, ,

4 Tips Jitu Tingkatkan Penjualan Bisnis Online bagi Pengusaha Muda

by -6 views
toko online
Foto: Pexels

Bisnis toko online saat ini menjadi salah satu usaha yang sangat diminati masyarakat, khususnya bagi para generasi muda. Tak heran jika semakin banyak pengusaha muda yang sukses dari menjalankan bisnis online ini. Selain karena lebih mudah untuk dijalankan, bisnis seperti online shop ini sangat menjanjikan karena pangsa pasarnya yang luas dan dapat diakses siapa pun.

Nah, kalau kamu tertarik untuk menekuni bisnis yang satu ini. Terdapat beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan serta omzet yang kamu dapatkan. Pada artikel InfoBiznis berikut, kita akan membahas mengenai cara jitu meningkatkan penjualan bisnis online shop-mu. Apa saja itu? Simak lengkap artikelnya berikut ini, ya!

4 Tips Jitu Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

Bisnis online
Foto: Pexels

1. Tingkatkan kualitas dalam Digital Marketing

Mungkin kamu sering mendengar istilah pemasaran digital atau digital marketing. Istilah ini digunakan untuk menyebut  sebuah aktivitas pemasaran sebuah produk atau pengenalan sebuah brand melalui media sosial atau media-media digital yang lain.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang memudahkan kita dalam hal mengakses internet memberikan dampak positif terhadap berbagai macam aspek. Salah satunya adalah dalam dunia bisnis terutama bagi para pengusaha muda. Lewat internet semua bisa kamu lakukan dengan mudah seperti berjualan, menyebarkan brand awareness, menjangkau pangsa pasar yang lebih luas hingga memantau pergerakan kompetitor.

Nah, dengan kemudahan tersebut kamu bisa memaksimalkan penjualan produk dalam bisnismu dengan memanfaatkan pemasaran digital melalui media sosial, forum jual beli ataupun marketplace seperti Tokopedia. Selain itu, kamu juga bisa membuat situs resmi untuk brand bisnismu sendiri agar terlihat lebih profesional dan terpercaya.

2. Pastikan produk yang dijual ada peminatnya

Calon pengusaha muda harus pandai dalam melihat peluang pasar yang ada. Maka dari itu agar jualanmu cepat laris adalah dengan memastikan bahwa produk yang kamu jual memiliki pasar atau peminatnya. Karena sebagus dan semurah apapun produk yang dijual akan sulit laku jika tidak ada atau jarang sekali peminatnya.

Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah produkmu tersebut memiliki banyak peminat atau tidak adalah dengan mengidentifikasi kebutuhan masyarakat. Ketahui masalah apa yang banyak dimiliki orang-orang dan carilah produk yang dapat memecahkan masalahnya. Dengan demikian jualanmu akan banyak dicari oleh konsumen karena mereka benar-benar membutuhkannya.

3. Berikan penawaran harga yang menarik, seperti diskon atau cashback

Promo seperti diskon atau dan cashback menjadi salah satu strategi marketing paling banyak digunakan dan diminati para konsumen. Nah, untuk menggaet lebih banyak pembeli kamu bisa memberikan penawaran terbaik. Salah satunya adalah dengan memberikan diskon sekian persen untuk beberapa produk yang best seller.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan strategi lain seperti Buy 2 Get 1 Free atau beli 2, barang ketiga bayar setengah harga. Trik ini sangat jitu untuk menarik calon pembeli agar berkunjung dan berbelanja di toko online yang kamu miliki. Tak melulu harus dalam persentase yang besar, kamu bisa memberikan diskon atau cashback kecil namun konsisten sehingga memungkinkan pembeli untuk kembali lagi membeli produkmu.

4. Jual produk yang laku keras di pasaran

Jika suatu produk sangat laku keras di pasaran, maka ada kesempatan untuk bisa berjualan setiap hari walaupun banyak pesaing yang lain. Beberapa produk yang laris manis adalah bahan sembako, aksesoris handphone, produk kecantikan, pakaian wanita, perlengkapan rumah tangga, dan makanan siap saji.

Kamu bisa memulai bisnis online dengan menjual salah satu produk tersebut, memasarkannya melalui media sosial, mengiklankannya, dan memberikan promosi serta diskon yang menarik calon pembeli.

Itulah ke empat tips meningkatkan bisnis online yang dapat langsung kamu praktekkan saat ini juga. Kamu hanya perlu membuka laptop atau ponselmu, lalu buat akun untuk toko online anda dan upload produk pertamamu yang ingin dijual.

Pasang harga dengan memperhatikan kompetitor yang ada. Selain itu pastikan kualitas produk yang kamu jual lebih oke dibandingkan seller yang lain. Hal ini akan menjadi nilai tambah bagi para pembeli yang kesusahan dalam menentukan pilihannya berbelanja.