,

Tanaman Pertanian yang Paling Menguntungkan serta Tips Suksesnya

by -11 views
Tanaman Pertanian yang Paling Menguntungkan
Tanaman Pertanian yang Paling Menguntungkan

Tidak banyak orang yang memiliki gagasan briliant untuk membuka usaha pertanian. Kebanyakan orang lebih memilih untuk bekerja kantoran atau membuka usaha kuliner. Padahal banyak tanaman pertanian yang paling menguntungkan serta memiliki prospek masa depan cerah.

Berikut kita akan membahas terkait beberapa tanaman pertanian yang paling menguntungkan yang bisa Anda coba.

Rekomendasi 4 Tanaman Pertanian Menguntungkan

Tanaman Pertanian yang Paling Menguntungkan
Tanaman Pertanian yang Paling Menguntungkan

Sebenarnya ada banyak jenis tanaman pertanian, akan tetapi sangat sedikit yang memiliki potensi keuntungan besar. Nah berikut kami telah memilih beberapa apa jenis tanaman pertanian yang bisa mendatangkan laba keuntungan besar;

  • Kurma tropis

Banyak dari kita yang berpikir jika menanam kurma di Indonesia adalah hal yang mustahil. Mereka berpendapat jika tanaman kurma hanya cocok tumbuh di Timur Tengah. Pendapat itu tidak sepenuhnya benar, karena sekarang Anda dapat menanam jenis kurma tropis.

Dokter Muhammad Reza selaku pakar buah dari kota Bogor menjelaskan, jika tanah Indonesia sebenarnya memiliki peluang yang baik untuk ditanami pohon kurma. Kurma yang cocok adalah jenis kurma tropis, hal itu karena memang kondisi agroklimat indonesia hampir sama dengan Thailand.

Nah Thailand sendiri adalah negara yang berhasil membudidayakan jenis kurma tropis di kawasan Asia Tenggara. Bahkan petani-petani di sana mau favoritkan komoditi kurma sebagai tanaman pertanian.

  • Tanaman kedelai

Di Indonesia tanaman kedelai memang sudah tidak asing lagi. Karena itu banyak yang mencari tanaman kedelai untuk dibuat menjadi olahan makanan.
Salah satu jenis olahan makanan yang terbuat dari kedelai adalah tempe. Tentu hal itu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Kebutuhan konsumsi tempe masih terus memiliki prospek yang cerah, Anda dapat menjadi supplier kedelai untuk kebutuhan tersebut.

Selain itu kedelai juga bisa diolah menjadi di susu atau produk-produk. Kandungan gizi di dalam kedelai pun menjadi daya tarik tersendiri. Kedelai memiliki kandungan protein nabati yang tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

  • Kelapa kopyor

Barangkali kita semua pernah mendengar atau pernah tahu es kopyor. Minuman ini selain enak juga sangat menyegarkan. Tapi yang menjadi masalah adalah dahulu untuk menemukan kelapa kopyor terbilang sangat sulit.

Nah sekarang yang Anda dapat membudidayakan kelapa kopyor ini untuk mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit. Menanam kelapa kopyor tidak memerlukan lahan yang sangat luas, Anda dapat menanamnya di lahan pekarangan.

Peluang pertanian menanam kelapa kopyor tidak banyak disadari oleh masyarakat. Padahal keuntungan budidaya kelapa kopyor memiliki prospek yang sangat luas.
Bahkan seorang petani dari Kabupaten Pati bisa menghidupi keluarganya serta menyekolahkan anak-anaknya hingga ke perguruan tinggi dari budidaya 5 pohon kelapa kopyor.

  • Tanaman hidroponik

Barangkali kita semua pernah mendengar informasi terkait tanaman hidroponik. Nah tanaman ini memiliki harga yang relatif mahal jika dijual di supermarket. Karena memang tanaman hidroponik dianggap sebagai alternatif untuk asupan makanan hasil pertanian yang sehat.

Anda dapat menanam berbagai jenis sayuran dengan teknik hidroponik. Misalnya sawi hijau, brokoli, seledri, bayam, cabai, buncis dan lain sebagainya.
Cara penanaman atau budidaya dengan teknik ini terbilang relatif mudah, serta dapat menghemat lahan yang terbatas. Bukan hanya di desa, tetapi Anda dapat mencoba usaha pertanian ini di perkotaan.

Bahkan tidak jarang para pelaku bisnis tanaman hidroponik meraup keuntungan hingga puluhan juta perbulannya.

Tips Sukses Usaha Pertanian

Tanaman Pertanian yang Paling Menguntungkan
Tanaman Pertanian yang Paling Menguntungkan

Di atas kita telah mengetahui beberapa rekomendasi pilihan tanaman yang menguntungkan, berikut adalah tips sukses usaha pertanian;

  • Pahami ilmu; kunci sukses di dalam usaha pertanian adalah memiliki ilmu terkait bidang tersebut. Anda dapat mempelajarinya melalui internet atau mencari mentor yang sukses usaha pertanian.
  • Memahami musim tanaman; ini sangat penting untuk meraih kesuksesan usaha pertanian. Anda harus mengerti kapan musim terbaik untuk menanam jenis tumbuhan tertentu. Karena tidak semua tanaman cocok di di berbagai musim.
  • Mandiri; mulailah untuk mencoba mengolah dan menjual hasil pertanian secara mandiri, hal itu akan memberikan hasil yang lebih maksimal.
  • Bertekad; bisnis apapun tentunya harus diimbangi dengan ilmu dan tekad yang kuat. Pastikan ketika memulai usaha pertanian bukan hanya sekedar coba-coba.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang tanaman pertanian yang paling menguntungkan. Semoga pembahasan terkait usaha pertanian ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda untuk memulai usaha sendiri. Terima kasih dan baca juga pembahasan lain tentang Bisnis Pertanian Modal Kecil Untung Besar yang Bisa Dicoba.