juga berbagai tempat lain. Google adalah penyedia jawaban terlengkap bagi pertanyaan Anda. Cari kisah sukses pengusaha muda, browsing tentang usaha kecil yang menjanjikan, buka direktori waralaba yang ada, gunakan alat seperti Google Trend untuk mengetahui apa saja yang lagi trend saat ini. Anda juga bisa pantengin selalu blog seperti Infobiznis yang selalu menyediakan informasi bisnis terpercaya. Niscaya, Anda akan menemukan beberapa ide yang berharga untuk Anda eksplore lebih lanjut.

 

5. Teliti diri sendiri

Apakah Anda punya bakat? Kemampuan? Minat khusus? Ubah itu menjadi sumber penghasilan. Anda suka berjalan-jalan? Coba bikin paket wisata yang lain dari yang lain. Suka makan-makan? Coba bikin blog atau video untuk Instagram Stories dan YouTube, yang merekam kegiatan makan beserta ulasanmu. Bagi kamu yang suka menjahit, kreasikan bermacam produk jahit yang laku di pasaran. Tidak ada yang tidak mungkin. Merasa tidak punya bakat dan kemampuan? Pasti Anda punya minat tentang sesuatu. Eksplore dan belajar tentang apa yang Anda minati, sehingga Anda punya kemampuan baru.

 

Tidak ada yang tidak mungkin. Kata pepatah, ada niat ada jalan. Buktikan bahwa Anda punya modal pertama menjadi pengusaha: tekad yang kuat. Temukan ide bisnis yang Anda suka dan sesuai dengan budget modal Anda. Selanjutnya, tinggal masalah eksekusi saja dan usaha kecil menjanjikan segera terwujudkan.