, ,

Tips Usaha Toko Kelontong Anti-Gagal Bagi Pemula

by -8 views
Usaha toko kelontong
Usaha toko kelontong

Anda karyawan namun ingin buka usaha toko kelontong? Membuka usaha mungkin menjadi cara bagi sebagian orang untuk mencari keuntungan yang lebih. Ada kalanya muncul kebosanan karena rutinitas sebagai karyawan. Belum lagi gaji yang tak kunjung naik sehingga penghasilan setiap bulannya tidak bertambah.

Nah, mungkin salah satu usaha kecil yang menjanjikan adalah membuka usaha toko kelontong. Memang usaha ini sudah ada sejak dahulu namun masih banyak digemari banyak orang. Usaha warung kelontong masih diminati karena memang masih dibutuhkan banyak pelanggan. Jika Anda mau mulai usaha ini, yuk ikuti tips berikut ini.

Toko kelontong
Toko kelontong

1.Cari tempat

Tentu saja langkah awal untuk membangun usaha warung kelontong adalah tempat. Pastinya Anda harus mencari tempat yang strategis. Salah satu tempat strategis untuk membuka usaha warung kelontong adalah di tengah pemukiman warga.

Toko kelontong sendiri akan menjual berbagai kebutuhan dasar seperti sembako, makanan dan lain-lain. Semua rumah tangga tentunya membutuhkan itu. Maka dari itu, warung kelontong bisa menjadi usaha kecil yang menjanjikan asalkan di sekitar lokasinya memang banyak pemukiman. Jika tidak strategis lantas siapa yang mau membeli barang jualan Anda?

Toko kelontong
Toko kelontong

2.Lakukan riset terlebih dahulu

Salah satu strategi yang tepat sebelum membuka usaha warung kelontong adalah melakukan survei pasar. Hal ini penting supaya Anda mengetahui target konsumen nantinya. Dengan begitu Anda jadi tahu kebutuhan apa yang dibutuhkan oleh sekitar warung kelontong nanti.

Misalnya ternyata di sekitar usaha warung kelontong ada sekolah dasar. Artinya Anda bisa menjual berbagai macam kebutuhan alat tulis sebab bisa jadi anak-anak sekolah mencari kebutuhan tersebut. Riset ini juga penting untuk mengetahui saingan Anda. Jangan sampai Anda tidak memiliki perbedaan dengan warung kelontong sekitar.

Melakukan riset juga penting untuk menentukan modal usaha. Jika tak ada saingan di sekitar Anda, maka Anda bisa membuat warung dengan modal kecil karena pastinya semua orang akan membeli kebutuhan dasar di toko Anda. Namun jika banyak saingan artinya Anda harus keluar modal lebih besar mengingat perlu menambah jumlah jualan.

Toko kelontong
Toko kelontong

3.Penyesuaian modal usaha toko kelontong

Saat membuka usaha toko kelontong, tentunya modal adalah yang utama. Besar kecilnya warung ditentukan dengan modal yang akan Anda buat. Prinsip pertama sebelum menentukan modal dalam usaha warung kelontong adalah jangan terlalu memaksakan kehendak.

Lakukan usaha toko kelontong sesuai dengan modal yang memang tersedia. Semua orang pastinya ingin untung besar-besaran. Namun sebagai pemula, ada baiknya Anda besabar terlebih dahulu. Meski ini adalah usaha kecil yang menjanjikan tapi bukan berarti Anda bisa terburu-buru mencari modal sebesar-besarnya.

Ada baiknya Anda memastikan bahwa modal yang dipakai adalah benar-benar uang milik Anda. Sebab jika meminjam hal ini justru berdampak buruk bagi usaha warung kelontong. Jika mengalami kerugian, tentu akan semakin sulit sebab Anda harus mengembalikan uang tersebut.

Jadi langkah pertama adalah pastikan modal usaha toko kelontong yang Anda miliki adalah uang Anda. Setelah itu, coba mengatur strategi berikutnya ketika sudah mendapatkan keuntungan. Sebab, usaha kecil menjanjikan ini memang membutuhkan proses. Apalagi modal tersebut harus terus berjalan agar Anda bisa membeli kebutuhan warung kelontong.

Toko kelontong
Toko kelontong

 4. Pilih tempat grosir yang murah

Sebagai penjual toko kelontong, Anda tentu perlu membeli barang-barang untuk toko. Biasanya orang membeli di tempat grosir. Maka langkah awal untuk usaha toko kelontong yang penting dilakukan adalah memilih tempat grosir yang tepat. Usahakan Anda membeli di tempat yang murah dan lengkap.

Anda perlu memperhatikan betul selisih harga yang ditawarkan oleh beberapa tempat grosir. Meski sedikit selisihnya namun perlu diingat Anda membeli dalam jumlah banyak. Selisih tersebut bisa menjadi keuntungan bagi usaha warung kelontong. Luangkan waktu Anda untuk melakukan survei ke beberapa tempat grosir sebelum memilih yang terbaik.

Itu dia tadi trik bagi Anda yang mau membuka usaha warung kelontong. Meskipun warung kelontong adalah usaha kecil yang menjanjikan, tentu Anda perlu mengetahui cara tepat untuk memulai usaha ini. Jangan sampai justru Anda mendapatkan kerugian hanya karena terlalu gegabah dalam memulai sebuah usaha.