Tips dan Trik Memulai Bisnis Bagi Ibu Rumah Tangga

by -23 views
trik memulai bisnis

Pekerjaan ibu rumah tangga tentu bagi sebagian besar wanita merupakan tugas yang mulai. Memilih untuk mengasuh anak serta merawat keluarga adalah tuntutan bagi kebanyakan ibu dan wanita. Namun demikian, bukan berarti seorang ibu rumah tangga tidak bisa berbuat lebih untuk keluarganya. Hingga saat ini tercatat ada banyak ibu rumah tangga yang juga sukses menjalani bisnis. Berkat beberapa tips dan trik memulai bisnis bagi ibu rumah tangga, ada banyak dari mereka yang sukses mendulang pundi-pundi yang tidak sedikit jumlahnya.

Tentu saja hal di atas bisa jadi merupakan hal yang menarik untuk diketahui. Terutama bagi ibu rumah tangga lainnya yang juga ingin sukses dan berhasil. Apalagi di kondisi ekonomi saat ini yang dapat dibilang mulai serba sulit. Pastinya ibu tidak hanya mengemban tugas mengasuh anak dan merawat rumah sehari-hari, tetapi juga memutar otak untuk memastikan seluruh kebutuhan rumah terpenuhi. Nah, pastinya menjadi pertanyaan besar bukan bagaimana cara yang tepat untuk melakukan hal tersebut? Apalagi bagi yang belum pernah mencoba usaha kecil-kecilan yang menjanjikan. Banyak yang ingin sukses dan membantu menambah penghasilan untuk keluarga. Setidaknya bisa sedikit membantu keuangan keluarga tanpa harus melepaskan kewajiban utama menjadi seorang ibu di rumah. Jika ingin tahu apa saja cara yang bisa dilakukan, yuk simak dahulu tips dan trik memulai bisnis bagi ibu rumah tangga berikut ini.

Mencari Jenis Usaha Yang Tepat

Hal pertama yang biasanya dialami oleh sebagian ibu rumah tangga yaitu memilih mana jenis usaha yang tepat untuk dilakukan. Tentu saja ada banyak usaha kecil yang menjanjikan untuk dicoba, tetapi belum tentu jenis usaha tersebut bisa dibilang cocok untuk semua orang. Melihat karakteristik serta kesanggupan tiap orang yang berbeda, maka bisa jadi tidak semua usaha cocok untuk semua orang. Oleh sebab itu pertama sebaiknya cari tahu lebih dulu mana yang paling cocok untuk dijadikan bisnis sampingan di rumah.

Mulailah dengan mencari tahu mana bisnis yang bisa dimulai tanpa modal. Apalagi jika kondisi keuangan dan ekonomi cukup terbatas. Maka berbisnis tanpa modal adalah hal yang paling menguntungkan untuk dilakukan. Cari tahu sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan hal tersebut. Cobalah untuk lebih berani mencari di dunia maya apa saja kira-kira usaha rumah tangga yang bisa dikerjakan saat waktu luang. Mulai dari menjual barang ataupun menjual jasa. Ada banyak pilihan yang bisa dijadikan alternatif. Jika merasa bingung, bisa pula dengan melihat lebih dulu hobi apa yang paling disukai. Misalnya jika suka memasak, maka bisa jadi beberapa pilihan seperti membuat kue atau menulis resep menjadi alternatif usaha sampingan tanpa modal besar.

ilustrasi ibu rumah tangga

Menghitung Modal

Jika sudah mendapatkan bayangan apa jenis usaha yang akan dijalankan, maka tentu diperlukan perhitungan modal yang diperlukan. Seperti yang diinformasikan di atas, ada baiknya memulai usaha tanpa modal untuk memastikan tidak terjadi kerugian yang membuat Anda membuang uang secara percuma. Oleh sebab itu jeli-jelilah melihat pasar dan prospek jenis bisnis online modal kecil reseller dan dropship yang ada. Sekaligus sebaiknya perhitungan seberapa besar modal yang mampu dikeluarkan dalam bisnis yang akan dimulai.

