Terinspirasi Pekerjaan Ibu Rumah Tangga, Joy Mangano Menjadi Triliuner

by -25 views
Kisah Sukses Ibu Rumah Tangga Joy Mangano
Sumber: FB Joy Mangano Official

Inspirasi untuk berbisnis bisa datang dari mana saja. Pekerjaan ibu rumah tangga sehari-hari yang terlihat sederhana seperti mengepel pun bisa digarap menjadi usaha bernilai triliunan. Itulah kisah sukses Joy Mangano dari Amerika, yang berhasil menciptakan alat pel di awal tahun 1990an.

Kisah sukses Miracle Mop

Saat ini, siapa yang tak kenal Miracle Mop? Anda bisa mendapatkan Miracle Mop dengan mudah di berbagai supermarket atau marketplace.

Miracle Mop adalah alat pel ciptaan Joy. Kekesalan karena alat pel yang biasa digunakan saat itu dianggap Joy tidaklah praktis, menjadi ide bisnis ibu rumah tangga ini.

Joy tertantang untuk menciptakan alat pel yang praktis dan cepat membersihkan lantai.

Dengan Miracle Mop, mengepel menjadi pekerjaan rumah tangga yang mudah. Alat pel dari plastik ini dengan mudah meremas sendiri jalinan pel yang terbuat dari 90 meter untaian kapas, tanpa membuat tangan kita basah.

Perjuangan Joy tidak mudah. Seperti digambarkan dalam film Joy (2015) yang dibintangi oleh Jennifer Lawrence, saat Joy ingin memasarkan Miracle Mop pertama kali, dia menghadapi ketidakpercayaan dari stasiun televisi khusus home shopping, yaitu QVC. Joy akhirnya turun sendiri membintangi dan mendemonstrasikan sendiri alat pel buatannya itu.

Akhirnya telepon datang bertubi-tubi untuk memesan alat pel yang terbilang ajaib itu. Ide bisnis seorang ibu rumah tangga akhirnya mendatangkan penghasilan yang spektakular.

Namun kisah Joy belum berakhir di situ. Joy masih harus menghadapi masalah utang dan penipuan. Didampingi keluarganya, Joy berjuang untuk menyelesaikan semua masalah.

Tidak hanya Miracle Mop, Joy juga memegang lebih dari 100 hak paten atas ciptaannya. Tidak hanya alat pel, tapi juga tas wanita, koper, hanger dan bantal.

Bayangkan, betapa produktifnya hidup Joy!

Jennifer Lawrence sebagai Joy Mangano di film Joy (2015)
Jennifer Lawrence memerankan Joy Mangano di film Joy (2015)

Menciptakan solusi untuk pekerjaan rumah tangga

Apa yang bisa kita petik dari kisah hidup Joy Mangano?

  1. Ide usaha bisa didapat dari mana saja

Dengan kejelian, Joy membangun bisnis triliunan dari ide sederhana: alat pel. Membersihkan rumah dengan alat pel biasa saat itu membuat Joy frustrasi. Tidak terhenti pada menggerundel dan ketidakpuasan, Joy mencari solusi untuk mendapatkan alat pel yang dia inginkan. Itu kata kuncinya: solusi.

  1. Perlu konsistensi untuk mewujudkan ide

Joy membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menciptakan alat pel yang praktis, dan menghabiskan uang USD 100,000 dari tabungan dan pinjaman. Joy percaya akan ide yang ia miliki dan tetap berusaha meskipun mengalami kegagalan dan penolakan.

  1. Penolakan adalah sukses yang tertunda

Seperti kisahnya dalam biografi berjudul Inventing Joy (2017), awalnya Joy mengalami penolakan dari beberapa toko. Dia tidak menyerah dan mencoba berpromosi di parkiran pusat perbelanjaan, dan berhasil menjual beberapa alat pel buatannya. Seperti kata Joy, “Don’t take a no for an answer.” Saat Anda mendengar kata “Tidak” atau mendapat penolakan, itu adalah titik awal untuk memulai sesuatu, bukan untuk berhenti.

  1. Titik balik

Yang menjadi titik balik adalah saat Joy tampil di QVC, stasiun televisi di Amerika khusus untuk home shopping. Titik balik takkan terjadi tanpa kegigihan dan konsistensi. Jika Joy mudah menyerah, dia akan berhenti berusaha saat produknya ditolak di berbagai toko. Namun Joy pantang menyerah. Dan saat dia sendiri yang mendemonstrasikan Miracle Mop, dia berhasil menjual 18,000 mop dalam waktu kurang dari setengah jam.

  1. Keluarga adalah segalanya

Saat memulai usaha, Joy meminjam uang dari keluarganya. Bagi Joy, keluarga memegang peranan penting dalam hidup. Keluarga selalu ada bagi dia, selalu mendukung di masa baik dan buruk. Jangan pernah lupakan keluarga. Selalu libatkan keluarga dalam putusan penting, karena siapa lagi yang tetap mengingat kita saat kita hancur, dan kepada siapa lagi kita membagikan momen-momen kesuksesan kita apabila bukan pada orang-orang terdekat, yaitu keluarga.

 

Jika Anda seorang ibu rumah tangga dan ingin meraih sukses seperti Joy Mangano, mulailah memperhatikan pekerjaan di rumah yang Anda rasa masih butuh solusi. Mulailah dari hal-hal sederhana, misalnya: cemilan yang ada masih terasa kurang memuaskan? Anda bisa menciptakan cemilan khas dan unik yang bisa Anda pasarkan. Simak tips dan trik memulai usaha di InfoBiznis.com jika Anda masih ragu.