Tingkatkan Traffic Toko Online Anda dengan Strategi Pemasaran Blogging

by -11 views
judul blog
Ilustrasi judul blog

Jika Anda memiliki sebuah bisnis dan ingin mengembangkannya tentu harus menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Jika strategi bisnis salah, kemungkinan bisnis tersebut tidak akan berkembang dan kalah oleh kompetitor. Ada banyak cara pemasaran produk yang bisa Anda coba, salah satunya adalah strategi blogging.

Strategi blogging sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan produk di website atau toko online yang Anda kelola. Untuk lebih jelasnya apa saja keuntungan menerapkan strategi ini, simak informasi berikut:

Pengertian Blogging

blog - strategi pemasaran
Ilustrasi blog -Strategi Pemasaran

Tentu kita pernah mendengar kata blog atau blogging yang memiliki arti tempat untuk memposting konten, baik itu artikel, video, audio, gambar dan lain sebagainya secara teratur. Pastinya konten yang dibuat harus valid dan bermanfaat untuk para pembaca.

Blog yang sengaja dibuat dengan nilai kemanfaatan tentu akan memberi value terhadap pembuat blog tersebut ataupun pembaca. Karena itu, menggunakan strategi blogging untuk pemasaran produk toko online sangat berguna untuk meningkatkan prospek penjualan.

Keuntungan Menggunakan Strategi Pemasaran Blogging

keuntungan
Ilustrasi keuntungan blog

Jika Anda berhasil menerapkan strategi blogging untuk pemasaran, maka akan ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Keuntungan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Pengunjung yang Relevan

Banyaknya trafik pengunjung ke toko online Anda melalui blogging tentu akan meningkatkan prospek penjualan. Terlebih,pengunjung yang berasal dari blog memiliki relevansi terhadap bisnis yang Anda kelola.

Ini tentunya mengharuskan Anda untuk membuat blog yang sesuai dengan tema produk. Dengan begitu akan terbentuk komunitas sehingga pengunjung blog memiliki minat yang sama dengan bisnis Anda.

Yang terpenting Anda mengerti bagaimana cara mendatangkan traffic ke dalam blog. Buatlah artikel atau konten lain yang mampu bersaing di halaman terbaik Google.

3. Membangun Kredibilitas Produk

Jika Anda memiliki konten yang bermanfaat untuk orang lain, hal itu akan menaikkan kredibilitas terhadap brand bisnis yang ada kelola. Mengapa demikian? Blogging adalah salah satu cara untuk menyampaikan pesan kepada banyak orang sekaligus. Pastinya ini lebih efektif daripada Anda menyampaikan pesan kepada orang satu persatu.

Dengan memberikan manfaat melalui blogging secara terus menerus, akan ada kemungkinan Anda dianggap export di bidang tertentu. Atau anda akan lebih mudah dikenal dan diingat melalui konten yang bermanfaat di dalam blog.

Inilah mengapa dengan strategi pemasaran blogging, Anda bisa meningkatkan kredibilitas produk ataupun bisnis yang Anda kelola.

4. Strategi Pemasaran Blogging Tingkat Konversi Penjualan

Jika banyak orang telah mengenal Anda dan produk yang Anda jual, maka tingkat konversi akan semakin tinggi. Sebagaimana yang telah disebutkan pada poin 2, kredibilitas sangat penting agar orang percaya dan mau mengambil tindakan untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

Pada dasarnya manusia memiliki sifat kecenderungan lebih percaya kepada orang yang dikenal daripada yang tidak terkenal. Dengan strategi blogging seolah Anda sedang memperkenalkan diri sekaligus produk yang dijual. Sehingga tingkat konversi penjualan produk akan semakin tinggi dan Anda mudah untuk menawarkan produk lainnya ke audience yang telah percaya.

Begitupun dengan survei yang menunjukkan jika orang lebih tertarik melihat informasi dari blog yang berada di halaman Google secara natural daripada iklan berbayar. Jadi kedepannya Anda bisa mengoptimalkan strategi pemasaran toko online melalui blogging.

Untuk keterangan lebih jelas bagaimana cara blogging yang benar, Anda bisa membaca artikel lain di internet ataupun melalui buku-buku. Bahkan bagi Anda yang belum memiliki modal banyak, Anda bisa menggunakan blog secara gratis, akan tetapi kami sarankan untuk menggunakan yang berbayar agar lebih optimal.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang masih bingung mengapa harus menggunakan blogging untuk strategi pemasaran. Baca juga artikel terkait Manfaatkan Ilmu Psikologi Ini untuk Strategi Pemasaran Produk