,

Untung Besar Jual Buku Via Online, Ini 4 Langkah Memulainya

by -5 views
buku - Toko Online
buku - Toko Online

Dunia literasi di Indonesia belakangan ini sudah mulai tumbuh pesat ke arah positif. Padahal sebelumnya untuk membuka peluang toko online buku sangat suram dan tidak menjanjikan keuntungan besar. Namun belakangan ini kecenderungan membaca orang indonesia mulai meningkat, dan tentunya anda bisa mengambil peluang ini dengan menjual buku secara online.

Menjual buku memulai online terbilang lebih mudah untuk dilakukan ketimbang menjual buku di toko fisik. Ya alasan tentu anda tidak perlu menyewa tempat serta bisa menjangkau penjualan hingga ke seluruh nusantara. Lantas bagaimana cara memulai bisnis jualan buku?

1. Membuat Toko Online

Toko Online Buku
Toko Online Buku

Tahap pertama yang harus anda lakukan tentunya membuat toko di internet untuk memasarkan produk buku yang dijual. Salah satu kunci sukses menjual buku adalah dengan membuat toko online yang menarik serta desainnya yang elegan. Buatlah online market yang antar mukanya nyaman serta cara pembelian yang mudah.

Buatlah online market dengan desain yang bisa menyesuaikan gadget calon pembeli. Maksudnya adalah toko online yang responsive untuk menyesuaikan pengakses baik melalui PC atau smartphone.

2. Bekerjasama dengan Penerbit Secara Langsung

Bekerja Sama - Toko Online Buku
Bekerja Sama – Toko Buku

Bisnis apapun tentunya memiliki pesaing serta perang harga antar sesama penjual. Karena itu, untuk memenangkan persaingan anda harus menawarkan harga terbaik agar calon pembeli buku memilih toko anda. salah satu cara untuk mendapatkan harga terbaik adalah dengan bekerjasama dengan penerbit bukku secara langsung.

Buatlah kerjasama dengan banyak penerbit untuk mendapatkan stok buku yang banyak serta harga yang lebih murah. Target pertama anda harus mencari penerbit yang sering mengeluarkan buku-buku yang populer dan memperoleh banyak penjualan.

Jangan takut untuk menjual produk lebih murah dari kompetitor, apakah bisa mendapatkan keuntungan besar atau tidak. Karena dengan menjual buku lebih murah pastinya akan ada banyak orang memilih toko anda. Dengan semakin banyaknya pembelian di online market anda, maka keuntungan pun akan semakin besar.

3. Memaksimalkan Media Sosial untuk Membangun Komunitas, Bukan Penjualan

Memaksimalkan Media Sosial
Memaksimalkan Media Sosial

Jika anda menjual buku melalui online tentunya harus memakai strategi promosi yang tepat. Buatlah komunitas di media sosial seperti, Instagram, Facebook dan lain sebagainya. Disana anda tidak perlu fokus terhadap penjualan, tetapi fokuslah kepada brand aware yaitu kesadaran orang terhadap bisnis anda.

Apabila anda telah memiliki komunitas di media sosial, anda dapat mengarahkan penjualan di online market saja. Ini cukup efektif agar orang tetap tertarik dengan media sosial Anda tanpa merasa sedang melihat iklan.

4. Branding Produk Toko Online

Branding
Ilustrasi Branding

Salah satu cara yang sering dilupakan oleh penjual online adalah membranding produk atau bisnis mereka. Di dunia online, branding produk sangat berpengaruh terhadap prospek penjualan. Karena itu gunakanlah berbagai cara untuk membranding toko buku online anda.

Jika pada poin ke-4 kita telah membahas agar anda memaksimalkan media sosial, membranding produk lebih dari sekedar itu. Anda juga perlu melakukan berbagai kegiatan dalam rangka membesarkan brand. 

Branding produk bukan hanya untuk menjadi pemenang, tetapi juga agar orang mengetahui jika Anda memang menawarkan pilihan terbaik dari segi kualitas dan juga harga. Berikanlah manfaat kepada audiensi dengan keberadaan bisnis atau brand yang anda kelola. 

Penutup 

Demikianlah pembahasan tentang peluang usaha menjual buku online. Semua trik dan tips yang telah disebutkan di atas tidak menjamin Anda berhasil menjual buku dan mendapatkan keuntungan besar. Hal itu kembali kepada diri anda sendiri yang menjadi peran utama dalam bisnis tersebut.

Sebaik apapun trik dan tips yang diperoleh, jika orang yang bersangkutan tidak mampu action secara tepat maka hal itu akan sia-sia. Karena itu jangan takut untuk mengambil langkah awal untuk memulai bisnis buku online. 

Semoga bahasan ini bermanfaat dan baca juga artikel lain Jualan di Toko Online Sendiri atau di Marketplace Terkenal?