Untung Puluhan Juta, Peluang Usaha Ikan Patin Sangat Menjanjiikan

by -10 views
ikan patin - peluang usaha
ikan patin - peluang usaha

Salah satu bisnis yang menguntungkan adalah yang terkait dengan kebutuhan manusia. Ikan adalah kebutuhan pangan manusia yang selalu dicari setiap harinya. Karena itu membuka peluang usaha di bidang perikanan sangat menjanjikan keuntungan besar dan tidak terlalu sulit untuk dikerjakan.

Bisnis ikan yang cukup ngetren adalah budidaya ikan patin. Banyak orang mencari ikan patin di pasar karena memiliki cita rasa tersendiri serta cukup terjangkau harganya. Berikut ini kita akan membahas cara budidaya ikan patin.

Informasi Peluang Usaha Ikan Patin

ikan patin - peluang usaha
ikan patin – peluang usaha

Ikan patin memiliki waktu yang lebih cepat pemeliharaannya dibanding membudidayakan ikan lain. Oleh sebab itu peternak ikan memilih budidaya patin untuk meraup keuntungan besar. Lalu bagaimana cara membudidayakan ikan patin dan berapa besar prospek penjualannya? Simak informasi berikut:

1. Cara Reproduksi Ikan Patin

  • Ikan patin dapat bereproduksi melalui teknik buatan, sehingga pembudidayaan dapat dikontrol.
  • Tahap pertama adalah harus mengetahui kondisi ikan patin, subur atau tidak.
  • Untuk mengetahui keadaan ikan patin betina dapat dilihat pada perutnya yang besar, lembut dan empuk. Bagian anusnya berwarna merah serta jika anda tekan akan mengeluarkan telur putih.
  • Adapun cara untuk mengetahui keadaan ikan patin jantan yang siap kawin bisa dengan menimbang berat badannya. Pejantan yang bagus memiliki berat 1,5 – 2 kg. Anda juga dapat melihat kelaminnya yang berwarna merah tua dan bengkak serta jika dipijat akan mengeluarkan sperma.
  • Langkah selanjutnya untuk reproduksi buatan adalah dengan mengeluarkan sperma ikan dan telur. Caranya adalah dengan menekan perut ikan patin tersebut.
  • Sperma dan telur ikan patin akan keluar kemudian dicampur secara merata.
  • Setelah dicampur, sperma dan telur ikan patin dimasukkan ke dalam akuarium serta dijaga kestabilan suhunya berkisar antara 27,5 28 derajat Celcius.
  • Telur akan menetas dalam waktu kurang lebih 15 hari kemudian.

2. Prospek Penjualan Ikan Patin

Prospek penjualan ikan patin sangatlah luas dan bisa menjangkau semua kalangan masyarakat. Orang banyak menyukai ikan patin karena dagingnya yang memiliki cita rasa khas serta lembut. Ikan patin bisa diolah menjadi berbagai macam kuliner, baik itu di gulai, sambal dan lain sebagainya.

Anda bisa menjual ikan patin langsung dari tempat budidaya ataupun mencari agen untuk memasarkan ikan patin ke berbagai pasar.

3. Kelebihan Peluang Usaha Budidaya Ikan Patin

Jika dibandingkan ikan lele, budidayakan ikan patin lebih mudah. Ikan patin memiliki kemampuan produksi sangat baik, begitupun dengan perindukan yang subur bisa menghasilkan 200.000 telur setiap setengah tahun sekali.

4. Kekurangan budidaya ikan patin

Munculnya bakteri serta jamur yang menurunkan kualitas ikan patin menjadi kendala tersendiri dalam berbisnis ikan patin tersebut. Namun cara ini dapat dihindari dengan cara mengurangi terlalu banyaknya pakan serta selalu menjaga sanitasi air.

Telur patin juga sangat terpengaruh oleh suhu yang sangat dingin. Anda bisa menggunakan heater untuk menjaga suhu ataupun menyimpan ikan patin di akuarium inkubasi. Dengan cara itu Anda dapat menghindarkan ikan patin dari suhu yang ekstrim.

Penutup

Demikianlah pembahasan tentang peluang usaha budidaya ikan patin. Jika Anda berminat untuk membuka peluang usaha ini, silakan pelajari lebih dalam teknik pembudidayaan, cara merawat hingga pemasarannya. Anda juga bisa memilih penjualan ikan patin dalam bentuk benih.

Menjual ikan patin dalam bentuk benih dapat meminimalisir kegagalan atau resiko gagal panen. Benih ikan patin tetap laku di pasaran karena banyak dicari orang untuk pembudidayaan. Terima kasih telah membaca artikel ini, pada jika pembahasan tentang Peluang Usaha Jualan Es Krim Modal Kecil Untung Jutaan(Opens in a new browser tab)