, ,

11 Topik Podcast, Peluang Usaha untuk Mahasiswa

by -7 views
Jadi podcaster bisa jadi ladang usaha yang cocok untuk mahasiswa
Jadi podcaster bisa jadi ladang usaha yang cocok untuk mahasiswa

Podcast makin naik popularitasnya di Indonesia. Buat kamu para mahasiswa yang ingin jadi podcaster, tidak usah bingung memilih topik podcast. Jangan asal-asalan memilih topik. Ingat, kamu tidak ingin sekadar jadi podcaster bukan? Tapi ingin juga mendapatkan penghasilan tambahan. Jadi, pilih topik yang ke depannya bisa jadi ladang usaha untuk mahasiswa seperti kamu.

Pertama-tama, pikirkan dahulu motivasi kamu dalam membuat podcast. Apakah untuk menyalurkan hobi saja? Tulisan ini khusus diperuntukkan bagi kamu yang bermotivasi mendapatkan uang tambahan dari podcast.

Selanjutnya, pikirkan audiens kamu. Pendengar yang seperti apa yang akan menyimak podcast kamu?

Meskipun statusmu mahasiswa, tidak berarti kamu harus mentargetkan sesama mahasiswa juga. Kamu bisa mentargetkan audiens yang lebih luas, yang sesuai dengan topik kamu.

Setelah bisa membayangkan audiens seperti apa yang akan kamu target, kamu bisa mulai memikirkan topik podcast.

Untuk membantu menentukan topik, kamu bisa memuat daftar tentang ide-ide yang terlintas.

Pembahasan apa yang paling kamu suka? Topik apa yang paling bisa membuatmu bergairah untuk terus mencari informasi? Apa yang kamu lakukan di waktu senggang? Apakah kamu punya bakat terpendam, seperti menjadi komedian, penyanyi, atau penyair?

Tulis tentang semua ide yang muncul. Kemudian, coret semua ide yang kiranya kurang memenuhi untuk menjadi jawaban pertanyaan-pertanyaan di paragraf sebelumnya.

Jangan lupa, karena kamu berminat untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari podcast, kamu juga harus memperhatikan trend, dan juga celah untuk monetisasi podcast kamu.

Saring terus hingga tersisa 1 ide.

Microphone dan program editing audio
Microphone dan program editing audio, alat untuk podcast kamu

11 topik podcast untuk digarap jadi ladang usaha untuk mahasiswa

Simak 11 topik di bawah ini, siapa tahu ada yang bisa nyangkut dan kamu angkat sebagai topik podcast!

1. Kisah horror

Kisah horror nggak ada matinya. Masih ingat kehebohan Keluarga Tak Kasat Mata yang populer berawal dari Kaskus? Atau KKN Desa Penari yang dimulai dari Twitter? Jika kamu pecinta kisah horror, kamu bisa angkat topik ini di podcast.

2. Review film / buku / music

Anak muda seperti kamu pasti doyan hal-hal baru atau yang lagi trend. Tentukan apa yang hendak kamu ulas di podcast kamu, misalnya: film, buku atau music. Fokus pada satu topik sehingga kamu akan dikenal sebagai podcaster yang expert tentang topik tersebut.

3. Gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat bisa kamu angkat menjadi topik podcast. Berbagi tips hidup sehat, review tempat fitness dan gym, atau mengulas alat-alat kesehatan, tidak akan ada habisnya!

4. Usaha untuk mahasiswa

Kamu bisa mengangkat apa yang sedang hits saat ini. Atau, mengunjungi satu warung kopi terkenal dan menginterview pemiliknya. Kamu juga bisa mencari model bisnis yang kira-kira bisa jadi usaha untuk mahasiswa seperti kamu, dan kamu bahas serba-serbinya di podcast kamu.

5. Cinta, cinta, cinta

Kalau ini topik yang takkan lekang oleh waktu. Cinta akan selalu menjadi sumber karya.Tentukan format yang kamu kuasai. Apakah kamu akan berpuisi? Atau membacakan surat cinta? Atau berbagi tips seputar percintaan?

6. Komedi

Banyak pendengar podcaster yang menginginkan hiburan dan tidak suka materi yang berat. Apabila kamu berbakat jadi pencerita lucu, kamu bisa menjadi komedian lewat podcast kamu. Ajak beberapa teman untuk mendukung performa kamu.

7. Teknologi

Cukup banyak yang bisa kamu bahas seputar teknologi. Kamu bisa lebih menyempitkan topik ini menjadi lebih fokus. Misalnya, seputar handphone dan gadget? Smart home? Atau tentang inovasi teknologi untuk masa depan?

8. Motivasi

Motivator masih banyak disuka audiens. Meskipun kamu belum menjadi movitator, tidak mengapa jika kamu hendak menggarap topik motivasi untuk podcast kamu. Berbagi tips bagi para mahasiswa agar cepat menyelesaikan studi, atau tentang cara melamar pekerjaan, atau tentang motivasi hidup secara umum.

9. Agama dan spiritualitas

Kamu bisa membahas seputar agama dan spiritualitas dari sudut pandangmu sebagai anak muda. Cari sudut pandang yang segar dan tidak klise. Sesekali, kamu bisa mengundang tokoh pemuda agama yang sejiwa denganmu.

10. Politik

Kebanyakan anak muda menghindari topik politik. Padahal, jika digarap dengan benar, kamu bisa mendapatkan audiens yang luas. Jika studi kamu seputar politik dan hukum, wah, jelas topik ini bisa kamu garap dengan lancar. Atau jika kamu seorang aktivis mahasiswa, angkat topik seputar perjuanganmu di podcast kamu.

11. Podcasting

Bikin podcast tentang podcast? Mengapa tidak? Tentunya, topik ini berlaku jika kamu sudah punya pengalaman tentang podcast. Kamu bisa berbagi tips tentang cara memulai podcast, platform podcast seperti Anchor dan Spotify, cara memperluas jangkauan audiens, atau cara memonetisasi podcast.

 

Gali ide dari kehidupan kamu sehari-hari. Tidak hanya terbatas pada 11 ide di atas, kamu bisa menemukan banyak topik lain untuk kamu garap. The sky is the limit!