,

Ternyata Banyak, loh, Keuntungan dari Memiliki Pekerjaan Sampingan

by -6 views
Peluang Usaha Modal 50 Juta
Peluang Usaha

Pekerjaan sampingan adalah kegiatan bisnis yang Anda kerjakan selain pekerjaan utama. Misalnya ada seorang pegawai swasta atau pegawai negeri tetapi sekaligus juga memiliki usaha sampingan.

Kebanyakan orang memang susah untuk mengatur waktu mengelola usaha sampingan dengan pekerjaan utama. Akan tetapi jika Anda benar-benar mampu menghandle semuanya, maka akan ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh.

Pada umumnya pekerjaan sampingan sangat erat dengan hobi atau kesukaan seseorang yang bersangkutan. Misalnya orang tersebut menyukai fotografi maka dia akan menjadikan hal itu sebagai usaha sampingan.

Begitupun Jika Anda menyukai wirausaha online, pertanian, ataupun menjadi MC kondangan, maka Anda dapat menjadikan itu sebagai usaha sampingan yang menguntungkan.

Nah berikut ini kita akan membahas terkait beberapa keuntungan memiliki usaha sampingan. Apa saja keuntungan tersebut? Silahkan baca pembahasan ini hingga selesai;

5 Keuntungan Memiliki Pekerjaan Sampingan

Pekerjaan Sampingan
Pekerjaan Sampingan

1. Lebih cepat menghasilkan uang

Tentu saja dengan memiliki pekerjaan utama Anda mempunyai pendapatan tetap setiap bulannya. Nah jika ditambah dengan pekerjaan sampingan ini akan menjadikan Anda lebih cepat untuk menghasilkan uang.

Berbeda dengan pekerjaan kantoran di mana Anda hanya akan mendapat gaji sebulan sekali, usaha sampingan hanya dalam waktu hitungan minggu Anda dapat memperoleh profit.

Bahkan tidak jarang beberapa pekerjaan sampingan dapat menghasilkan uang dalam hitungan hari. Misalnya saja Anda memiliki usaha sampingan sebagai fotografer untuk acara pernikahan. Biasanya penyelenggara acara akan membayar Anda sehari setelah acara tersebut, atau bahkan langsung setelah acara itu selesai.

Atau contoh lainnya adalah Anda berjualan online menjual produk fashion ataupun makanan. Dalam hitungan hari Anda dapat memperoleh keuntungan serta profit dari penjualan tersebut.

2. Sebagai pekerjaan cadangan jika Anda resign dari tempat kerja

Tidak semua orang betah berlama-lama di tempat kerja, terlebih pekerjaannya dilakukan terlalu monoton dan itu-itu saja. Banyak orang memikirkan rencana untuk berwirausaha serta membangun bisnis sendiri.

Nah dengan memiliki usaha sampingan bisa menjadi modal Anda untuk membangun bisnis sendiri serta merencanakan kapan Anda harus resign.

Sebelum berhenti bekerja, Anda perlu berpikir panjang. Salah satunya adalah terkait apakah usaha sampingan yang dikerjakan sekarang dapat memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga sehari-hari.

Jangan sampai karena terlalu bersemangat mengerjakan usaha sampingan lalu Anda mengabaikan pekerjaan tetap yang menjadi sumber utama pendapatan.

Akan tetapi jika pekerjaan sampingan Anda memang memiliki potensi untuk berkembang lebih jauh, tidak ada salahnya Anda untuk memutuskan berhenti dari pekerjaan tetap. Tetapi lagi-lagi hal itu perlu perencanaan yang detail dan tepat.

3. Relasi menjadi lebih banyak

Dengan memiliki usaha sampingan tentunya Anda dapat membangun relasi di berbagai tempat. Anda dapat menemukan teman baru di mana saja. Terlebih jika usaha sampingan Anda berkutat dalam jasa dan pelayanan.

Anda akan mendapati banyak klien dari orang-orang sekitar ataupun orang-orang asing yang belum pernah dikenal.
Nah inilah waktunya untuk Anda memperluas relasi serta hubungan kerja dengan orang lain. Ketika berkenalan dengan klien membangunlah hubungan komunikasi, baik itu untuk keperluan pribadi atau pengembangan bisnis.

Dengan membangun hubungan dan relasi yang baik dengan semua klient, bisa jadi mereka akan menjadi rekan bisnis Anda nantinya.

4. Pengalaman yang semakin bertambah

Jika Andai memiliki pekerjaan atau bisnis sampingan, tentunya hal ini akan menambah pengalaman Anda dibanding hanya bekerja di kantor. Ini tidak hanya menghasilkan keuntungan materi, Akan tetapi Anda juga dapat memperoleh value lain yaitu berupa pengalaman.

Terlebih jika usaha sampingan Anda berbeda jauh dengan job deskripsi Anda di kantor. Semakin banyak pekerjaan sampingan yang Anda jalani, maka pengalaman Anda akan semakin bertambah pula. Adapun akan dianggap sebagai orang yang mahir di berbagai bidang dan tidak takut dengan risiko.

5. Menambah daftar pengalaman kerja di cv

Ketika Anda membuat kurikulum vitae didalamnya ada bagian yang menjelaskan tentang pengalaman. Nah dengan adanya pekerjaan sampingan ini hal itu dapat dimasukkan ke dalam kolom pengalaman bekerja tersebut.

Anda dapat mencantumkan pekerjaan sampingan yang pernah dijalani, misalnya sebagai video editor, fotografer wedding, desainer, dan lain sebagainya.

Memulai usaha sampingan bukan hanya akan memberikan value materi, tetapi juga velue lain yang berupa pengalaman berharga

Penutup

Demikian, semoga pembahasan ini bermanfaat untuk kita semua dan baca juga artikel lain terkait 3+ Rekomendasi Peluang Usaha Sampingan Karyawan