Sebagai informasi, saat ini ada banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga tanpa modal. Misalnya menjadi seorang dropshipper dari toko online atau e-commerce tertentu. Cukup mendaftarkan diri sebagai agen dan perhatikan komisi yang akan didapatkan dari tiap penjualan. Apabila ditekuni dengan baik, maka tentu bila dijumlahkan keuntungan yang didapatkan bisa cukup maksimal. Anda hanya perlu memasarkan produk kepada calon konsumen dan sedikit usaha untuk mengelola media sosial yang diperlukan. Menariknya lagi, trik memulai bisnis ini bisa dilakukan kapan saja ada waktu yang senggang, sehingga pekerjaan rumah tangga masih tetap bisa dilakukan secara optimal.

Apabila memutuskan untuk memulai usaha rumah tangga yang membutuhkan modal, maka sebaiknya pastikan bahwa modal yang digunakan tidak berasal dari dana kebutuhan sehari-hari. Sebaiknya gunakan tabungan atau simpanan yang tidak terpakai. Hitung juga kemampuan yang Anda miliki untuk menyisihkan sebagian dana menjadi modal usaha. Karena yang patut diperhatikan, di awal bisnis bisa jadi tidak berjalan sesuai harapan, sehingga modal yang dipakai tidak bisa cepat dikembalikan. Oleh karena itu lakukan perhitungan semaksimal mungkin, sehingga nantinya penyediaan modal ini tidak menyulitkan Anda untuk memulai bisnis yang telah direncanakan. Saat ini juga banyak usaha kecil-kecilan ibu rumah tangga yang bisa dilakukan dengan modal minim. Cukup beberapa ratus ribu rupiah saja maka bisa menjadi agen produk tertentu. Atau bermodalkan keterampilan dan sedikit bahan kue, maka Anda bisa memulai bisnis makanan online yang diinginkan.

Tips Menetapkan Pasar

Menentukan bisnis yang akan dilakukan sudah, menentukan modal sudah, lantas apa lagi ya yang harus dilakukan? Nah, tips dan trik memulai bisnis bagi ibu rumah tangga berikutnya yaitu menetapkan siapa yang akan jadi sasaran konsumen dan target pasar Anda. Bisa jadi ini adalah poin yang sering kali sulit untuk diterapkan oleh para ibu rumah tangga dalam berbisnis. Tapi jangan khawatir, tidak perlu berpikir jauh, sebenarnya calon konsumen Anda tidak berada jauh. Mulai saja dari orang yang terdekat, seperti misalnya dari teman-teman di grup WA, atau bisa juga menawarkan pada tetangga sekitar. Hal sederhana semacam ini merupakan potensi pasar yang tidak boleh dilewatkan. Oleh sebab itu sebaiknya mulailah membuat daftar potensi pasar yang akan Anda optimalkan.

Jika masih bingung bagaimana memulai untuk menetapkan pasar ini maka sebaiknya lakukan beberapa hal sederhana berikut. Buatlah catatan kecil siapa saja calon konsumen yang sekiranya tertarik pada produk yang Anda tawarkan. Misalnya jika memutuskan untuk menjalankan usaha makanan rumahan online. Buatlah daftar orang-orang yang akan Anda tawarkan. Baik itu teman, saudara, tetangga, rincilah nama mereka satu persatu. Sejam kemudian dijamin Anda sudah mendapatkan target pasar Anda. Mudah bukan? Jika memiliki waktu luang, maka mulailah juga untuk membuat beberapa media sosial sebagai salah satu cara mencari pasar yang sesuai. Dijamin, Anda akan mendapatkan pasar yang lebih luas dan jauh lebih optimal dengan cara tersebut. Lebih lengkapnya tentang hal ini, yuk simak dulu informasi berikutnya.

Melakukan Promosi

Dalam sebuah bisnis, maka promosi dan pemasangan iklan bisajadi merupakan hal yang cukup penting dan esensial. Oleh sebab itu jika memutuskan untuk melakukan usaha yang bisa dilakukan di rumah, maka sebaiknya pikirkan juga bagaimana strategi promosi dan pemasaran yang akan dilakukan. Apalagi jika waktu cukup terbatas dan ruang gerak juga minimal. Seorang ibu rumah tangga yang sudah dipenuhi kesibukan sehari-hari tentu tidak banyak waktu untuk bepergian dan merencanakan strategi promosinya di luar rumah. Intinya, semua harus bisa diselesaikan di dalam rumah itu sendiri. Jadi mencari tahu cara melakukan promosi yang paling optimal merupakan tantangan bagi pebisnis rumahan semacam ibu rumah tangga.

