, , ,

Tips Menjadi Pebisnis Muda Sukses ala Bos Tokopedia

by -8 views
Jualan di Tokopedia

Siapa sih yang tak kenal dengan Tokopedia? Marketplace yang identik dengan warna hijaunya ini menjadi salah satu raksasa e-commerce di Indonesia. Saking besarnya, Tokopedia pernah dinobatkan sebagai digital startup pertama yang mencapai valuasi USD 10 miliar dan membuatnya berstatus Unicorn saat itu.

Kesuksesannya ini tentu tak luput dari peran orang-orang yang ada di belakangnya. Salah satu sosok penting yang membuat Tokopedia besar hingga sampai saat ini adalah William Tanuwijaya, selaku CEO atau Founder dari Tokopedia itu sendiri.

Sejarah singkat Tokopedia

Pebisnis Muda William Tanuwijaya
Foto: Merdeka.com

Berawal dari perseroan terbatas (PT) yang didirikan oleh William Tanuwijaya serta salah seorang temannya, Leontinus Alpha Edison. Tokopedia dulunya sempat diragukan oleh banyak orang. Terutama karena latar belakang CEO-nya yang tak memiliki kaitan dengan bisnis. Tahap pencarian suntikan modal atau dana pun berlangsung sangat sulit.

William mengaku pihaknya mencari modal selama 2 tahun namun tidak mendapatkan hasil karena prospek Tokopedia saat itu benar-benar diragukan. Beragam cara yang ia lakukan untuk membangun network pun juga mengalami kesulitan bahkan hingga gagal.

Namun, tekatnya yang tak pernah padam menuntun William hingga mencapai kesuksesan yang sekarang. Ia berhasil menggaet investor pertamanya dan meluncurkan Tokopedia untuk pertama kali pada tanggal 17 Agustus 2009.

Tips Menjadi Pebisnis Muda Sukses ala Bos Tokopedia

Dikenal sebagai salah satu pebisnis muda yang sukses karena langkah progresifnya. William Tanuwijaya kerap diundang dalam seminar atau acara-acara pengembangan diri yang menginspirasi orang lain.

Kisahnya yang berawal dari operator warnet hingga menjadi CEO perusahaan besar saat ini, tentu membuat semua orang merasa kagum, takjub bahkan terinspirasi. Dalam sebuah sesi acara William pernah berkata, “Saya dianggap punya mimpi ketinggian. Apa yang ingin saya capai dianggap muluk-muluk.”

Namun, kini orang-orang yang semula meragukannya perlahan pun menjadi segan. Impiannya yang sempat dianggap muluk-muluk itu telah berhasil ia capai.

Dari kisah CEO Tokopedia tersebut, kita bisa mengambil hikmah bahwa tak peduli apa yang dikatakan orang. Selama kita percaya dengan kemampuan yang kita miliki, maka hal apapun bisa dilewati dan kesuksesan bukanlah hal yang mustahil.

Nah, dalam sebuah sesi acara William Tanuwijaya pernah bebagi tips sukses bagi mereka yang ingin mulai menjadi seorang pengusaha, terutama bagi kamu yang ingin menjadi wirausaha muda. Penasaran apa saja tips sukses berbisnis dari bos raksasa e-commerce ini? Simak artikel dari InfoBiznis berikut ini, ya.

1. Mindset yang mau maju dan terus berkembang

Bagi William, pola pikir atau mindset seorang pebisnis menjadi salah satu faktor terpenting. Hal ini dikarenakan mereka yang percaya dengan kemampuan dirinya sendiri akan mampu membuat pencapaian yang lebih dari apa yang telah mereka bayangkan.

Selagi seseorang mau untuk terus belajar, maka kesuksesan akan mengikutinya di belakang. Kamu hanya perlu mengasah kemampuanmu yang sekarang dan mempelajari hal-hal baru.

Misalnya, ketika kamu mengalami kegagalan dalam bisnis. Carilah aspek yang salah dan membuatmu gagal, kemudian bangkitlah dan mulai langkah baru dengan memperhatikan evaluasi dari kegagalanmu yang sebelumnya.

2. Pebisnis muda jangan takut bermimpi tinggi

Seorang pebisnis yang tangguh tidak akan pernah takut mimpi yang besar. Mereka terus memimpikan target yang lebih besar ketika berhasil mendapatkan sebuah pencapaian. Hal ini guna memberikanmu motivasi untuk terus berusaha dan melakukan yang terbaik.

Tak ada batasan dalam bermimpi selama masih realistis. Dengan mimpi yang tinggi ini, harapannya akan membantu para pelaku usaha untuk tetap bekerja keras meski dalam situasi yang berat.

Selalu ingat, bahwa kamu memiliki target yang harus dicapai. Menyerah tentu bukanlah jalan.

3. Sikap rendah hati

Sikap positif dalam diri seorang pengusaha haruslah dipertahankan. Tetaplah rendah hati meskipun pencapaianmu sudah tinggi. Bagi William, sifat inilah yang juga berperan penting dalam perjalanan menghantarkan seorang pengusaha ke puncak kesuksesan.

Teruslah belajar dari siapapun. Tidak peduli jika seseorang itu secara strata sosial ada di bawahmu. Karena pelajaran yang baik selalu bisa didapat dari siapapun

Juga jangan pernah merasa cepat puas. Karena hal inilah yang nantinya bisa menjatuhkanmu sewaktu-waktu. Teruslah belajar, berkembang dan berinovasi maka dipastikan bisnismu akan menjadi besar seiring berjalannya waktu.

Nah, itulah tadi beberapa tips sukses dari bos Tokopedia, William Tanuwijaya. Buat kamu para pelaku bisnis terutama pebisnis muda, jangan pernah takut untuk memulai langkah dari nol. Semua bisa dilakukan dengan tekat yang kuat disertai usaha dan doa.

Selamat berproses!