Sebagai informasi, saat ini tercatat salah satu media paling efektif untuk mempromosikan bisnis yaitu melalui berbagai macam sosial media. Jadi, jika ingin memastikan lebih banyak target konsumen yang ingin dicapai, mulailah membangun sosial media Anda yang lebih baik dan sebisa mungkin profesional. Misalnya jika memiliki usaha modal sedikit seperti toko kue rumahan, maka sebaiknya pasang profil menarik yang menggugah selera calon konsumen Anda di media sosial. Bisa juga memasangnya di status supaya banyak yang tertarik dan bertanya lebih lanjut. Terbukti hingga saat ini media sosial merupakan perantara promosi bisnis yang paling handal dan paling cepat. Oleh sebab itu mengembangkan media sosial yang Anda miliki bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Apalagi kebanyakan media sosial bisa digunakan secara gratis, sehingga tidak perlu susah-susah mengeluarkan biaya tambahan untuk media promosi tersebut.

Bila nantinya Anda sudah membangun bisnis online ideal rumahan yang lebih profesional, maka mempertimbangkan iklan berbayar secara online bisa menjadi salah satu alternative trik memulai bisnis online Anda. Namun selama ada yang tidak perlu berbayar dan hasilnya cukup maksimal, tentu saja mengeluarkan uang untuk media promosi merupakan alternatif terakhir yang dapat Anda lakukan.

ilustrasi bisnis ibu rumah tangga

Tips Memperluas Jaringan

Tips dan trik memulai bisnis bagi ibu rumah tangga yang selanjutnya yaitu mencoba untuk memperluas jaringan. Jangan hanya berpaku sebagai pelaku bisnis dan tidak melakukan perkembangan bisnis sama sekali. Jika bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan mengapa tidak? Karena itu berpikirlah yang jauh ke depan dan cobalah memperluas jaringan bisnis Anda. Misalnya jika memiliki toko online yang sudah cukup besar, cobalah untuk merekrut agen reseller atau dropshipper produk yang Anda tawarkan. Cara ini umumnya membantu memperoleh lebih banyak konsumen sehingga membantu untuk meningkatkan omzet secara signifikan.

Kunci utama perluasan jaringan ini umumnya ada pada jumlah koneksi dan juga keberanian. Dalam hal ini berani untuk mendapatkan sedikit keuntungan namun dengan kuantitas yang berlipat. Akan lebih baik jika usaha yang dikerjakan minimal tetapi mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh sebab itu biarkan agen Anda bekerja mencari lebih banyak konsumen dan dapatkan keuntungan dari hal tersebut. Anda bisa lebih fokus pada kualitas produk serta memastikan hal-hal kecil lainnya seperti pengemasan atau pengiriman barang.

Sebaiknya jangan lupa juga, jika bisnis yang Anda jalankan semakin besar, maka ada baiknya mencari seorang asisten yang handal. Sehingga keuangan bisnis bisa Anda kelola lebih baik. Dengan demikian, bisnis yang awalnya hanya suka-suka dan sekedar hobi saja, nantinya bisa menjadi sumber pemasukan yang tidak kalah besarnya dengan pekerja kantoran. Cukup menarik bukan?

Melihat informasi di atas, rupanya tidak sesulit yang dibayangkan jika ingin memulai bisnis dari rumah. Dengan melakukan tips dan trik memulai bisnis bagi ibu rumah tangga di atas, tentu bisa saja seorang ibu cukup sukses dan berhasil dalam menjalankan usaha yang bisa dilakukan di rumah. Oleh sebab itu sebaiknya jangan menyerah, khususnya jika profesi Anda saat ini hanya seorang ibu rumah tangga biasa. Dengan tekat dan keyakinan yang kuat, tentu bukan masalah besar untuk memulai menjalankan sebuah bisnis. Jadi, temukan bisnis yang cocok untuk diri Anda dan mulailah mencobanya sekarang juga. Semoga berhasil!